Hati-hati jika Mengemudi Terlalu Kenyang

www.mobilku.org - Mengendarai mobil pada dasarnya membutuhkan istirahat dan asupan gizi yang cukup terutama vitamin dan air untuk menjaga tubuh tetap segar, nah makan yang cukup (artinya tidak sampai merasa) juga sangat membantu konsentrasi mengemudi akan tetapi jangan salah jika kita makan sampai kenyang ternyata dapat menurunkan konsentrasi mengemudi.
Makan yang paling tepat adalah berhentilah sebelum kenyang atau isi perut dengan 1/3 makanan 1/3 air (minuman) dan 1/3nya lagi untuk kita bernafas (udara): ini adalah yang terbaik karena sesuai dengan makan dan minum Rasul dan ternyata prinsip ini efektif dipakai saat kita berkendara agar tidak mudah kehilangan konsentrasi dan akan lebih baik lagi dengan asupan tambahan vitamin.
Kekenyangan Menyebabkan Mengantuk
Pada dasarnya setelah kita makan maka sirkulasi darah akan lebih banyak ke daerah perut untuk aktifitas pencernaan sedangkan aliran darah yang menuju ke bagian atas (kepala/ otak) akan menjadi lebih sedikit, darah membawa oksigen dan nutrisi yang berfungsi untuk menyegarkan fungsi organ seperti otak/ indra mata misalnya semakin sedikit sehingga fungsinya juga menurun. Hal ini sebenarnya juga kita rasakan sehari-hari, mengapa setelah kita makan kita merasa ngantuk (kantuk)??? ya hal ini akubat asupan darah yang menuju otak berkurang dan diarahkan ke perut untuk mencerna makanan.
Intinya setelah kita makan kita akan merasa mengantuk apa lagi kita makan terlalu kenyang maka semakin besar darah yang dialirkan ke bagian organ perut untuk mencerna makanan akibatnya rasa mengantuk semakin besar, sedangkan rasa mengantuk sama saja kehilangan konsentrasi mengemudi dan hilangnya kesadaran.
Kalau kita mengantuk saat Mengemudi
Jika kita mengetahui bahwa mengantuk adalah salah satu penyebab kecelakaan yang paling besar meskipun penyebab mengantuk dari pengemudi lebih disebabkan oleh kurangnya istirahat sebelum mengemudi, kurang tidur dan terlalu lelah dalam perjalanan. Sedangkan jika mengantuk melanda kita dalam perjalanan maka lakukan hal ini:
1. segera mencari tempat yang bebas untuk berhenti
2. lakukan peregangan otot-otot kepala, punggung, tangan dan kaki
3. minum air putih secukupnya (1 gelas)
4. tidur singkat barang 15 menit sampai 30 menit
Tips Melakukan Perjalanan Jauh
Jika kita akan melakukan perjalanan jauh maka ada 2 persiapan yang harus kita lakukan sebagai driver, (ambil kasus mudik) antara lain:
1. Persiapan Fisik; tidak melakukan aktifikas yang berat sehari sebelumnya, tidur 8 jam sehari sebelum berangkat, cek kadar gula/ tekanan jantung sebelum sehari/ dua hari mengemudi (cek kesehatan), tidak makan kekenyangan sebelum berangkat, tidak makan obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum berangkat, lengkapi kotak P3K dengan obat-obatan yang dirasa perlu apa lagi jika memiliki riwayat penyakit tertentu. selengkapnya tentang persiapan fisik pengemudi bisa dibaca pada artikel berikut
2. Persiapan kendaraan; mulai cairan mobil (air aki, radiator, oli dll). Sistem kelistrikan mobil seperti aki, koil, busi, dll. Sistem komunikasi dan nafigasi seperti GPS maupun HP. persiapan fisik mobil bisa dibaca pada artikel tips mudik aman yang sudah kami tulis berikut
Menemui jalan Macet
Ini merupakan momok bagi pecinta otomotif yakni menemui jalan yang macet dan panas terik, jika saat perjalanan kita dalam kondisi ini paling tidak ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari meningkatnya angka kriminalitas, konsumsi BBM semakin boros (tidak sesuai dengan perkiraan), stress yang melanda, kondisi tubuh menurun (kelelahan), haus dan lapar melanda. Kondisi macet panjang yang bisa menolong antara lain:
1. Sistem AC dimana dalam cuaca terik AC bisa secara signifikan mengurangi panasnya kabin mobil, periksa AC sebelum berangkat
2. Sistem entertaiment seperti audio (music) dan video (layar LED) yang bisa untuk memutar film misalnya box office akan sangat menghibur penumpang yang stress
3. Makanan (snack) dan minuman (air putih) menjadi sangat penting dalam kondisi ini, persiapkan sebelum berangkat. Jika tidak membawa air atau snack maka berhentilah sejenak hanya untuk membeli air di warung/ toko di pinggir jalan agar tidak kehausan nanti di jalan.
Jika memang sudah tidak kuat dengan macet ada baiknya pecinta otomotif meminggirkan mobil dan menuju warung makan untuk melepas lelah dan istirahat :-)

sumber: www.mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini