Cara Pakai GPS Mobil dengan HP

Pemakaian GPS mobil menjadi hal yang sangat urgen karena kepraktisannya dan kemudahannya terutama di wilayah yang tidak kita kenal (hal ini GPS Nafigasi/ penunjuk jalan), GPS nafigasi bisa menemukan posisi kita, bisa menampilkan peta dengan sangat detail (sampai jalan setapak) dan juga bisa membuat/ menentukan rute terdekat dari jalan yang tersedia. kali ini kita akan coba mengulas cara pakai GPS memakai HP (memanfaatkan fasilitas HP yang kita punya)
Pengalaman Tersesat
pengalaman admin pernah berputar-putar di suatu jalan pedesaan akhirnya setelah jauh berjalan ketemu jalan buntu.
Ditengah kebingungan merasa harus kembali lewat jalan yang rusak berbatu sekian jauhnya membayangkan terasa capek apa lagi kondisi hujan, sambil berteduh saya membongkar isi tas ehhh ada HP disana :-) wah saya lupa HP kan ada GPSnya mungkin saja saya menemukan jalan yang lebih mudah...
HP saya nyalakan (kebetulan saya memakai Nokia XL yang sudah terinstal Google Maps dan Nokia Here), Aplikasi GPS saya hidupkan maka dalam beberapa detik HP saya mendeteksi lokasi saya saat ini (saat itu) dengan sinyal satelit dan tak butuh waktu lama posisi saya ditampilkan pada peta di HP saya (kebetulan yang saya buka Nokia Here jadi posisi ditampilkan oleh peta Nokia Maps). Nah pada peta tersebut selain menampilkan posisi juga menampilkan gambar jalan di sekitar saya saat itu, dan ternyata jalan keluar sangat mudah yakni bidelakang saya sebenarnya ada aspal yang menuju jalan keluar akan tetapi saya tidak tahu kalau jalan kecil tersebut tembus jalan raya,,,
nah langsung saja GPS saya tutup HP saya masukkan tas kembali lalu mengikuti jalan yang ditunjukkan HP tadi, tembus jalan raya dah... sebenarnya tidak menutup HP juga lebih bagus karena kita akan dipandu oleh aplikasi HP akan tetapi untuk menghemat baterai saya terpaksa saya matikan HPnya.
Menentukan Rute
GPS pada HP bisa juga dipakai untuk menentukan rute jika kita tidak tahu jalan yang akan dilalui, misalnya kita tidak tahu jalan dari tangerang ke semarang... maka tinggal buka GPS (HP) lalu nyalakan aplikasi GPS (bisa memakai google maps/ nokia here/ aplikasi yang lain yang ada pada HP).
Setelah dinyalakan kita setting tujuan (finish) kita adalah Semarang dan start (keberangkatan kita) adalah posisi saat ini (saat kita menyalakan GPS sekarang yang sudah didetect satelit). Setelah ketemu titik start (keberangkatan) dan titik finish (tujuan) tinggal satu langkah yakni tekan tulisan buat rute; maka HP/ GPS kita akan loading menghitung jalan mana yang paling dekat jarak tempuhnya untuk dijadikan rute, setelah selesai loading maka akan ditampilkan rute yang akan kita lalui (dari Tangerang sampai Semarang).
Mengikuti Rute
Nah setelah rute terbentuk (jalan berwarna biru yang harus kita ikuti) maka tugas kita adalah berjalan/ mengemudikan mobil sesuai rute tersebut, akan tetapi sebelum berjalan ada satu tulisan pada layar HP yang harus disentuh yakni tulisan "mulai". Tekan mulai maka komputer (HP) akan mulai mendetect lokasi kita secara real time (terus menerus) sehingga ketika kita nanti berjalan dan keluar dari rute (jalan yang berwarna biru) maka HP akan berbunyi "salah arah putar kembali".
Satu hal yang penting hendaknya HP atau GPS kita ditempatkan pada tempat yang mudah terlihat dan kuat (tidak mudah jatuh) sebelum kita berangkat, karena bila dipegang maka kita akan kesulitan mengemudikan mobil. Gunakan bracket HP (tempat HP) bentuknya seperti tongis tapi bisa dibengkokkan dan taruh disebelah kiri depan agar mudah terlihat.
Hal yang juga penting saat HP kita bekerja maka daya baterai akan cepat habis (seperti saat kita menelpon/ berinternet), maka tancapkan charge HP pada mobil. Hp jaman sekarang sudah dilengkapi kabel USB yang jika disambungkan ke colokan USB maka dia akan berfungsi sebagai charger. Jika tidak memungkinkan sambil mengisi maka persiapkan baterei dengan listrik yang penuh sebelum berangkat
Cara Memakai GPS
Nah ini merupakan rangkuman dari tulisan di atas dan disarikan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti (tidak terlalu banyak kata) dengan urutannya:
1. Tempatkan HP pada bracket HP (tempat HP) dan tempelkan pada kaca atau dashboard mobil sehingga mudah mensetting dan tidak mengganggu nantinya
2. Nyalakan HP lalu Aktifkan aplikasi GPS (bisa memakai Nokia Here atau Google Maps)
3. Setelah keluar peta, sentuh bulatan berwarna biru yang ada di pojok sebelah kiri bawah peta (untuk memerintahkan deteksi posisi lewat satelit)
4. Setelah ketemu posisi kita di peta, lalu sentuh icon (gambar) berbentuk tanda panah/ penunjuk jalan untuk persiapan membuat rute
5. Setelah icon tanda panah terbuka maka ada 2 tulisan, pertama adalah "mulai" atau "lokasiku" (ini merupakan standart "start" sebuah GPS), sedangkan tulisan kedua adalah "selesai" atau "pilih tujuan", klik/ sentuh pada pilih tujuan/ selesai (klik tulisan kedua, karena tulisan pertama sudah pasti posisi sekarang). Pada tulisan ke dua isi dengan kota tujuan/ jalan dan kota tujuan (misalnya: Jalan Ahmad Yani Semarang) maka aplikasi GPS akan mencari lokasi jalan ahmad yani tersebut dan kemudian menunjukkan pada kita hasil pencariannya apakah yang dimaksud adalah jalan ahmad yani tersebut.
nanti akan ada pilihan jalan Ahmad yani, maka pecinta otomotif tinggal memilih dengan cara menyentuh jalan ahmad yani yang dimaksud. Jika hasil pencarian melenceng jauh dari yang dimaksud driver maka coba cari ulang dengan kata yang berbeda misalanya "Jl. Ahmad Yani, Semarang" sampai ketemu yang dimaksud lalu jika sudah sesuai maka sentuh ya.
Setelah menentukan lokasi tujuan kemudian tentukan start, klik pada tulisan pertama (lokasiku atau mulai) maka akan tampil tulisan Lokasi anda/ lokasiku. klik saja/ sentuh saja tulisan tersebut maka secara otomatis kita sudah menemukan titik start kita (yakni lokasi kita sekarang)
6. Setelah ketemu start dan finish maka tinggal satu sentuhan untuk membuat rute yakni sentuh tulisan; "dapatkan rute" atau "buat rute", maka akan terbentuk rute dengan jalan berwarna biru
gambar ulustrasi, ini memakai komputer bukan HP, tapi kira2 seperti ini bentuk rutenya
7. Setelah terbentuk rute klik tulisan mulai pada layar Hp sambil pecinta otomtif mulai berjalan pelan/ menjalankan mobil dengan pelan agar pecinta otomotif menyesuaikan dengan sistem GPS yang sudah berjalan.
Jika sudah berjalan maka tampilan GPS akan berubah menjadi 3 dimensi dan ada suara perempuan/ lalu-laku sebagai penunjuk arah, dia akan berbunyi seperti "100 meter lagi belok kiri" jika salah arah maka dia akan bilang "salah arah, coba balik arah".
GPS HP yang berbeda
Meskipun sedikit berbeda antar aplikasi misalnya antara; Nokia Here, Google Maps, Garmin, dan aplikasi GPS lain akan tetapi prinsipnya hampir sama (seperti yang telah kami tulis di atas), dan kami yakin jika pecinta otomotif akan langsung bisa mengoperasikan GPS meskipun berbeda aplikasi : karena kesamaan prinsip pemakaian.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini