Apa perbedaan Brio dan Brio Satya? Berikut Ulasannya

Honda Brio merupakan City Car yang terbilang sangat berkualitas di kelasnya City Car 150 juta sampai 175 jutaan, berkelas karena fitur-fitur yang dibenamkan tergolong canggih (istimewa) dan biasanya fiturnya ada pada mobil hatchback 200 jutaan seperti teknologi rem, sistem safety mobil, tenaga, dan lain-lain (nanti akan kita bahas sekalian apa fitur Brio ini).
Akan tetapi seiring dengan program mobil murah ramah lingkungan atau LCGC, honda indonesia mengeluarkan mobil murah dengan basic Honda Brio yakni Brio Satya, mobil yang dibanderol dengan harga mulai 115 juta rupiah ini ternyata memiliki perbedaan yang banyak dengan Honda Brio non LCGC terutama pada fitur-fiturnya meskipun pada mesin sama persis. pecinta otomotif harus tahu dan jangan anggap fiturnya sama, lalu apa saja perbedaannya?
Perbedaan Honda Brio dan Brio Satya
Eksterior
Untuk bagian desain eksterior/ body bisa dibilang sama persis mulai bahan, dimensi (panjang, lebar, tinggi), ketebalan plat bodi, yang membedakan adalah:
- Velg: dimana untuk honda brio sudah memakai velg alumunium, sedangkan brio satya masih memakai velg dari besi. Velg ternyata tidak bisa dianggap sepele karena velg yang terbuat dari alumunium ternyata lebih ringan dan lebih stabil dari pada velg berbahan steel (besi). Untuk ban yang dipakai sama persis
velg besi brio satya
- Foglamp, hanya terdapat pada brio E A/T (varian tertinggi brio) sedangkan untuk satya semuanya tidak memiliki foglamp
- Bobot mobil Brio lebih berat sekitar 35 kg dari pada brio satya, dari sisi kemampuan maka yang lebih ringan akan semakin cepat berakselerasi, akan tetapi bisa jadi selisih kelebihan bobot tersebut adalah berat dari ornamen yang tidak ditanamkan pada varian yang lebih ringan (satya)
Interior
- Perbedaan adalah pada sistem audio dimana brio sudah memakai double din yang bisa dikoneksikan dengan smart phone (memakai bluetooth), sedangkan pada satya menggunakan single din tanpa konektifitas bluetooth.
- Perbedaan lain adalah pada sistem safety dimana Honda Brio sudah sudah memiliki teknologi Auto Door Lock by Speed, artinya pada kecepatan tertentu pintu akan mengunci otomatis, fitur ini tidak dimiliki Satya
- Sistem kemudi semuanya sudah memakai EPS
- Fitur Tilt Steering hanya terdapat pada Brio E A/T, sedangkan yang lain belum memiliki termasuk brio S A/T apa lagi Brio Satya :-), tilt steering ini bermanfaat ketika mengemudi jarak jauh untuk menghindari kelelahan pengemudi, karena ketinggian setir bisa diatur (direndahkan/ ditinggikan) untuk mencari posisi ternyaman
Mesin
Mesin sama persis, tidak ada perbedaan.
- Hanya sistem transmisi yang mungkin berbeda dimana Honda Brio memakai transmisi matic sedangkan pada Satya transmisinya masih memakai manual
Rem
Sistem rem ini sangat berbeda, ini harus diperhatikan ya...
Honda brio memakai sistem rem berteknologi ABS dan EBD dimana sistem rem ini anti selip, jadi meskipun pecinta otomotif menginjak pedal rem terlalu dalam secara spontan maka mobil gak bakal sampai kepeleset/ kehilangan cengkeraman ke aspal (jadi termasuk kategori aman digunakan). Berbeda dengan brio satya yang tidak dibekali teknologi rem ABS dan EBD ini
Sistem Keselamatan
Sebenarnya rem termasuk sistem keselamatan juga ya, tapi kita sendirikan karena termasuk signifikan perbedaanya.
Untuk sistem keselamatan perbedaannya ada pada SRS Airbags, dimana Honda Brio semuanya dibekali SRS Airbags sedangkan Brio Satya semuanya tak memiliki airbags.
Sedangkan sistem keselamatan yang ada pada semua varian Honda Brio dan Brio Satya adalah Struktur Rangka G-CONE + ACE dengan teknologi Side Impact Beam yakni sistem rangka yang bisa meminimalkan benturan dari satu titik atau bisa dikatakan meratakan benturan ke semua sisi mobil sehingga lebih aman saat terjadi tabrakan (body dapat meredam benturan)
Harga
Harga Honda Brio: Rp. 149.600.000 (Brio S A/T), Rp. 154.600.000 (Brio E A/T)
Harga Brio Satya: Rp. 114.900.000 (Satya A), Rp. 119.900.000 (Satya S) dan Rp. 125.900.000 (Satya E)
Nah dari beberapa perbedaan di atas dan harga yang dipatok tentunya pecinta otomotif bisa menimbang dan memilih dengan lebih baik, harga yang murah belum tentu cocok buat kita dan sebaliknya fitur yang macam-macam belum tentu kita pakai.
Brio Satya VS Toyota Agya
Pecinta otomotif mungkin akan mencoba menbandingkan Brio satya dengan Toyota Agya, berikut adalah Brio Satya VS Toyota Agya dilihat dari bagian dalam (interiornya)
Nah Toyota Agya dan Honda Brio satya bersaing dalam rentang harga yang hampir sama sekitar 115 jutaan, jika selisih mungkin hanya ratusan ribu rupiah saja. sebaga perbandingan singkat pecinta otomotif bisa melihat sekilas bagaimana perbandingan keduanya dari interiornya, kalau mesin menang brio satya karena tenaganya mencapai 88 ps sedangkan agya masih 65 ps

7 komentar:

  1. Mas, brio satya yg dibandingkan yg tipe apa ya? Brio satya E ada foglamp dan velg nya juga dr alloy lho. Ada airbags juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ndak ada, yang ada airbags trus velg alloy Honda brio (non LCGC)

      Hapus
  2. Info anda bner2 menyesatkan.....
    Brio satya da air bag, velg alloy(type e), audio bisa upgrade dobel din...gali dulu informasi bAru bikin artikkel....

    BalasHapus
  3. Itu artikelnya untuk brio satya tipe A kalau satya tipe E sdah banyak fiturnya jg.

    BalasHapus
  4. Apa beda brio E Satya dengan E yg bukan Satya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya perbedaan ada pada:
      * fitur rem dimana yang bukan satya remnya lebih canggih dengan fitur safety yang modern dan aman
      * velg yang dipakai
      * fitur entertaiment (audio)
      * fitur interior lain

      Hapus