Daihatsu Hijet 1000 sekarang Banyak Penggemarnya

Ya, tak salah kalau dikatakan mobil tua, Hijet 1000 adalah mobil yang dikeluarkan tahun 1984 sampai 1986 oleh Daihatsu yang mana keberadaannya menggantikan Hijet 55 (hijet 55 berkapasitas mesin 547 cc) dan Hijet 1000 pada tahun 1986 digantikan oleh keluarnya Daihatsu Zebra yang keluar dari tahun 1986 sampai 1994 yang kemudian dilanjutkan dengan Daihatsu Zebra Espass.
Jadi bisa dikatakan jika Hijet 1000 adalah cikal bakal Daihatsu Espass hehehe.... Hijet 1000 sendiri keluar dengan mesin berkapasitas 1000 cc, wah sudah modern seperti sekarang ya :-) iya
memang,,,memakai mesin 3 silinder mesin mobil antik ini dulunya mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 47 Bhp. Mobil yang bertransmisi manual 4 kecepatan ini memakai gardan/ sistem penggerak roda belakang dengan posisi mesin terletak dibawah jok/ kursi pengemudi (makanya kursi pengemudinya sering panas saat jalan).
Hijet 1000 sampai saat ini masih banyak bersliweran di jalan terutama kota-kota kecil dengan bentuk yang khas (kusam), akan tetapi di perkotaan sudah banyak penggemar Daihatsu Hijet 1000 dengan banyak club yang bermunculan.
Ya kini mobil ini banyak memiliki penggemar, karena mobil lawas di Indonesia tradisinya selalu memiliki penggemar... entah dulu sebagai mobil pertama atau mobil pertama yang dimiliki ayah atau pertama kali naik mobil, yang jelas mayoritas pecinta mobil ini memiliki kenangan khusus pada Hijet 1000 nya :-)
Secara teknis mobil ini masuk dalam kategori mobil Niaga/ mobil untuk mengangkut barang dagangan atau orang dengan tingkat kenyamanan yang dinomorduakan (yang penting adalah kapasitas muat). Pertama kali keluar Daihatsu Hijet 1000 hanya tersedia versi Pickup saja, mobil ini menjadi mobil pertama yang dirakit di Indonesia dimana saat itu semua mobil diimpor utuh dari luar negri akan tetapi beda dengan hijet 1000 ini. Seiring dengan banyaknya permintaan dan adanya permintaan Hijet 1000 Stasion maka dibuatlah Hijet 1000 minibus (station nama waktu itu) bekerjasama dengan karoseri lokal untuk memproduksi body dan interior di dalamnya seperti kursi, dan lain-lain. Maka lahirlah mobil minibus rakitan lokal pertama kali yang melibatkan banyak karoseri-karoseri lokal di indonesia.
Sedangkan untuk dimensi mobil ini (rata-rata) memiliki panjang 3195 mm, lebar 1395 mm, tinggi 1660 mm dan jarak sumbu roda 1820 mm, mobil yang sangat digemari waktu itu termasuk Alm Ayah saya yang sangat menggmari mobil ini :-)
Nah bagi pecinta mobil ini harus bangga ya sekarang banyak yang kembali mencari mobil ini, jangan malu untuk mencarinya dan merawatnya :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini