Daihatsu Copen; Mesin, Tenaga, Spesifikasi, Konsumsi BBM dan Harga

Daihatsu Copen masuk dalam kategori mobil Sport Convertible atau sering disebut Mini Roaster, mobil ini hadir dengan kemewahan yang luar biasa terutama pada desain eksterior yang mana atap mobil ini bisa dibuka tutup secara elektrik seperti mobil sport pada umumnya (Ferrari, Jaguar dan Mercedes kelas atas).
Eitsssss,,,,nanti dulu jangan samakan mobil ini dengan Ferrari/ jaguar/ lamborghini dan sejenisnya karena harga mini roadster Daihatsu Copen ini hanya 400 jutaan tentunya berbeda jauh (tidak bisa dibandingkan) dengan mobil supercar yang berharga di atas 3 milyar.

Misalnya mesin daihatsu copen ini hanya berkapasitas 660 cc dengan jumlah silinder 3 buah dan tenaga maksimum hanya 64 Hp setara dengan tenaga daihatsu Ayla..... hehehehe, akan tetapi bagaimanapun mobil berkapasitas penumpang 2 orang ini adalah alternatif bagi pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil mini roadster tapi dengan budget terbatas dimana Daihatsu Copen sendiri adalah mini roadster termurah di indonesia untuk saat ini.

Kapasitas Penumpang Daihatsu Copen

Mini Roadster adalah mobil dengan kapasitas penumpang 2 orang saja (1 baris di depan), mobil jenis mini roadster memiliki karakteristik canvas atau atap kabin bisa dibuka tutup secara elektrik sehingga terkesan seperti mobil sport/ supercar. Daihatsu Copen juga memiliki 2 tempat duduk saja sehingga mobil ini hanya bisa diisi oleh 2 orang saja

Electric Convertible Roof

Merupakan fitur yang dimiliki daihatsu copen dimana atap mobil bisa dilipat/ dibuka dalam waktu 20 detik saat mobil dalam keadaan berhenti dengan hanya 1 kali pencet tombol, tidak semua mioniroadster memiliki fitur ini. Fitur Electric Convertible Roof ini memungkinkan pengemudi/ penumpang bisa mengendarai mobil dengan 2 mode kabin yakni kabin terbuka dan kabin tertutup sehingga lebih fun dan variatif, fitur ini juga tergolong fitur premium yang ada pada sebuah mobil

Sistem Keselamatan pada Daihatsu Copen

Daihatsu Copen meskipun atapnya bisa dibuka akan tetapi tidak lantas mobil ini tidak aman dikendarai, pihak daihatsu sendiri menyatakan bahwa keamanan dan keselamatn penumpang menjadi prioritas dari daihatsu copen sebagai mobil modern. Dibekali dengan berbagai sistem keselamatan dalam berkendara meliputi sistem keselamatan pasif (keselamatan prefentif/ pencegahan) dan aktif (sistem keselamatan saat dan setelah terjadi kecelakaan/ benturan) telah dibenamkan pada mobil ini.
Mobil yang langsung di impor utuh dari jepang ini sangat bagus dalam hal body/ plat karena pada semua sisi body dibekali dengan struktur D-Frame untuk keselamatan, struktur d frame ini seperti logam berketahanan tinggi sebagai rangka body untuk menahan benturan saat terjadi tabrakan.

Mesin Daihatsu Copen

Mesin daihatsu copen memang bisa dibilang kecil/ kurang bertenaga jika dibandingkan dengan mobil kebanyakan, tercatat mobil ini hanya memiliki tenaga 64 Hp setara dengan daihatsu Ayla. Daihatsu Copen memakai mesin berkapasitas ruang bakar 660 cc dengan 3 silinder bisa dibilang paling kecil sebagai perbandingan daihatsu Ayla memiliki kapasitas mesin 1000 cc (akan tetapi tenaga yang dihasilkan sama besar).
Meskipun tenaga mobil ini kecil tetapi kualitas dari mesin adalah sangat baik jika dilihat dari polusi yang dihasilkan baik polusi suara/ polusi udara/ polusi getaran; mesin yang sangat halus dan hemat BBM.
Konsumsi BBM daihatsu Copen adalah 1:22 di jalan bebas hambatan bisa dibilang sangat irit layaknya mobil LCGC indonesia, sistem transmisi yang digunakan adalah matic/ CVT.

Harga Daihatsu Copen dan Rival

Daihatsu Copen dijual sekitar 400 jutaan, antara 415 juta rupiah sampai 430 juta rupiah. Jika dibandingkan dengan mobil sejenis (mini roadster) yang sudah beredar di Indonesia seperti daihatsu copen termasuk yang termurah.
Eits lihat dulu pesaingnya yakni Mini Cooper yang dijual seharga 480 jutaan dengan mesin yang jauh lebih gahar dari daihatsu copen dan tenaga juga 2 kali bahkan sampai 3 kali lebih besar dari daihatsu copen tapi harganya selisih sedikit dengan daihatsu copen. baca tentang mini cooper di dini
oh iya untuk daihatsu copen pembelian bisa dilakukan dengan cara inden dulu, dan barangnya baru bisa dikirim dari jepang (jadi tidak tersedia di dealer daihatsu)
rival daihatsu copen, mesin jauh lebih besar... harga selisih puluhan juta saja
Nah sekarang pecinta otomotif bisa memilih mana yang lebih baik, mini roadster Daihatsu Copen ataukan Mini Cooper??? lihat mesinnya dan harganya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini