Toyota New Rush TRD Sportivo (Facelift) Ulasan dan Spesifikasi

Toyota Rush mengeluarkan varian tertingginya di tahun 2015, berlabel facelift Toyota Rush mengubah desain interiornya yang dulu berkapasitas tempat duduk 5 sekarang memakai 7 kursi penumpang (penambahan 2 seat pada baris ke 3) yang mana sebelumnya bagian belakang hanya dipakai untuk bagasi saja.
Toyota Rush TRD Sportivo A/T atau disebut Toyota Rush Facelift atau disebut New Rush sekaligus sebagai varian tertinggi untuk Rush di tahun 2015 yang pada tahun sebelumnya varian tertinggi Rush adalah Toyota Rush S. Perbedaan dengan Rush S adalah pada varian facelift eksteriornya lebih sporty, interior lebih canggih dengan penambahan layar monitor LED, dan penambahan 2 kursi penumpang di baris ke 3.
Mobil yang masuk dalam kategori SUV low end (SUV kelas bawah) dengan harga 200 jutaan ini mencoba bersaing dengan rivalnya Honda HRV yang secara kelas berada di atasnya (baik dari segi fitur, mesin, kualitas dan harga). oke tidak ada salahnya kita ulas sedikit

Eksterior Toyota Rush TRD Sportivo (Facelift)

Desain eksterior diperbarui terutama pada bagian bumper agar terlihat lebih sporty serta mewah (enak dilihat), dengan bumper yang didesain seolah solid dengan grill menjadikan mobil ini tampak lebih garang namun sporty. Perubahan desain velg yang lebih dinamis juga membuat tampilan mobil lebih fresh meskipun masih memakai velg 16 inch, tulisan/ sticker TRD Sportivo pada bagian sisi (bodi samping) mobil juga menambah image mobil varian tertinggi dari toyota rush.
Bagian depan (lampu utama) new rush juga sudah mengadopsi lampu LED sehingga nyala lebih terang (namun tidak menyilaukan) terutama lampu LED ini janga sekali rusak karena tidak memakai bohlamp, bagian belakang juga nampak sporty dengan Roof Spoiler yang dilengkapi lampu high mount stop lamp dan bumper spoiler yang membuat tampilan mobil nampak berbeda/ mewah.
Toyota New Rush TRD S ini memiliki dimensi ukuran panjang 4420 mm, lebar 1745 mm, tinggi 1740 mm, jarak terendah dengan tanah 200 mm, jarak poros roda 2685 mm, berat kotor 1200 kg dan radius putar 4900 mm. Jika dilihat dari dimensinya maka New Rush TRD Sportivo ini lebih panjang dari HRV, lebih tinggi dari HRV akan tetapi lebar mobil lebih kecil dari Honda HRV, sementara ground clearance lebih tinggi dari HRV.

Interior New Rush TRD S

Jika HRV berkapasitas 5 orang penumpang maka New Rush ini bisa memuat hingga 7 orang penumpang, sayangnya menurut beberapa orang kursi tambahan pada baris ke 3 kurang nyaman ditempati atau bisa dibilang terlalu sempit (hal ini wajar karena dasarnya mobil ini hanya untuk 5 tempat duduk dan dicoba menjadi 7). Kalau memang dirasa kurang nyaman bisa dilipat untuk jadi bagasi atau dipakai untuk anak kecil tinggi badan 150 atau lebih pendek kami rasa cukup.
Pada bagian dashboard varian tertinggi rush ini juga sudah dilengkapi dengan layar LED touch screen yang bisa dikendalikan dari lingkar kemudi (stir). Fungsi layar LED ini adalah untuk memutar MP3/ radio dan sejenisnya (Audio), memutar DVD.
Pada bagian odometer menyajikan ukuran putaran mesin (RPM), kecepatan mobil, volume BBM, posisi gigi transmisi, lampu sein, minyak rem, kualitas aki, deteksi pintu yang terbuka yang ditampilkan dalam bentuk analog dan digital (kombinasi).

Mesin Toyota Rush TRD Sportivo (New Rush)

Mobil yang masuk kategori low end di jenis SUV ini ternyata masih memakai mesin yang lama yakni mesin bensin 4 silinder 16 katup berkapasitas silinder 1495 cc (dibulatkan 1500 cc) dengan tenaga maksimum yang dihasilkan mobil adalah 109 Ps pada putaran mesin 6000 Rpm, cukup jauh dengan HRV yang memiliki tenaga sampai 120 Ps. Torsi yang dihasilkan mesin ini adalah 14,4 Kgm pada putaran mesin 4400 Rpm.
Dilihat dari mesin mobil ini sebenarnya tidak berbeda dengan mobil MPV seperti avanza dan xenia yang tenaganya juga dibawah 110 Ps bisa dianggap sama.
Sistem rem di bagian depan memakai piringan (cakram) sedangkan di belakang memakai drum, sementara fitur ABS bisa diminta saat beli mobil.

Performa New Rush

Untuk sistem kemudi mobil ini sudah dibekali dengan power steering elektronik (EPS) sehingga pembawaan mobil ini tidak terlalu berat meskipun melewati jalan berat dengan penumpang 7 orang.
Mengemudi mobil ini juga tidak terlalu khawatir saat kecelakaan karena sudah dilengkapi dual airbags pada kursi depan, sementara untuk sistem pengereman pembeli bisa menambahkan teknologi ABS saat membeli (aditional).

Harga New Rush

Harga Toyota New Rush On The Road DKI Jakarta bulan mei 2015 adalah Rp. 252.250.000 (dua ratus lima puluh dua juta rupiah)










Di atas adalah gambar-gambar New Rush TRD Sportivo

1 komentar:

  1. Perubahan eksteriornya bagus banget, sayang tdk pada interiornya, kesannya dari luar sporty tp ketika masuk kedalam seperti mpv low entry, sayang sekali..

    BalasHapus