Tips agar Tidak Mudah Lelah Saat Mengemudi Mobil

Menempuh perjalanan jauh menggunakan mobil berbeda dengan mengemudi di daerah perkotaan atau tempat-tempat yang biasa kita lalui, persiapan perlengkapan dan stamina yang cukup menjadi hal yang utama untuk mendukung keselamatan berkendara.
Berkendara berkam-jam kerap diserang oleh rasa kantuk, lelah dan stress yang semakin meningkat kala terjadi kemacetan dan cuaca yang ekstrim (seperti panas terik dan hujan lebat), kali ini mobilku berusaha memberikan tips sederhana agar pengemudi tidak mudah lelah (untuk tips rumit dan lengkap bisa dibaca pada artikel kemarin) :

Tentukan Rute Terlebih Dahulu

Menentukan rute yang baik akan secara signifikan mengurangi jarak tempuh perjalanan, waktu perjalanan dan gangguan dalam perjalanan (semakin pendek waktu tempuh maka semakin kita tidak lelah). Misalnya perjalanan dari Jakarta ke Surabaya bisa melewatu jalur lintas utara atau juga bisa melewati jalur tengah, pilihlah rute yang paling pendek dan waktu tempuh paling singkat tentunya dengan mempertimbangkan keselamatan.

Lakukan peregangan sebelum perjalanan

Hal ini agar otot-otot tidak terlalu kaku saat mengemudikan mobil, peregangan ini juga efektif menghilangkan stress dan lelah. Lakukan peregangan seperti peregangan tangan, jari, kaki, leher, punggung dan yang lain. sekitar 5 menit sebelum memulai perjalanan

Manfaatkan macet untuk melemaskan otot

Saat terjebak dalam macet jangan ikut stres dalam macet, pecinta otomotif bisa memanfaatkan untuk melemaskan otot-otot yang kaku akibat konsentrasi penuh saat mengendarai, manfaatkan macet yang terjadi untuk melemaskan bagian tangan-kaki-kepala-punggung.

Bawa Air Minum

Air minum/ air putih secara signifikan bisa menghilangkan rasa lelah, rasa ngantuk dan stress. Meminum air putih secara langsung juga bisa meningkatkan konsentrasi dan lebih nyaman saat mengemudi, selalu membawa persediaan air minum aqua botol tanggung untuk perjalanan jarak dekat akan sangat membantu kenyamanan berkendara sedangkan membawa air minum satu botol besar untuk perjalanan jauh sudah cukup menjaga tubuh untuk tidak kekurangan air
(jika dirasa kurang tinggal belok ke warung beli aqua atau ades atau cub) :-)
Meminum banyak air berdampak pada seringnya buang air besar, akan tetapi hal ini bukanlah masalah jika dibandingkan dengan rasa kantuk atau stress atau lelah akibat tubuh kekurangan air.
www.mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini