Suzuki Karimun Wagon R pakai Transmisi Otomatis Manual Sekaligus

Siapa sangka mobil kelas low end dari Suzuki Indonesia ini justru mendapatkan perlakuan yang istimewa sebagai mobil suzuki kedua yang menerapkan perpaduan antara transmisi otomatis dan manual, yang pertama menggunakan adalah Suzuki Celerio. Sistem transmisi baru ini bakal dijejalkan pada mobil andalan Suzuki di segmen LCGC yakni Wagon R  sekaligus sebagai yang pertama kali pada mobil LCGC.

Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R adalah mobil berjenis City Car dengan platform LCGC (rakitan lokal) yang berkapasitas
mesin 998 cc, memiliki konsumsi bahan bakar jalan bebas hambata 1:21 sedangkan untuk konsumsi BBM dalam kota adalah 1:15. Memiliki tenaga maksimum sampai 68 Hp dengan torsi 90 Nm.
Suzuki Wagon R ini tergolong mobil hemat dan bertenaga (tidak kalah dengan ayla dan agya performa mesinnya), sementara keunggulan paling menonjol menurut mobilku adalah pada desainnya yang tinggi baik ground clearance ataupun atap mobil.
Ketinggian Ground Clearance yang mencapai 17 cm membuat mobil ini layaknya MPV sehingga lebih leluasa saat melewati jalanan yang tidak rata (bergelombang, berbatu, berlubang, banyak polisi tidur, dll), jadi memilih mobil LCGC yang lebih bisa menaklukkan medan-medan extrim maka wagon R menjadi alternatif terbaik dibanding mobil-mobil LCGC lain seperti Ayla, Agya dan Brio Satya
Nah satu lagi ketinggian atap mobil yang terbilang paling tinggi di kalasnya (LCGC) membuat volume/ daya muat mobil menjadi besar, misalnya saat pecinta otomotif membutuhkan ruangan yang agak besar untuk membawa kasur busa atau barang besar lain (mini MPV). Suzuki Wagon R (spesifikasi)
Tingginya atap mobil juga menambah kenyamanan penumpang, hal ini disebabkan oleh semakin nyamannya penumpang ketika ruang di bagian kepala lebih luas (tidak merasa sesak) sehingga penumpang tidak stress di dalam mobil. nah untuk pembahasan mengenai mobil ini secara lengkap bisa dibaca pada kemampuan

Transmisi AGS di Mobil Wagon R

Sistem transmisi baru tersebut diberi nama Auto Gear Shift (AGS), sistem transmisi ini menggabungkan kelebihan sistem otomatis dan manual. Pada dasarnya transmisi AGS ini adalah transmisi matic/ otomatis yang memiliki keunggulan pada sisi kepraktisan, akan tetapi memiliki kelemahan pada akselerasi dan kurangnya sensasi/ kepuasan mengendarai mobil (khususnya penggila mobil manual). Jelinya pihak suzuki adalah menggabungkan keunggulan 2 sistem transmisi tersebut pada 1 sistem transmisi yakni AGS
Nah karena basicnya matic maka standart perpindahan gigi/ gear dilakukan oleh mesin (micro komputer), akan tetapi jika pecinta otomotif tidak puas menggunakan transmisi matic dan ingin memakai manual maka pecinta otomotif langsung bisa memindahkan giginya bisa dilakukan secara manual (persis mobil manual dengan menggeser tus kopling), hanya sedikit perbedaannya adalah tidak memiliki pedal kopling, artinya pengemudi tidak usah memikirkan menginjak pedal kopling dan cukup langsung menggeser tuas transmisi ke gear yang dikehendaki.

Harga Karimun Wagon R AGS

Berikut adalah tipe dan harga Wagon R AGS:
Karimun Wagon R GL AGS: Rp. 113 juta
Karimun Wagon R GX (AGS): Rp. 120 juta
Karimun Wagon R GS AGS: Rp. 121,5 juta
Karimun Dilago AGS: Rp. 122 juta

Kelebihan Transmisi AGS Wagon R

Kelebihan sistem transmisi gabungan (AGS ini adalah)
1. Lebih fleksibel bisa memilih 2 sistem transmisi
2. Lebih praktis dibanding mobil manual saja
3. Lebih bertenaga dan hemat bbm daripada mobil matic
4. ada sensasi mengendarai yang lebih dibandingkan mobil matic
5. Mudah dipelajari, lebih mudah belajar mobil memakai transmisi matic dulu
6. Berbeda dan unik daripada mobil lain, baca kelebihan dan kekurangan sistem transmisi mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini