Spesifikasi Mazda CX3, Mesin, Fitur, Desain, Kelebihan dan Kekurangan

Mazda CX-3 adalah mobil jenis mini SUV atau bisa dibilang Crossover (perpaduan SUV dan City Car) atau disebut juga CUV (compact utility vehicle), di Amerika mobil ini disebut small crossover. Mazda CX-3 memiliki kemampuan handal di jalan onroad baik perjalanan luar kota ataupun di dalam perkotaan yang macet.
Mobil ini diciptakan untuk bersaing dengan Honda HRV dan Nissan Juke baik dari segi desain, segmen pasar, kemampuan mesin, jenis mobil dan karakter mobil.

Kelebihan dan Kekurangan Mazda CX-3

Desain yang kecil (kompak/ mungil) membuat mobil ini memiliki kemampuan melewati jalanan perkotaan yang macet dan sempit, sedangkan kemampuan mesin yang handal-ground clearance cukup- dan spesifikasi ban yang cukup mencengkram membuat mobil ini juga mampu melewati medan onroad yang berat misalnya perjalanan jauh ke desa-desa atau luar kota yang butuh kekuatan dan daya tahan lebih.
Bisa dikatakan mobil ini berkarakter tangguh dan cocok digunakan untuk medan-medan di Indonesia yang karakter jalannya sangat bervariasi (perkotaan, desa, jalan halus, jalan aspal rusak, licin, tanjakan dan turunan, dll).
Perbedaan dengan mobil MPV adalah kemampuannya menerobos kemacetan dan jalanan yang ekstrim dengan cepat, sedangkan kelebihannya jika dibandingkan dengan SUV adalah lebih terlihat sporty segar (tidak bongsor seperti SUV kebanyakan) jadi enjoy aja meskipun di bawa ke daerah perkotaan (beda dengan SUV yang kurang nyaman di perkotaan). Kelemahan Mazda CX3 tentunya ada pada kapasitas penumpang yang hanya memiliki 5 tempat duduk (kursi penumpang)

Desain Eksterior Mazda CX3

Mazda CX3 memiliki desain yang kompak berkapasitas maksimum 5 penumpang dewasa, menggabungkan desain SUV dan City Car membuat mobil ini menjadi pilihan yang tepat jika menginginkan mobil perkotaan tapi handal juga di jalanan pedesaan/ luar kota.
Desain mirip dengan Mazda2 akan tetapi fiturnya lebih disesuaikan untuk menghadapi kondisi ekstrim misalnya pada lubang udara yang didesain tinggi sehingga lebih handal melibas jalanan berair/ banjir, bagian depan mobil ini berdesain garang dengan headlamp sipit dan lampu kabut sipit pula seolah-olah mengesankan mobil ini siap dipacu pada kecepatan tinggi.
Pada seluruh body bagian bawah dibalut dengan plastik pelindung untuk mencegah body mobil terkena gesekan dengan bebatuan yang mungkin terlempar saat mobil ini melibas jalanan berkerikil, pelindung ini selain bermanfaat melindungi mobil juga terlihat sangat menyatu dengan desain bodinya sehingga nampak lebih sporty.
Bagian belakang mobil juga berkesan cepat dengan lampu belakang LED yang didesain menyipit, spoiler di bagian belakang juga multifungsi selain untuk melindungi dari sinar matahari juga sebagai penyeimbang (aerodinamis mobil) saat kecepatan tinggi. Desain spoiler yang juga bagus menambah keindahan mobil ini jika dilihat dari belakang.
Lekuk-lekuk halus yang didesain melengkung pada bagian atap mobil dan sisi mobil yang minim sudut membuat mobil ini akan mengalirkan udara (dari depan ke belakang) dengan mudah saat melaju pada kecepatan tinggi (low fiction technology) sehingga selain mobil bisa melaju lebih cepat juga lebih stabil.

Interior Mazda CX-3

Bagian dalam kabin mazda CX3 ini terlihat futuristik dan elegan, teknologi modern dipadukan dengan desain interior yang unik membuat cukup menyita waktu kita saat melihat fitur-fitur yang dibenamkan pada interior mobil. Paling mencolok ada layar LED (bisa dilipat) di bagian tengah dashboard yang berfungsi sebagai monitor fitur yang aktif juga berfungsi sebagai alat komunikasi (telepon seluler), fitur-fitur yang ditempatkan di bagian pengemudi diseting sedemikian rupa (seergonomis mungkin) layaknya pesawat sehingga kerja mengemudi jadi tidak mudah lelah meskipun dengan banyak fitur misalkan denagn adanya layar display pada kaca depan yang menginformasikan kecepatan layaknya pesawat.
Pada bagian setir terlihat switch audio, switch telepon, dan dibelakang mesin terdapat 2 tuas transmisi yang berarti mobil ini memakai sistem transmisi padleshift (transmisi matic tapi bisa dirubah menjadi manual dengan sekali sentuh). Sistem transmisi padle shift ini awalnya digunakan pada mobil balap formula 1 agar transmisi maticnya lebih responsif dan saat dibutuhkan bisa merubah gigi secara manual.
Pada bagian kursi juga terlihat stylish dengan balutan busa tebal dan lapisan jok kulit dual tone membuat mobil ini semakin berkelas, pada kursi pengemudi posisi mengemudi bisa dimaju mundurkan hingga 26 cm sehingga bisa menyesuaikan mood mengemudi, sementara lingkar kemudi juga bisa dinaikturunkan.

Mesin Mazda CX3

Mazda CX-3 memiliki 2 varian mesin yakni mesin diesel dan mesin bensin, berikut spesifikasi untuk mesin bensin
Mesin Bensin
Kapasitas ruang bakar 2000 cc dengan 4 silinder dan Skyactive-G technology
Tenaga Maksimum : untuk penggerak 2 roda 118 Ps pada putaran mesin 6000 Rpm, sedangkan penggerak 4 roda memiliki tenaga maksimum 147 Ps pada putaran mesin 6000 Rpm.
Mesin bensin ini sangat halus karena teknologi ruang bakar yang didesain khusus, memakai injector multi hole dan port high tumble.
Mesin Diesel
Memakai mesin dengan start paling cepat, tenaga mesin diesel mazda cx3 adalah 103 Ps pada putaran mesin 4000 Rpm, diklaim sangat minim detonasi karena kompresi mesin rendah (14,8:1).

Harga Mazda CX3

Di Amerika Mazda CX3 dijual dengan harga 17.600 euro, jika di Indonesia setara dengan 255 juta rupiah
(kurs euro terhadap rupiah adalah 14.500). Mobil ini sedang dipertimbangkan masuk pasar tanah air pada akhir 2015 ini atau 2016 mendatang. Kita berharap di Indonesia ada mobil yang berkualitas dan murah.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini