Spesifikasi Civic Estilo dan Genio, serta Harga Pasaran

Honda Civic Genio adalah mobil jenis sedan yang keluar tahun 1992 - 1995, mobil ini adalah generasi ke 5 Honda Civic yang lengkap sebagai mobil sedan memiliki 4 pintu. Sedangkan Civic Estilo sebenarnya memiliki spesifikasi yang sama persis dengan genio tapi perbedaannya Estilo adalah versi hatchbacknya (tanpa bagasi di luar mobil) dan pintunya juga cuman dua (dua pintu), untuk interiornya sama, mesin juga sama.
Honda Civic Estilo dan Genio memakai mesin berkapasitas 1600cc 4 silinder 16 valve dengan teknologi SOHC. Mobil ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 120 Hp (cukup besar untuk mesin 1600 cc taun 90 an), sedangkan untuk saat ini saja setelah hampir 25 tahun mesin unggulan honda ada pada honda Jazz yang berkapasitas 1500 cc yang tenaga maksimumnya sama dengan Civic Estilo/ Genio ini. Untuk konsumsi BBM Civic Estilo dan Genio tidak terlalu boros untuk ukuran mobil lawas yakni berkisar 1:9 (dalam kota) dan 1:12 (untuk luar kota/ jalan bebas hambatatan).

Tentang Civic Estilo dan Genio

Honda Civic di Indonesia dipasarkan dan laku sebagai mobil yang memiliki kualitas sangat baik (premium) dengan pangsa pasar pengusaha kelas menengah atas (misal; genio, wonder 4 pintu, lx) atau untuk varian hatchbacknya (misal; estilo, nova, wonder 2 pintu) adalah kaum muda anak bos-bos. Nah sampai generasi ke 5 Honda masih mempertahankan image civic ini (bahkan sampai sekarang), jika dulu keluarnya sedan juga diiringi dengan keluarnya hatchbacknya sekarang sudah tidak lagi
Andai saat ini estilo ini dikenal dengan mobil jenis city car/ hatchback seperti honda jazz, brio, mazda2, dll. Kelebihan mobil jenis city car adalah lebih casual dan sporty dilihat seperti namanya Estilo (stylish) atau penuh gaya, sedangkan versi sedannya yakni Genio yang elegan jika dikendarai.
Kedua mobil ini sampai saat ini masih terlihat sangat keren, dengan lekuk-lekuk halus yang proporsional yang pastinya unik dan berbeda dengan mobil jaman sekarang seperti honda jazz dan mobil lain. Keunikan ini yang membuat mata yang melihat terfokus dan tidak berkedip (beda, stylish dan compact), pecinta otomotif penasaran mobil apa saja yang keluar tiap generasi Civic, berikut adalah Generasi Honda Civic:
Generasi I : Honda Civic "aja", pada generasi I ini produknya dinamai Honda Civic
Generasi II : Honda Civic Exelent
Generasi III : Honda Civic Wonder (ada yang 4 pintu dan 3 pintu), ada juga civic wonder hatchback yang hanya 2 pintu. Pada generasi 3 ini mulai keluarnya honda civic disertai dengan varian hatchbacknya.
Generasi IV : Honda Grand Civic atau Civic Lx, versi hatchbacknya adalah Civic Nova
Generasi V : Civic Genio, sedangkan versi hatchbacknya adalah Civic Estilo
Generasi VI : Honda Civic Ferio (sedan 4 pintu), kali ini tanpa versi hatchback
Generasi VII dan VIII : juga hanya tersedia versi sedan 4 pintu tanpa varian hatchback.

Spesifikasi Estilo dan Genio

www.mobilku.org menyajikan spesifikasi Honda Civic Genio pada gambar, sedangkan civic estilo tidak jauh berbeda dengan spec yang ada misalnya sistem rem, jarak putar mobil, sistem penggerak, transmisi, suspensi, mesin, dll. Berikut gambar spec mobil ini secara lengkap
Kami rasa cukup jelas ya tulisan dalam gambar di atas yang menyebutkan tentang mesin, transmisi, sistem kemudi, sistem rem, suspensi, dimensi, ban, kapasitas penumpang, dll.
Nah jangan lupa mobil ini terutama Civic Estilo adalah termasuk mobil paling diburu baik kolektor ataupun pecinta mobil pada umumnya, karena berbagai kelebihannya dan daya tariknya. Jadi jika pecinta otomotif menyukai mobil ini (hal ini wajar)

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan:
* Termasuk mobil paling diburu pecinta mobil 90an, paling disuka lah
* Keunggulan pada desain eksterior yang cantik sehingga banyak memikat mata, banyak disuka saat pertama kali melihat
* Mesin yang bertenaga dan lumayan irit untuk mobil tahun 90an, sampai saat ini mobil ini masih bisa dipacu diatas 150 Km/ jam asal mesinnya tidak bermasalah
* Sistem suspensi yang empuk, khas sedan
* Kabin relatif lega sehingga penumpang tidak berdesakan (mobil-mobil keluaran 90an memang rata-rata berkabin lega)
* Material body sangat baik (tebal dan bukandari logam yang mudah karatan)
* Sparepart yang masih banyak dipasaran mulai dari yang ori sampai KW
* Harga jual yang sangat stabil
Kelemahan:
* Material interior terbilang menjadi kelemahannya seperti busa yang kurang berkualitas, sistem audio standar juga belum mengenal MP3, mobil ini juga belum mengenal fitur-fitur baru seperti pendingin minum atau tempat botol minum
* Sistem suspensi yang terlalu empuk juga menjadi cepat rusak saat dikemudikan di jalan yang bergelombang/ jalan rusak dalam waktu yang relatif lama. Pemilik mobil harus mengawasi sistem suspensi dan pemakaian mobil
* Nah namanya mobil sudah berumur 25 tahun, jika pecinta otomotif membeli mobil ini tak ada salahnya jika melakukan cek total di bengkel resmi honda untuk memperbaiki kerusakan dan tindakan pencegahan kerusakan agar pecinta otomotif nyaman dalam memakai/ mengendarai mobil ini (tanpa kepikiran)

Harga Civic Estilo dan Civic Genio

Harga pasaran Honda Civic Estilo berada diatas Civic Genio (terpaut cukup besar), mungkin karena lebih banyak yang menyukai estilo versi hatchbacknya daripada versi sedannya dan estilo juga lebih banyak modifikasinya.
Jika melihat di OLX indonesia maka harga Estilo DKI jakarta berkisar di angka 100 jutaan bahkan bisa lebih sampai 150 jutaan, sedangkan Genio hanya berkisar di angka 50 jutaan, hal ini wajar karena estilo yang banyak dijual saat ini biasanya sudah modifikasi sedangkan genio masih belum banyak modifikasi.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini