Renault Captur Spesifikasi, Fitur dan Review

Renault Captur adalah mobil jenis SUV (crossover SUV dan City Car) terbaru keluaran Renault yang baru masuk pasar Indonesia pertengahan tahun 2015, mobil penumpang 5 kapasitas tempat duduk ini merupakan gebrakan awal Renault (pabrikan otomotif eropa) untuk melakukan penetrasi di pasar mobil penumpang.

Renault Captur ini seluruhnya diimpor langsung dari Perancis dalam keadaan utuh (tanpa asembling di indonesia atau negara lain) sehingga kualitas eropanya terjamin, sebagai catatan bahwa renault adalah produsen otomotif eropa yang dulunya berkonsentrasi pada mobil-mobil balap atau supercar yang pada beberapa tahun terakhir ini mengembangkan sayapnya ke mobil-mobil penumpang (seperti SUV dan MPV, intinya memproduksi mobil bukan hanya mobil balap).
Tentunya keunggulan dari renault ini adalah kemampuan membuat mesin yang bertenaga (akselerasi tinggi yang biasa digunakan untuk mobil balap), hal ini juga rupanya terlihat dari produk terbarunya yakni Renault Captur yang hanya menggunakan mesin 1.200 cc akan tetapi memiliki tenaga setara mesin 1500 cc buatan jepang (misal Honda Jazz).

Spesifikasi Renault Captur

Mesin Renault Captur ini cukup istimewa karena dengan kapasitas ruang bakar yang tidak terlalu besar 1200 cc akan tetapi tenaganya mencapai 120 Hp, hal ini setara dengan Honda Jazz 1500 cc yang juga bertenaga 120 Hp, mesin Captur ini juga lebih besar dari Avanza 1500 cc yang bertenaga hanya 109 Hp hehehe canggih bukan :-), eits satu lagi keunggulan mesin ini yakni konsumsi BBMnya yang irit yakni mencapai 1:18,5 untuk jalan bebas hambatan.
Tenaga maksimum: 120 Hp pada putaran mesin 4900 Rpm 
Torsi maksimum: 190 Nm pada putaran mesin 2000 Rpm
Akselerasi 0-100: 10,9 detik (sama dengan honda Jazz)
Sistem transmisi renault captur menggunakan transmisi matic 6 kecepatan.

Body Renault Captur

Body Renault captur ini seperti Nissan juke (casual, modis dan futuristik), meskipun tidak seunik nissan juke akan tetapi cukup membuat orang yang melihat Renault Captur ini terbayang dengan Nissan juke yang dipadukan dengan Honda Jazz RS (istimewa).

Kemungkinan jadi mobil LCGC

Nah melihat spesifikasi mesin yang diembannya yakni 1200 cc (tepatnya 1197 cc) memungkinkan mobil ini nantinya diproduksi di dalam negri dalam platform mobil LCGC dimana syarat menjadi mobil LCGC adalah mesin tidak lebih besar dari 1200 cc, sementara untuk konsumsi BBM 1:18,5 sudah sangat mendekati batas minimum konsumsi BBM mobil LCGC yakni 1:20 untuk rute bebas hambatan. Nah untuk meningkatkan efsiensi bahan bakar sebesar 1,5 km untuk 1 liter BBM kami rasa bukan perkara yang sulit bagi produsen otomotif, cukup dengan mengurangi bobot mobil dan mendesain ulang ban agar lebih ringan kami rasa konsumsi BBM Renault Captur mampu menyentuh angka 1:20
Bukan tidak mungkin nantinya Renault membuka pabrik di Indonesia jika pangsa pasarnya besar dan menjadikan Captur mobil LCGC (syaratnya sudah memenuhi)

Harga Renault Captur

Renault Captur yang diimpor utuh dari perancis ini tergolong murah yakni dijual dengan harga 388 juta rupiah on the road DKI Jakarta, kenapa kami bilang murah karena mobil ini dirakit di negara asalnya (Perancis/ Eropa) yang bisa dikatakan mobil berkualitas (material sampai pengendalian mutu) beda dengan mobil buatan asia.
Harga 388 juta rupiah ini setara dengan Toyota Fortuner dan dibawah harga Honda CRV, nah mengapa dibilang murah? karena kualitasnya bagus. Kalau harga 200 juta tapi mobil tidak berkualitas ya pasti dikatakan mahal :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini