Penyebab Mati Dalam Mobil

Penyebab orang tiba-tiba mati dalam mobil secara teori ada dua macam, yang pertama akibat keracunan gas buang mobil yang masuk ke dalam kabin mobil dan yang kedua akibat keracunan oleh nafas kita sendiri yang mengeluarkan CO2. Nah resiko orang dapat meninggal di dalam mobil akan meningkat secara signifikan ketika keadaan di dalam mobil :
1. Ventilasi tertutup rapat/ tidak ada celah untuk pergantian udara dari luar mobil
2. Aktifitas berlebihan di dalam mobil
3. Terlalu lama berada di dalam mobil (misalnya ketiduran sampai berjam-jam)
4. Mesin mobil menyalacukup lama.

Keracunan Gas Buang

Pada kasus pertama yakni meninggal disebabkan oleh keracunan gas buang yang masuk ke dalam mobil, pada dasarnya mobil sudah didesain agar gas buang tidak mudah masuk ke dalam kabin mobil dengan meletakkan lubang input AC berada di bagian depan mobil dan Knalpot di bagian belakang mobil.
Akan tetapi keracunan gas buang/ asap knalpot ini bisa terjadi jika:
* ada kebocoran sistem pembuangan asap di sekitar mesin sehingga sebagian asap masuk ke dalam kabin
* ruangan parkir yang tertutup sehingga asap mobil masuk melalui celah-celah body mobil
* Nah yang perlu diperhatikan adalah posisi parkir, jangan sampai memarkir mobil di belakang mobil lain yang mesinnya menyala, karena dengan cepat asap kendaraan lain tersebut akan masuk lewat ventilasi AC pada bagian depan mobil kita.

Keracunan Nafas Sendiri

Keracunan oleh hasil pernafasan kita sendiri memang jarang terjadi akan tetapi bisa terjadi jika berada dalam kondisi:
* mobil tertutup rapat
* menggunakan sistem AC recircle, yakni tidak mengambil udara dari luar akan tetapi memutar udara dalam kabin (hanya didinginkan di sistem pendingin AC)
* beraktifitas terlalu berlebih sehingga dengan cepat menghabhiskan oksigen dalam kabin
* tertidur/ tidak sadar di dalam kabin untuk waktu yang lama, nah semakin banyak orang di dalam mobil semakin cepat keracunan
Biasanya kasus kematian seperti ini memang terjadi akibat terlalu lama di dalam mobil dengan kondisi mesin hidup, kebanyakan kasus terjadi pada orang tua yang indranya mulai lemah sehingga tidak menyadari jika tubuhnya keracunan.
Kasus terbanyak selanjutnya adalah pada balita yang tertinggal di dalam mobil/ terkunci, hal ini sering terjadi ketika si ibu yang terlalu sibuk sampai lupa meninggalkan anaknya yang masih berada di dalam mobil (ditinggal belanja atau bekerja). Banyak pula balita meninggal akibat kepanasan di dalam mobil karena cuaca yang terlalu terik dan terkunci dalam mobil (hati-hati)
Nah ada baiknya jika kita berkendara selalu hati-hati dengan anak kecil caranya dengan menaruh barang penting di dekat anak tersebut misalnya HP atau Dompet sehingga setidaknya saat kita keluar mobil mengambil dompet di sebelah anak kita

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini