Ada Mobil MPV Murah dari China

Low End MPV dari China
Produsen otomotif asal China (Saic Motor dan Liuzhou) dan Amerika (General Motor) bakal bergabung untuk memasuki pasar otomotif tanah air tahun depan (2016), saat ini ke tiga produsen otomotif ini sedang menjajaki pasar yang paling mudah dimasuki. Kemungkinan kita akan masuk dari mobil jenis LCGC dan Low MPV yang permintaan pasarnya paling tinggi di Indonesia; ungkap sumber pada www.mobilku.org.
Sebagai catatan bahwa salah satu produsen otomotif yang akan bergabung tersebut pada 2 tahun terakhir memang mencoba masuk pasar tanah air dengan mengeluarkan Low MPV "Chevrolet Spin" yang gagal bersaing dengan produsen otomotif asal jepang sehingga Spin pun akhirnya dihentikan produksinya di Indonesia.

3 perusahaan otomotif tersebut adalah: General Motor, SAIC Motor dan Liuzhou. Mereka sengaja menarget pasar indonesia karena penjualan mobil di tanah air lebih dari 1 juta unit per tahun (termasuk pasar yang besar di suatu negara).
Nah sedikit bocoran mobil yang pertama kali bakal dikeluarkan adalah jenis MPV murah, persaingan MPV murah dari china tersebut bakal berhadapan langsung dengan produk dari produsen jepang seperti: Toyota Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, Tata Aria, dll.
Berikut adalah penampakan eksterior mobil murah MPV dari China tersebut
gambar 2: Mobil MPV murah dari china
Dengan modal sekitar 700 juta dollar Amerika tersebut diperkirakan gabungan 3 produsen otomotif tersebut bakal membangun pabrik perakitan mobilnya di Indonesia di daerah Deltamas, dan sebagai andalan pertama kali akan mengeluarkan mobil dengajn merk wuling yang sudah menjadi pemimpin pasar untuk Low MPV di negri China (tiongkok), untuk gambar seperti pada gambar 2 di atas.
Selain mobil di atas, nantinya produsen asal china dan amerika tersebut bakal mengeluarkan produk dari General Motor yang sangat mirip dengan chevrolet spin akan tetapi memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari spin, mobil tersebut sudah dipasarkan di India dengan nama Chevrolet Enjoy seperti gambar 3 berikut
chevrolet enjoy
Sebagai catatan Chevrolet enjoy suskses memasuki pasar india dan china, akan tetapi di Indonesia masih belum teruji setelah produk serupa "chevrolet spin" terlempar dari persaingan otomotif tanah air.
Chevrolet enjoy ini memiliki tenaga yang standar artinya hampir sama seperti low MPV yang ada di Indonesia seperti avanza dan mobilio dimana kapasitas tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 82 dk untuk mesin berkapasitas 1200 cc dan 107 dk untuk mesin berkapasitas 1400 cc. Sebagai perbandingan toyota avanza 1500 cc tenaganya sekitar 104 dk.
Harga mobil murah ini di china dijual dengan harga tidak sampai 5000 yuan atau sekitar dibawah 100 juta rupiah, spesifikasi moil ini sebenarnya sudah bisa masuk mobil LCGC dengan konsumsi BBM lebih hemat dari 1:20 sehingga bisa saja mobil LOW MPV ini dimasukkan kategori mobil LCGC untuk mendapatkan keringanan pajak dari pemerintah indonesia dan bersaing dengan mobil-mobil Low MPV tapi dengan harga LCGC
Perkiraan Interior dari mobil besutan China-Amerika tersebut adalah seperti di bawah ini
Paling cepat mobil murah dari china ini akan dipasarkan tahun depan (2016),  ujar sumber

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini