Spesifikasi Toyota Vellfire, Harga dan Kelebihan

Toyota Vellfire adalah mobil MPV premium yang dikeluarkan oleh produsen otomotif Toyota Corp, mobil ini mulai diimpor dan dipasarkan di Indonesia satu tahun terakhir (2014-2015) dimana sebelumnya Velfire hanya diimpor oleh importir umum.
Toyota Vellfire masuk dalam MPV premium karena fitur-fiturnya yang sangat berkualitas dan harga mobil ini yang berada pada level Alphard (MPV premium besutan Toyota yang terlebih dahulu keluar di Indonesia yang dibandrol sekitar 1 Milyar Rupiah). Nah tak berbeda dengan Alphard Toyota Vellfire juga memiliki fitur-fitur luar biasa dengan harga jual sama dengan Alphard, lalu apakah kehadiran Vellfire akan menggerus pasar Alphard, pihak Toyota Astra Motor menyatakan meskipun sama-sama MPV
premium akan tetapi keduanya memiliki perbedaan karakter dimana Alphard memiliki karakter mewah dan elegan sementara Vellfire memiliki karakter Dinamis dan Sporty.

Eksterior Toyota Velfire

MPV Premium ini memiliki dimensi panjang 4930 mm, lebar 1850 mm, tinggi 1895 mm dengan Jarak sumbu roda 300 cm dan Ground Clearance 16 cm. Baik dimensi maupun desain Vellfire sangat mirip dengan Alphard praktis hanya bagian depan saja yang berbeda (headlamp, grill, foglamp, bumper). Sementara bagian lain hampir sama bentuknya misalnya desain lampu belakang velfire sama persis dengan Alphard akan tetapi Vellfire berwarna Putih transparan sedangkan alphard berwarna merah, desain bagian samping seperti handledoor body samping, velg, ban, pintu, dan lain-lain sama dengan Alphard.
Pada bagian body samping mobil terkesan kurang adanya variasi misalnya lekuk-lekuk yang terlihat standart (tanpa garis-garis tegas), tidak adanya side body moulding membuat mobil ini tampak tampil kurang meyakinkan jika dilihat dari samping.
Kaca mobil ini sangat berkualitas yang mampu meredam sinar ultraviolet dengan sangat bagus masih ditambah spoiler pada bagian belakang dan sebagian di samping untuk menghindari panas sinar matahari langsung yang menyentuh kaca mobil.
Mobil ini memiliki 4 pintu di samping sedangkan 1 pintu dibagian belakang (pintu bagasi) dengan total 5 pintu. Menggunakan velg alloy dengan pilar banyak sehingga nampak mewah
Mobil yang tergolong besar ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 8 orang dewasa sesuai dengan jumlah kursinya 8 tempat duduk, kelebihan desain mobil yang bongsor ini adalah penumpang merasa tidak berdesakan meskipun kursi diisi penuh 8 orang. Hal ini berbeda dengan MPV kecil seperti ertiga atau avanza yang terasa sesak dan tidak nyaman jika mobil diisi penumpang full seat, nah perbedaan sekaligus keunggulan Toyota Vellfire adalah pada kenyamanan penumpang ini.
Ruangan yang luas membuat penumpang merasa nyaman dan tidak mudah stres karena ruangan cukup, selain itu fitur-fitur interior juga sangat mendukung kenyamanan penumpang seperti kedap suara yang bagus, sistem suspensi yang empuk, dan fitur entertaiment yang disematkan pada mobil (dibahas di Interior)

Interior Toyota Vellfire

Nah meskipun dari luar (terutama samping) tidak terlihat istimewa akan tetapi begitu masuk dalam kabin Toyota Vellfire memiliki pesona yang luar biasa: pada bagian dashboard komplit mulai lubang AC yang mencukupi, Layar monitor LED untuk memonitor aktifitas mobil, fitur entertaiment (browser, sistem operasi, internet dan telepon) yang disematkan pada monitor LED membuat kita bisa berinternet ria atau telepon dengan mengandalkan peralatan mobil standar.




Pada bagian kursi penumpang yang sangat berkualitas (jok kulit yang lembut dengan busa empuk yang tebal), pada masing-masing kursi dilengkapi dengan handrest, headrest, footrest sehingga bisa menjaga penumpang dalam kenyamanan terbaik (saat kaki lelah maka tinggal menarik footrest). Uniknya penumpang kursi dari Toyota vellfire ini bisa dimodifikasi maju mundur untuk kursi baris kedua, semua kursi juga bisa direbahkan untuk memperoleh ruangan yang amat luas.
Fitur unggulan lain adalah fitur kamera 360 derajat (kamera helikopter) yang bisa menampilkan ke empat sisi mobil (sepan belakang kanan kiri), keyless entry juga menjadi kewajiban (keamanan standart) pada Vellfire.

Mesin Toyota Vellfire

Vellfire memakai mesin bensin 2500 cc dengan kode mesin 2AR-FE dengan 4 silinder 16 katup berteknologi DOHC dan VVT-i, mobil toyota velfire ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 180 Ps pada putaran mesin 6000 Rpm, torsi mobil ini 23,9 Kgm pada putaran mesin 4100 Rpm.
Bahan bakar yang dipakai Pertamax atau Pertamax Plus, sistem pasokan bahan bakar memakai EFI sedangkan kapasitas tangki BBM adalah 75 liter.
Sistem transmisi Vellfire memakai CVT 6 kecepatan maju dan 1 kecepatan mundur, untuk rem depan dan belakang sudah memakai disc semua (cakram) dengan teknologi terbaik (ABS, EBD, BA). Sistem suspensi bagian depann memakai MacPherson Strut dan belakang memakai Double wishbone yang kesemuanya menggunakan torsion bar. Sistem kemudi memakai EPS sehingga meskipun bobot mobil besar/ berat sistem kemudi juga terasa ringan karena adanya EPS ini.

Harga Toyota Vellfire

Harga Toyota Vellfire ini karena pihak TAM (Toyota Astra Motor) hanya mengimpor 1 jenis saja yakni tipe G Velfire 2.5 G maka www.mobilku.org hanya menyebutkan 1 tipe ini saja, di pasaran banyak velfire yang diimport oleh importir umum harganya bervariasi (di luar negeri vellfire banyak variannya).
Harga Toyota Velfire 2.5 G adalah Rp. 980.000.000 (sembilan ratus delapan puluh juta rupiah), update akhir april 2015.
toyota mengatakan bahwa pasar utama Toyota Vellfire adalah golongan muda (eksekutif muda atau manager perusahaan dan sejenisnya), sedangkan Toyota Alphard diperuntukkan bagi Bos-bos pemilik perusahaan atau Dirut yang mementingkan images perusahaan berkelas (elegan dan mewah).

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini