Ingin Memeriksa Kondisi Mobil Bekas, Bawa ke Bengkel Resmi Mobil

Kadang-kadang kita bingung bagaimana cara mengecek kondisi mobil bekas, terutama saat transaksi/ jual beli mobil bekas. Pengetahuan menyeluruh tentang kondisi mobil sangat diperlukan terutama untuk pihak pembeli apa lagi kita di posisi pembeli (orang yang membeli mobil).
Jika memiliki pengetahuan yang cukup tentang otomotif (atau memiliki teman banyak) tentunya tidak masalah bisa di periksa sendiri, akan tetapi jika kita awam tentang dunia otomotif dan ingin membeli mobil bekas pasti ragu-ragu
Bengkel Resmi Menerima Jasa Pengecekan Mobil Bekas
Saat ini pemeriksaan kondisi mobil bekas bisa dilakukan di bengkel resmi masing-masing pabrikan, misalnya dijakarta ada beberapa bengkel yang banyak diminta konsumen untuk memeriksa kondisi mobil bekas yang akan ditaransaksikan (proses jual beli).
Hasil pengecekan akan diberitahukan pada konsumen misalnya tentang masalah pada kaki-kaki mobil, suspensi, masalah pada mesin, pada sistem rem, dan lain-lain. Nah sebagai pembeli kita diberitahu tentang kondisi mobil sehingga kita bisa memutuskan akan terus membeli mobil itu ataukah membatalkannya jika sudah mengetahui kondisi mobil bekas tersebut ataukah harganya bisa diturunkan lagi.
Tarif Pemeriksaan Mobkas di Bengkel Resmi
Mengenai tarif memang berbeda-beda tiap dealer, tidak ada patokan yang pasti akan tetapi dari pantauan www.mobilku.org jika mobil toyota dikenakan biaya sebesar 190 ribu rupiah untuk pengecekan kondisi mobil selama 1 jam, sementara untuk mobil Suzuki yang dibawa ke bengkel resmi pengecekan dikenakan tarid sebesar 200 ribu rupiah untuk sekali pemeriksaan (general check up), Honda sekitar 250 ribu rupiah sekali cek dan nissan berkisar antara 150 ribu sampai 200 ribu sekali pengecekan. Yang unik memang Auto2000 (service resmi toyota) yang menerapkan biaya pengecekan perjam sementara bengkel yang lain menerapkan tarif sekali cek.
Berikut adalah tarif pemeriksaan mobil di bengkel resmi daerah Jakarta per April 2015
Keuntungan melakukan Cek Mobkas di Bengkel Resmi
* Bengkel remi memiliki alat yang komplit, sehingga bisa mengetahui dengan persis kerusakan yang terjadi pada mobil. Bisa dikatakan dealer resmi adalah bengkel terbaik untuk mobil tertentu, misalnya Auto2000 adalah bengkel terbaik untuk Mobil-mobil Toyota
* Teknisi yang memakai standart, teknisi pada bengkel resmi telah dibekali pengetahuan tentang standart mobil tersebut oleh pabrikan otomotif. Terutama jika mobil tidak standart teknisi bengkel resmi bisa lebih mengetahui
* Bengkel resmi juga ada yang memiliki rekam jejak maintenance, misalnya Auto2000 memiliki data historis mobil toyota yang pernah masuk ke sistem perbaikannya di seluruh Indonesia, nah jika dulu pernah terjadi tabrakan dan melakukan perbaikan apa saja juga bisa diketahui.
Pihak membawa ke bengkel resmi untuk di cek waktu akan jual beli?
Ini menjadi pertanyaan terakhir lalu siapa yang membawa mobil untuk di cek? menurut pihak bengkel "biasanya yang meminta bantuan pengecekan mobil yang membawa kemari" ujar salah satu teknisinya, pihak peminta biasanya dari pembeli agar memeriksa keseluruhan mobil dan memberitahukan kondisi mobil.
Sementara biasanya yang datang ke bengkel berdua artinya pembeli dan penjual ikut datang ke bengkel untuk memeriksa dan mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya. Untuk biaya tentu saja dibebankan pada yang meminta pemeriksaan, meskipun pada prakteknya bisa saja penjual yang membayar karena negoisasi sebelumnya antara pembeli dan penjual :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini