Angsuran Terlambat, Mobil Diambil Paksa Leasing

jangan sampai kejadian seperti ini
Hal ini kerap terjadi pada pemilik mobil jika mengambil kredit pembelian mobil melalui lembaga pembiayaan/ finance/ leasing terutama saat kita terlambat melakukan pembayaran. Pada dasarnya pengambilan paksa (perampasan) kendaraan yang dilakukan oleh debt collector tidak dibenarkan oleh hukum meskipun penerima kredit telat melakukan pembayaran, karena ini bukan hak dari debt collector. Yang berhak mengambil kendaraan sebenarnya adalah putusan pengadilan (hakim) yang mengatakan bahwa nasabah dalam kondisi pailit dan mobil bisa ditarik, jadi dalam kondisi apapun sebenarnya leasing atau lembaga finance tidak berhak menjabel/ mengambil paksa sebelum ada putusan pengadilan.
Nah jika kita sejenak melihat kebijakan salah satu lembaga pembiayaan mobil di Indonesia, sebenarnya ada beberapa tahap/ tindakan yang dilakukan ketika penerima kredit mobil telat mengangsur antara lain:
1) terlambat 1 sampai 7 hari: dilakukan pemberitahuan lewat telepon
2) terlambat 8 sampai 30 hari: dilakukan pemberitahuan/ kunjungan langsung oleh debt collector
3) terlambat 31 sampai 60 hari: dikeluarkan surat penarikan kendaraan, dan mulai dilakukan upaya penarikan kendaraan oleh internal lembaga pembiayaan
4) terlambat lebih dari 60 hari: pihak lembaga pembiayaan akan melakukan penarikan dengan menggunakan tenaga dari luar lem,baga finance (petugas eksekusi obyek jaminan fiducia) dengan dasar Undang-undang yang melindungi obyek yang dijaminkan.
Nah biasanya penarikan kendaraan dilakukan pada tahap ke 3 dan 4 yang mana sebenarnya tidak diperbolehkan oleh undang-undang, Pihak leasing membutuhkan surat keputusan pailit dari pengadilan agar bisa menarik mobil akan tetapi juga butuh waktu dan biaya sehingga pihak leasing mengambil jalan pintas dengan menyewa tukang ambil paksa kendaraan (tidak dibenarkan).
Pada tahap 3 dan 4 kerap terjadi tindakan-tindakan yang menjurus ke arah intimidasi (mengancam) dan perbuatan tidak mengenakkan yang mana hal ini tidak diperbolehkan dalam undang-undang. Jika terjadi intimidasi/ pemaksaan/ bahkan penganiayaan hal ini bisa menjadi perkara baru dipengadilan (sebenarnya ini juga dihindari oleh perusahaan finance).
Apabila pecinta otomotif penah mengalami kejadian seperti ini (pengambilan paksa kendaraan) maka beberapa tips yang bisa dilakukan menurut kami "www.mobilku.org" adalah:
1. Pecinta otomotif bisa meminta surat asli penarikan kendaraan dari perusahaan (jangan sampai ditarik oleh orang yang salah)
2. Pecinta otomotif bisa menanyakan sertifikat fuducia, jangan mau kendaraan ditarik tanpa sertifikat fiducia, karena fiducia ini berfungsi jika pecinta otomotif ingin menebus kembali kendaraan beserta denda
3. History Payment, merupakan salah satu dokumen penting yang harus dibawa karena ini bisa menunjukkan secara rinci seberapa besar kita sudah membayar mobil tersebut dan sisa berapa beserta denda berapa saja
4. BAPK atau Berita Acara Penyerahan Kendaraan, yakni dokumen yang wajib ditandatangani ketika mobil ditarik/ disita oleh lembaga finance. BAPK ini ditandatangani oleh kedua belah pihak (dari perusahaan pembiayaan dan dari kita selaku pihak kedua).
Jadi seandainya terpaksa ada penyitaan kendaraan tiba-tiba, paling tidak pecinta otomotif menanyakan kelengkapan dokumen seperti di atas. tanyakan pula surat putusan pengadilan :-)

16 komentar:

  1. Assalaamu mualikum saya lagi kena maslah debcolettor. Karena saya belum bayar 6 bulan. Tapi saya jangji mau bayar di cixilin satu bulan dulu tapi colektor tetep gak mau di bayar satu bulan dulu. Maaf apa yg saya harus lakukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh,,,repot ya klo udah 6 bulan kayak gitu...
      Jujur sih admin gak punya solusi,,,,
      gini aja, lebih baik mbak yeni langsung ke kantor menemui kepala debt collector dan membicarakan masalah ini.
      Biasanya kalau langsung ke kepalanya bisa di negoisasikan, trims

      Hapus
  2. Kalau mobil kita menunggak selama 6 bulan dan kita titipkan di leasing, apa bisa kita menebusnya? Trus apakah ada dendanya? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dendanya mas,,,, lumayan tuh 6 bulan klo mobil
      selama belum di lelang bisa ditebus mas

      Hapus
  3. asslmukum
    Maaf nih mw tanya,mobil saya di tarik sama DC pas di bawa teman,angsuran Nunggak mw 4bulan,eh pas mw di tebus malah minta di lunasin,dan anehnya ko perhitungan lunasinnya lebih tinggi dari ppelunasan sisanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya seperti itu..... karena ada denda per hari keterlambatan byar itu mas. Trims

      Hapus
  4. Selamat malam mas . Saya mau tny mobil saya diambil dgn keterlambatan bayar cicilan hmpr 2bln . Namun saya konfrim ke pihak bank . Harus melunasi cicilannya tp bisa ajukan permohonan untuk cicil lg . Kira2 bisa ga ya saya lanjut cicilannya lg . Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. berdasarkan pengalaman saya dulu Bisa kalau belum 3 bulan,,, keterlambatannya segera dibayar 2 bulan sekalian dendanya biar gak bengkak dibelakang.
      kalau belum ada uang buat bayar dendanya ya angsurannya aja 2 bulan.
      Trims

      Hapus
  5. sy mau tanya mobil yg sy pakai atas nama org lain untuk biayanya sy yg tanggung dan sy terlambat 2 bulan kemudian pihak ke 3 dr dtg mau mengambil mobil tersebut.. solusinya gmn ya..

    BalasHapus
  6. Saya menungak cicilan baru masuk 2 bulan ini tgl 18 september 2017 pd tgl tsb saya berniat bayar 4jt dari cicilan sy 3.480.000 namun ditolak dengan alasan sudah masuk di 2bulan jadi harus semua karena uang saya yg sudah ada cuma itu maka sy masih mengupayakannya,namun ke esokan harinya datanglah 2 orang depcolektor yg menanyakan apa masalahnya terlambat kemudian mereka mengajak sy ke kantor tap untuk membuat pernyataan tetapi sesampainya di sana mereka menyuruh saya menandatangani surat yg mereka tidak jelaskan terlebih dahulu dan surat tersebut berada di bagian tengah lembaran ternyata surat tersebut adalah surat penyerahan kendaraan dan saya merasa ini sebuah rekayasa seolah-olah saya menyerahkan kendaraan tersebut dan di sisi lain merekapun tidak menunjukan surat printah resmi penarikan / sertifikat fidusia dan sy pun di suruh pulang dengan di antar taxsi apakah hal seperti ini bisa di tempuh dengan jalur hukum,karena sesungguhnya saya sangat butuh kendaraan tersebut untuk mengurus proyek/pekerjaan saya,terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba mbaknya bilang ke kepala cabangnya atau ke kepala colectornya,,,,
      kalau saat ini masih bisa bayar 1 angsuran saja,,,, saya dulu waktu bekerja di leasing bisa kok bayar 1 angsuran dulu...
      coba mbaknya bilang ke kepala cabang atau kepala colectornya ya

      Hapus
  7. Selamat siang pak.
    Maaf pak saya mau konsultasi. Saya ada persoalan dengan leasing .
    Kronoligis kejadiannya. Saya terlambat 2 bulan (September + Oktober ) pembayaran per tanggal 3 tiap bulan. Pada tanggal 2 Oktober kendaraan saya di tarik. Dan pada tanggal 3 okt saya membayar angsuran 1 bulan untuk bulan September. di kantor cabang. Dan dibuatkan pernyataan saya sanggup bayar lagi pada tanggal 20 okt. Pada tanggal 12 okt saya hendak membayar kekantor cabang. Tetapi tidak diterima oleh kantor cabang. Harus kekantor pusat. Saya langsung ke kantor pusat tetapi disana juga saya tidak dapat melakukan pembayaran. Jadi kendaraan saya belum bisa di ambil. Apakah yang harus saya lakukan.
    Note. Ini mau pembayaran yg 13. Pembayaran sebelumnya yg ke 1 s/d 11 saya tidak lalai dalam membayar. Mohon masukannya pak. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba langsung temui kepala cabangnya mas,,, yang paling tinggi disana...sampaikan permasalahan sambil bawa tanda bukti pembayaran

      Hapus
  8. saya sedih banget pak..saya ambil mobil dari temen yg punya sorum.. mobil agya 2013 saya cuma gantiin dp 8juta dan baru masuk angsuran 4bulan.. saya pake mobil baru 7bulan.. saya telat bayar mobil sebulan, sebelum jatoh tempo kedua bulan saya bayar ygbulan kemarin nya..tp kmrn saya di datangi pihak debcollektor minta penarikan unit.. padahal saya cuma telat bayar 1 bulan..tp pihak kolektor minta biaya penarikan 5juta.. hari ini saya baru mau ke clippant finance...

    BalasHapus
  9. Mobil saya ditarik karena nunggak 2 bulan. Saat saya mau bayar ternyata tidak bisa karena trek rekor saya jelek dan harus melakukan pelunasan seluruhnya

    BalasHapus