Perbandingan Avanza, Mobilio dan Ertiga

www.mobilku.org kali ini akan melakukan komparasi/ perbandingan 3 mobil MPV terlaris, yakni antara: Toyota Avanza, Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga. Ketiga mobil tersebut adalah MPV dengan jumlah penjualan terbanyak di Indonesia (tahun 2014) dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing; misalnya: Suzuki Ertiga yang bagus dalam hal fitur & interior, Toyota Avanza yang unggul pada ketersediaan sparepart dan jaringan service serta Honda mobilio yang handal pada kemampuan mesin.
Berikut perbandingan ke tiga mobil bekas keluaran 2014 tersebut
Perbandingan Harga
Toyota Avanza Veloz AT bekas keluaran 2014 masih memiliki harga pasaran 165 juta rupiah sedangkan untuk Honda Mobilio E MT tahun 2014 dijual dengan harga paling tinggi 170 juta rupiah, Suzuki ertiga GX AT bekas tahun 2014 juga memiliki harga pasaran yang hampir sama yakni 170 juta rupiah. Artinya untuk harga ketiganya tidak jauh berbeda (berkisar 170 juta rupiah versi matic), sedangkan mobilio 2014 tidak tersedia versi matic harga pasar sedikit di bawah rivalnya
Kenyamanan Suspensi
Suspensi paling nyaman dan empuk adalah Suzuki ertiga yang menjadi juaranya, di samping empuk Suzuki ertiga memiliki material seat (kursi) yang bagus dengan busa yang tebal dan lapisan kulit yang berkualitas. Honda mobilio meskipun sudah memakai penggerak roda depan (sama dengan ertiga) akan tetapi masalah suspensi menduduki peringkat 2, busa pada jok yang lebih tipis dari ertiga membuat kenyamanan penumpang tidak maksimal (jok mobilio dibuat tipis agar ruangan kabin lebih luas). Karena memakai sistem penggerak roda belakang sistem suspensi Toyota Avanza memang harus sedikit keras agar tidak mudah limbung terutama suspensi belakang, alhasil masalah kenyamanan terkait dengan suspensi avanza termasuk tertinggal dari ke dua rivalnya.
Kapasitas Penumpang
Meskipun ketiga mobil sama-sama memiliki kapasitas penumpang 7 orang, akan tetapi perbedaan kualitas interior menyebabkan score juga berbeda. Suzuki Ertiga lagi-lagi menjadi pemenang pada kemampuan mengangkut penumpang ini dengan kursi baris kedua yang bisa disetel maju mundur, Ertiga juga memiliki legroom yang lebih lega dibanding ke dua rivalnya. Sementara untuk Headroom (ruangan kosong untuk kepala) Honda mobilio menjadi yang pertama paling luas (pada penumpang baris kedua) sehingga membuat penumpang tidak stres karena sempitnya ruangan, selain itu headroom juga bermanfaat jika tinggi penumpang di atas rata-rata.
Untuk posisi duduk penumpang baris kedua, Toyota Avanza menjadi pemenangnya mengalahkan dua rivalnya. Posisi duduk yang tinggi ini memberikan kemudahan visibilitas (memandang ke lingkungan sekitar) dan perasaan lebih percaya diri dan aman.
Konsumsi BBM dan Kemampuan Mesin
Kapastias ruang bakar (mesin) Suzuki Ertiga adalah 1400 cc, ini berbeda dengan kedua rivalnya avanza dan mobilio yang memakai mesin berkapasitas 1500 cc. Akan tetapi besarnya ruang bakar (kapasitas silinder) tidak menjamin mobil memiliki kemampuan yang lebih baik karena dengan kecilnya kapasitas mesin justru menjadi kelebihan pada iritnya konsumsi BBM (meskipun tidak selalu juga), yang jelas banyak faktor yang mendukung misalnya terkait teknologi mesin atau material mesin.Ketiga mobil MPV kelas Low end ini masih memakai mesin dengan 4 silinder jadi berbeda dengan Datsun Go Panca + yang berjenis MPV yang hanya menggunakan 3 silinder :-).
Nah untuk kemampuan mesin Honda Mobilio menjadi juara (yang terbaik) diantara ke dua rivalnya, Honda mobilio memakai mesin 1500 cc dengan tenaga paling besar yakni 118 HP. Mobilio juga sekaligus menjadi pemenang untuk masalah konsumsi BBM dimana mampu berjalan sejauh 14,8 kilometer untuk setiap liter bahan bakarnya (pertamax).
Toyota Avanza menduduki peringkat kedua untuk besarnya tenaga yang dihasilkan, Toyota Avanza mampu mengeluarkan tenaga sebesar 104 HP, sementara Suzuki Ertiga menjadi yang terkecil tenaganya yakni 94 Hp tapi hal ini bisa dimaklumi karena kapasitas ruang bakar ertiga juga paling kecil (1400 cc).
Untuk konsumsi BBM urutan kedua paling ekonomis dipegang oleh Suzuki Ertiga dengan perbandingan 1:13,2 sedangkan paling boros adalah Toyota Avanza dengan konsumsi bahan bakar 1:12,1.
Kesimpulan
Toyota avanza memang bisa dikatakan tertinggal dari kedua pesaingnya terutama dalam hal fungsional mobil seperti konsumsi BBM, kemampuan mesin, fitur, ornamen dan lain-lain. Akan tetapi Toyota Avanza masih menjadi yang terlaris karena jaringan service yang tersebar luas (jaringan sales dan service paling besar) serta "merk" Toyota
Suzuki Ertiga menjadi mobil yang paling nyaman digunakan, memiliki banyak kelebihan terutama pada fitur serta interior mobil, mesin yang cukup irit dan tenaga yang tidak terlalu kecil untuk mobil sebesar Ertiga. Mobil ini pas bagi yang tinggal diperkotaan dan menginginkan kenyamanan saat berkendara.
Honda Mobilio berhasil memikat pasar otomotif tanah air pada tahun pertama dikeluarkan dan langsung menggeser posisi ertiga sebagai mobil MPV paling laris di Indonesia, hal ini tak luput dari kualitas Honda yang masih melekat sebagai produsen mobil berkualitas tinggi. Hal ini tidak salah karena dengan mesin yang sama besar Honda Mobilio berhasil mengeluarkan tenaga paling besar dan juga konsumsi BBM paling irit.
Nah yang yang menjadi kendala pada mobilio sebenarnya adalah material pembentuk ornamen-ornamen dalam mobil yang terlihat kurang berkualitas (berkelas) misalnya plastik pada dashboard yang terlihat kurang elegan, kulit jok yang tipis dan lain sebagainya.
Akan tetapi www.mobilku.org secara umum melihat Mobilio menjadi pemenang, masalah material pembentuk interior banyak yang menganggap hal yang biasa, sedangkan bantingan suspensi Honda mobilio yang sedikit keras juga banyak yang menyenangi karena menimbulkan dampak fun to drive.
Eksterior mobilio juga menjadi yang paling fresh dilihat, tampilan yang cantik dengan desain yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit, sedikit mengadopsi desain city car yang sporty

37 komentar:

  1. Misi mas Brow, mau tanya nih soal kualitas body Avanza vs Mobilio. Berdasarkan pengalaman, kualitas body New Avanza punya saya (menurut saya) terlalu tipis dan terkesan ringkih. Apakah kualitas material body Mobilio juga seprti itu? Lebih buruk, atau justru lebih baik dari Avanza?

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung test drive aja bro, ulasan kadang ga jamin, kalo lihat langsung kan bisa bandingin head to head, jgn lupa harga jg jd faktor utama apakah mobil yg dibeli overprice dan sebanding ga dgn kenyamanannya :)

      Hapus
  2. ane pilih ertiga gan, selain nyaman fitur dan materialnya bagus :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangan Ertiga dari Painting yah,
      belum 3 tahun saja sudah Peel Off / Terkelupas. dan mudah Scratch / baret.

      Hapus
    2. betul gan...material ertiga memang bagus

      Hapus
  3. kenapa nissan grand livina tidak ikut ikut dibahas sekalian?

    BalasHapus
  4. kenapa nissan grand livina tidak ikut ikut dibahas sekalian?

    BalasHapus
  5. Ulasan yg aneh, dari perbandingannya udah keliatan ertiga yg unggul dari kedua rivalnya, tp saat penutupnya malah mobilio yg menang dgn anggapan kelemahan2 mobilio adalah hal yg biasa, hahahahah, aneh :)

    Btw livina ga masuk dikelasnya bro, makanya ga diulas, kelas livina kan di atas ketiga mobil ini, mungkin kelasnya sama dgn innova, new carens, mpv lainnya yg bkn low end

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tau GL masuk kelas innova
      Krik..krikk..krikk

      Hapus
    2. sbnarnya kau dilihat dri harga GL itu gak bsa dibandingkan dengan innova.Lebih cocok dibandingkan dengan low mpv sperti yang dibahas tapi memang harganya sedikit lebih mahal dari rivalnya namun tetap di bawah medium mpv seperti innova. CMIIW

      Hapus
    3. sbnarnya kau dilihat dri harga GL itu gak bsa dibandingkan dengan innova.Lebih cocok dibandingkan dengan low mpv sperti yang dibahas tapi memang harganya sedikit lebih mahal dari rivalnya namun tetap di bawah medium mpv seperti innova. CMIIW

      Hapus
    4. Harusnya livina sekelas dengan low mpv lainnya dari sektor harga ya walaupun harga nya mmng lebih tinggi dri rivalnya

      Hapus
  6. kalau harga jual kembali mobilio gimana ya

    BalasHapus
  7. Kekurangan Ertiga dari Painting yah,
    belum 3 tahun saja sudah Peel Off / Terkelupas. dan mudah Scratch / baret.

    BalasHapus
  8. kekurangan avanza :
    - body ringkih, cukup ditekan dengan keras aja udah penyok .. ndak dibayangin kalo di jalan dengan kecepatan tinggi trus disenggol mobil lain (safety kok dibuat main2 ckckck)
    - ternyata konsumsi bbm-nya juga ndak irit2 amat alias bisa dikatakan boros, ambil contoh dikompare ama mobil eropa kayak opel blazer yg cc besar 2200cc, blazer 1:7-8, avanza 1:9-10 tp cc-nya yach tadi kecil ...

    mindsetnya orang indonesia harus dirubah karna mindset mereka sudah diracuni sama sales2nya toyota

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna orang indonesia sudah lebih pintar dan mengerti akan kualitas

      Hapus
    2. karna orang indonesia sudah lebih pintar dan mengerti akan kualitas.

      avanza memimiliki rangka "Semi Chasiss" yang tidak menyatu dengan body. sehingga getaran dari kaki kaki dapat di redam.

      berbeda dengan mobilio dan ertiga yang memiliki body "Monocoque" yang di las menyatu dengan body yang mengakibatkan getaran langsung di teruskan ke body.

      jadi masih mau bilang orang indo mudah ter hasut dengan sales?
      think again.....

      Hapus
    3. betul gan...saya jika pakai cc diatas 2000 malah irit, tapi jika pakai cc kecil malah boros

      Hapus
  9. Grand New Avanza

    ABS DI SEMUA TIPE
    - ISOFIX KURSI BAYI
    - SABUK PENGAMAN
    3 Point ELR semua kursi

    Ertiga

    TANPA ABS
    - TANPA ISOFIX
    - SABUK PENGAMAN
    3 Point ELR hanya
    sampai baris 2

    BalasHapus
  10. Sekadar Saran Aja.....

    Beli mobil baiknya Merek Honda atau Toyota saja, Peminatnya Banyak, secondnya juga banyak yang lirik, Bengkel dan spare parts banyak tersedia, dan lagi dibengkel umum paling gampang merawat dua merek tersebut.

    Mobil merek lain lain seperti Mazda, Chevrolet, Hyundai jangan coba2 untuk dibeli bakal menyusahkan kita dikemudian harinya.

    Pilihlah yang Bijak

    BalasHapus
  11. Golongan/Klas Pemilik Kendaraan berdasarkan Merek Mobil :

    1. Mobil Honda mewakili dari golongan Orang Kaya
    2. Mobil Toyoto diperuntukan bagi golongan Orang Mampu
    3. Mobil Daihatsu cerminan dari golongan Orang Miskin
    4. Mobil Suzuki identik dengan golongan Orang Melarat (Orang Susah)
    5. Mobil Merek lain sepesial bagi golongan Orang Primitif

    Goloangan Manakah Anda..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemilik Honda gak harus orang kaya, brio murahan tuh.

      Hapus
    2. Pemikiran uda kuno itu bro... sekarang semua merek mobil dibuat untuk semua golongan.. sekarang eranya persaingan, mana mobil yang terbaik performa mesin dan design yang sporty serta mewah yang tulah yang dipilih oleh orang... sekarang orang indonesia udah kaya semua, buktinya negara sedang mengalami krisis mobil tetap laku dipasaran (produsen mobil luar selalu incar pangsa pasar di indonesia) bravo indoensiaku..

      Hapus
    3. Jadi org yang pakai BMW, Mercy, Lamborghini itu primitif ?

      Hapus
    4. Mobil sebagus-bagusnya kalo merek mobil Jepang kasta ke-2 seperti Suzuki, Daihatsu, Mazda atau merek mobil korea seperti Kia, Hyundai tetep aja kasta bawah ga kelihatan bangganya, kalo mobil Eropa atau Amerika seperti BMW, Mercy, Lamborghini kelihatan mewahnya karena mereka masuk kelas Eksklusif.

      Hapus
  12. sekarang jamannya bukti bukan janji..
    so silahkan buktikan sendiri kendaraan mana yang mempunyai nilai lebih...
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Bro.. yang terbaik mah.. mobil apanza ga hawatir jalan kemana aja aman, ga hawatir kalo nanjak, maklum saya di kampung banyak jalan naik-turun extrem.. Apanza uda terbukti yang paling laris manis ( kayak pacar saya manisnya :-) )

      Hapus
  13. Kenyamanan sama kualitas bahan Avanza lebih jelek kalau dibanding Ertiga apalagi mobilo lebih parah lagi, mobil 200jt kualitas bahan LCGC...

    BalasHapus
  14. Bulan November Lalu Saya Memilih membeli Suzuki Ertiga Elegant (stok terakhir) ^_^
    Awalnya saya kompare dengan Honda Freed, setelah hitung budget & Fitur akhirnya saya putuskan membeli ertiga
    Sejauh ini saya pakai sangat nyaman, irit BBM, biaya service super murah, harga sparepartnya juga murah.
    So far so good lah...

    BalasHapus
  15. Klo sy avanza sajalah klo mau jual kembali nggak usah nunggu lama bakal laris manis sudah jelas terbukti

    BalasHapus
  16. Ternyata Avanza paling banyak orang pakai ini adalah bukti yang lain adalah bahasa iklan bro ....

    BalasHapus
  17. Di Jalanan paling banyak Avanza ...ini bukti bahwa masyarakat pengguna sudah pintar .

    BalasHapus