Pabrik Chevrolet Spin Tutup, Bagaimana Nasib Spin?

Beberapa tahun lalu Chevrolet kembali mengaktifkan pabriknya di Bekasi Indonesia untuk memproduksi Chevrolet Spin (MPV low end) Indonesia, pada awal-awal kemunculan chevrolet spin sempat menghebohkan pasar MPV tanah air karena langsung mendapat tempat di pasar low MPV. Akan tetapi melihat kesuksesan chevrolet beberapa produsen asal negri sakura segera meniru langkah chevrolet untuk memproduksi mobil MPV low end sekelas avanza (dengan harga mulai 150 jutaan), berturut-turut menyusul keluar Suzuki Ertiga, Honda Mobilio yang langsung mengambil pasar chevrolet spin. Tahun 2014 sendiri General Motor Indonesia (perusahaan perakitan dan penjualan chevrolet Spin) berhasil menjual 8500 unit mobil hal ini terpaut cukup jauh dengan beberapa produsen otomotif lain seperti Ertiga dan Mobilio yang terjual di atas 50 ribu unit setahun, lihat penjualan mobil low mpv tahun 2014 di sini
Chevrolet Spin
Beberapa hari lalu ada kabar yang kurang enak yakni dengan pengunduran diri pimpinan General Motor Indonesia sekaligus rencana penutupan pabrik perakitan chevrolet spin di Indonesia pada Bulan Juli 2015 ini, hal tersebut tentunya masalah terutama bagi konsumen yang sudah terlanjur membeli mobil Spin. Jika produk-produk chevrolet yang lain tidak ada masalah karena langsung diimpor dari luar negri yang suku cadangnya juga diimpor misalnya Chevrolet Captiva, Chevrolet Orlando, Chevrolet Aveo dan lain-lain. Berbeda dengan chevrolet spin yang suku cadangnya dibuat di Indonesia dan Brazil sementara pabriknya akan tutup (di indonesia), bagaimana jika ada kerusakan apakah nantinya suku cadang masih tersedia dengan mengimport dari Brazil? (kita akan lihat kelanjutannya, kami juga berharap pihak chevrolet memberi solusi... ikuti beritanya terus di www.mobilku.org)
Penutupan pabrik chevrolet spin ini memang murni ketidakmampuan bersaing dengan produsen otomotif dari negara lain, setidaknya ada 500 karyawan yang bakal diberhentikan akibat penutupan pabrik perakitan chevrolet spin ini.
Pabrik Perakitan Chevrolet Spin
Chevrolet nantinya setelah menutup pabriknya pada bulan Juli 2015 masih tetap beroperasi di pasar otomotif tanah air dimana GMI (General Motor Indonesia) akan berfungsi sebagai Perusahaan Distribusi Nasional (penjualan/ sales saja) sedangkan produknya di impor oleh GMI dalam bentuk utuh (produksi daqn perakitan dilakukan di luar negri). Beberapa produk unggulan yang masih bakal tersedia di pasar indonesia antara lain:
* Chevrolet New Aveo
* Chevrolet Orlando
* Chevrolet Captiva
Sementara untuk spin kita tunggu nasibnya nanti dan akan kami update berita selanjutnya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini