Daihatsu Sirion Facelift Spesifikasi Lengkap

Daihatsu sirion adalah mobil jenis City Car yang dikeluarkan Daihatsu sejak tahun 2007, mobil ini pernah mengalami perubahan model (bentuk) pada tahun 2011 dan baru pada tahun 2015 ini dilakukan kembali penyegaran bentuk dengan keluarnya model baru yakni Daihatsu Sirion Facelift. Masih memakai mesin yang sama 1300 cc dengan Daihatsu Sirion sebelumnya, Sirion Facelift dibekali dengan fitur baru yakni kamera parkir, Head Unit Monitor LED layar sentuh, MID pada bagian tengah dashboard dan DRL pada headlamp.
Eksterior
Daihatsu Sirion terbaru atau Sirion Facelift yang keluar pada bulan Februari 2015 ini memiliki dimensi panjang 3690 mm, lebar 1665 mm, tinggi 1545 mm, ground clearance 160 mm, jarak sumbu roda 2440 mm. Lumayan dari dimensinya mobil ini lebih besar dari Honda Brio sebagai salah satu pesaing utama, paling tidak dalam hal panjang mobil dan tinggi mobil sedangkan untuk lebar mobil masih lebih lebar Honda brio dengan selisih 15 mm.
Eksterior Daihatsu Sirion Facelift sedikit berbeda dengan All New Sirion (generasi 2 sirion yang keluar tahun 2011) yakni perubahan pada bumper, rumah lampu kabut dan desain grill. Peribahan ini diklaim oleh pihak daihatsu bahwa sirion facelift lebih sporty dan agresif dibanding versi sebelumnya, menurut www.mobilku.org sih sama aja :-)
Pada bagian velg juga dilakukan redesign yakni dengan merubah desain pilarnya sementara ukuran velg dan ban masih sama dengan yang sebelumnya, untuk ban sirion facelift masih memakai 175/65 R14. Sistem suspensi depan memakai Mac Pherson Struts dengan Per Keong yang dilengkapi Stabilizer sedangkan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam dengan Per Keong. Sistem rem depan sudah memakai cakram dengan ventilasi sedangkan pada rem bagian belakang memakai sistem drum dengan leading dan trailing.
DRL yang dibenamkan pada headlamp juga menambah sporty tampilan mobil ini, drl bisa menyala disiang hari (lampu hemat energi dengan bahan semikonduktor atau LED) sebagai lampu signal yang umum digunakan pada mobil modern keluaran saat ini.
Interior
Daihatsu sirion facelift memiliki dimensi/ ukuran interior panjang 1850 mm, lebar 1380 dan tinggi 1545 mm. Mobil ini berkapasitas penumpang maksimum 5 orang sedangkan ideal 4 orang dewasa, pada bagian dashboard sudah dibenamkan monitor layar LED untuk mengontrol beberapa komponen seperti kamera parkir dan sistem audio (monitor ini belum ada pada versi sebelumnya).
Yang istimewa dari Daihatsu sirion adalah sudah dibenamkannya Tilt Steering untuk mengubah/ mengatur ketunggian lingkar kemudi/ stir dan pada setir juga dilengkapi dengan panel kendali audio (Audio Switch Control) sehingga pecinta otomotif memang nyaman saat mengemudikan mobil ini dengan kedua fitur tersebut.
Kamera parkir juga sudah dibenamkan pada bagian belakang mobil yang langsung dihubungkan dengan layar monitor yang mana jika berjalan mundur kamera parkir ini secara otomatis bekerja menampilkan gambar buritan mobil (sangat bermanfaat untuk melihat area yang tidak tercover spion).
Spesifikasi Mesin
Daihatsu Sirion Facelift masih memakai mesin yang sama dengan all New Sirion yang keluar pada tahun 2007 silam yakni mesin dengan kapasitas ruang bakar 1300 cc dan bertenaga maksimum 90 Ps pada putaran mesin 6000 Rpm, mesin dengan kode K3-VE ini memakai teknologi DOHC VVT-i, menggunakan silinder segaris berjumlah 4 dan memakai 16 katup.
Sistem pasokan bahan bakar Daihatsi Sirion facelift sudah memakai EFI atau Electronic Fuel Injection, mobil yang menggunakan bahan bakar pertamax atau bensin tanpa timbal ini memiliki torsi maksimum sebesar 11,9 kgm pada putaran mesin 4400 Rpm.
Jika melihat tenaga mobil yang mencapai 90 Ps ini bisa dikategorikan cukup lumayan, masih bisa bersaing dengan rivalnya seperti Honda Brio yang mengusung mesin 1200 cc dan bertenaga 88 Ps maupun Etios Valco yang membawa mesin 1200 cc dengan tenaga 80 Hp ataupun Mitsubishi Mirage 1200 cc yang menghasilkan tenaga 78 Ps. Honda Brio, Etios Valco dan Mitsubishi Mirage merupakan pesaing berat Daihatsu Sirion karena bermain pada rentang harga yang sama 150-200 jutaan dengan karakter mobil yang sama (city car kelas menengah).
Mobil ini memiliki 2 sistem transmisi, mobil sirion matic memakai transmisi otomatis sedangkan sirion manual memakai transmisi manual. Sedangkan sebagai penggerak Daihatsu sirion memakai penggerak roda depan (FWD) yang memiliki keunggulan lebih responsif jika dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda belakang, bobot yang ringan juga menjadi pertimbangan mengapa memakai penggerak model FWD sehingga ujung-ujungnya adalah komparasi dalam konsumsi BBM karena semakin ringan mobil maka konsumsi BBM juga semakin irit, dengan penggerak depan paling tidak menghilangkan bobot gardan.
Konsumsi BBM Daihatsu sirion untuk jalan bebas hambatan sekitar 1:18,2 (1 liter pertamax untuk menempuh jarak 18 km), sedangkan untuk jalan dalam kota sekitar 1:12, tidak berbeda jauh dengan mirage yang memiliki konsumsi BBM 1:21 atau honda brio 1:18,9 atau etios valco 1:16,8. Intinya untuk mesin mobil ini bisa dibilang lumayan baik bisa bersaing dari mobil sekelas yang punya nama.
Harga
Harga Daihatsu Sirion Facelift antara 157 juta sampai 167 juta rupiah tergantung versi, karena mobil ini hanya memiliki 2 varian yakni versi Sirion Matic dan Sirion dengan transmisi manual, berikut adalah harga resi Daihatsu Sirion Facelift On The Road DKI Jakarta per 17 Februari 2015:
Daihatsu Sirion Facelift Manual : 156.825.000 Rupiah
Daihatsu Sirion Facelift Matic : 166.825.000 Rupiah
Rival
Beberapa rival terberat mobil ini yang bermain pada rentang harga hampir sama adalah: Honda Brio, Nissan Mirage, Toyota Etios Valco, Kia Picanto.

sumber: www.mobilku.org

4 komentar:

  1. Mau tanya dong...
    Untuk sirion dibandingkan dengan Brio dan Mirage siapa yang unggul dalam kenyamanan dan kaki2 nya bro?

    Terimakasih yah...

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Etios valco unggul segalanya,.desain etios khas mobil Eropa mirip vw polo

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus