BPPT Memakai Honda City untuk Riset Mobil CNG

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBPT) saat ini sedang berusaha mengembangkan mobil berbahan bakar gas atau CNG di Indonesia, hal ini disambut baik oleh salah satu perusahaan otomotif dengan menyumbangkan satu unit mobil berbahan bakar CNGnya. Honda pertama kali memperkenalkan mobil CNG pada tahun 2012 lalu di Thailand, mobil CNG ini memiliki kelebihan ramah lingkungan dan efisiensi BBM yang tinggi serta emisi yang rendah,
kemungkinan CNG dibuat bukan dari perut bumi juga terbuka lebar dibuat secara biologis dengan memanfaatkan bakteri penghasil gas (biogas) meskipun saat ini CNG masih diperoleh dari alam.
Mobil yang disumbangkan tersebut adalah Honda City CNG, pihak HPM sangat mendukung atas alternatif BPPT ini karena honda juga sudah siap dengan mobil berbahan bakar Gas ini jika pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan tentang mobil CNG.
Honda City CNG memakai mesin dengan kapasitar ruang bakar 1500 cc 4 silinder menggunakan teknologi i-VTEC SOHC, mampu menghasilkan tenaga 110 dk jika memakai CNG sedangkan jika memakai bensin mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sampai 118 dk pada putaran mesin 6600 Rpm. Torsi yang dihasilkan mobil ini adalah 126 Nm pada putaran mesin 4800 Rpm.
Honda City CNG ini ditambahkan beberapa perangkat yang berbeda dari honda City biasa yakni: high pressure pipping, ECU tambahan, Pressure regulator, injector tambahan, dan tangki gas dengan kapasitas 42 liter (tabung gas). berikut adalah penampakannya
Mobil berbahan bakar CNG menjadi sebuah pilihan/ alternatif jika harga BBM terus melambung sementara cadangan gas alam kita saat ini sangat banyak (semoga nantinya Indonesia bisa memanfaatkan cadangan gas alam untuk mobil). Pada prinsipnya mobil CNG sangat mirip dengan mobil berbahan bakar minyak yakni masih menggunakan piston sebagai sumber penggerak, tabung gas bisa ditempatkan pada tempat yang aman sebagai ganti tanki BBM. Dari tabung gas dialirkan menuju injektor yang akan digunakan sebagai pembakar untuk menggerakkan piston dan menjadi tenaga mekanis.
Saat ini BPPT telah mengembangkan beberapa mobil alternatif dengan bahan bakar selain bensin yakni mobil tenaga surya dan mobil tenaga baterai/ listrik, dengan sumbangan 1 unit mobil berarti bertambah pula alternatif mobil dengan bahan bakar selain BBM mengingat di luar negeri terutama di Eropa sudah jarang mobil menggunakan minyak sebagai gantinya mereka menggunakan mobil listrik (di jerman ada salah satu kota yang keseluruhan mobilnya adalah mobil listrik dan melarang mobil berbahan bakar minyak untuk menjaga lingkungan tetap bersih)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini