Suzuki Ciaz Kelebihan, Kekurangan dan Harga

Suzuki Ciaz adalah mobil jenis sedan yang dikatakan akan masuk Indonesia tahun 2015, mobil ini termasuk dalam sedan mid-size (sedan dengan ukuran sedang) dengan segmen pasar kelas atas (premium sedan). Meskipun mobil ini tergolong kecil baik dari segi ukuran (dimensi) maupun kapasitas mesin, akan tetapi Suzuki Ciaz memiliki banyak kelebihan terutama pada desain yang memperhitungkan berbagai aspek mulai keseimbangan mobil pada kecepatan tinggi, kekuatan menahan benturan, efisiensi bahan bakar sampai keseimbangan mobil saat bermanuver di tikungan.
Rencananya yang akan masuk Indonesia adalah Suzuki Ciaz bermesin bensin, sedangkan di luar negeri Suzuki Ciaz memiliki 2 pilihan mesin yakni bermesin bensin 1,4L dan yang bermesin diesel 1,3L. Sedangkan untuk tenaga yang dihasilkan oleh mobil ini yakni
Suzuki Ciaz bensin 1.4L : 92 BHP pada putaran mesin 6000 Rpm, torsi 130 Nm/ 4000 Rpm
Suzuki Ciaz diesel 1.3L : menghasilkan tenaga 88 BHP pada 4000 Rpm, dengan torsi 200 nm/ 1750 Rpm
Selanjutnya kita akan membahas Ciaz bensin saja, karena ini yang bakal masuk ke Indonesia.
Eksterior
Eksterior Suzuki Ciaz bisa dibilang berdesain sangat futuristik dengan lampu proyektor dan LED bagian depan yang menegaskan mobil ini lahir di era modern dengan teknologi pencahayaan yang terbaik, pada sekujur body Suzuki Ciaz terdapat baja sebagai rangka pengaman yang bermanfaat memperkuat body mobil. Rangkai baja ini selain berfungsi sebagai pelindung saat terjadi benturan juga dapat bermanfaat sebagai penstabil mobil saat melaju pada kecepatan tinggi yang digabungkan dengan desain lekuk aliran udara yang kuat pada bahu mobil, alhasil dengan mobil menjadi stabil.
Pada bagian depan juga dibenamkan beberapa fitur keselamatan misalnya lampu kabut, kenyamanan berkendara dalam merubah setting spin yang bisa dilakukan secara elektrik juga menjadi kelebihan sedan mungil ini.
Oh iya untuk dimensi eksterior Suzuki Ciaz adalah:
Panjang: 4490 mm
Lebar: 1730 mm
Tinggi: 1485 mm
Wheelbase: 2650 mm
Ground Clearance: 170 mm
Dari spesifikasi di atas terlihat yang menonjol adalah wheelbase yang cukup luas sehingga menyebabkan pengendalian mobil yang sangat stabil terutama saat menikung, hal ini memang diakui Suzuki Maruti bahwa mobil Ciaz sengaja didesain memiliki jarak sumbu roda yang panjang agar stabil saat menikung dan mudah dalam pengendalian mobil.
Ground clearance yang tidak terlalu pendek juga menjamin bahwa mobil ini cukup tangguh dalam melintasi jalan di indonesia yang memiliki karakter tidak terlalu bagus.
Interior
Interior atau bagian dalam kabin Suzuki Ciaz memiliki ruangan yang nyaman, memiliki ruang kaki yang luas, ruang kepala dan bahu yang luas. Peletakan kursi pengemudi yang cenderung lebih kedepan dibanding mobil lain membuat visibilitas penumpang semakin baik, sementara pandangan driver juga semakin leluasa.
Dari segi ornamen yang menempel pada bagian dalam kabin Suzuki Cias ini tergolong sederhana fiturnya, memiliki layar LED yang bisa dikoneksikan dengan perangkat audio video misalnya Smartphone, GPS, kamera parkir, dll.
Smart Key Immobilizer memberikan pengamanan yang mumpuni pada mobil, dengan fitur ini mobil tidak bisa dibandrek/ diduplikasi kuncinya/ dipaksa dibuka karena untuk membuka pintu harus menggunakan kunci asli yang memancarkan sinyal radio unik, sedangkan jika berhasil masuk untuk menghidupkan mesinnya juga harus memakai kunci asli yang memancarkan sinyal pertanda keaslian kunci. Tombol start stop engine menambah sporty mobil ini, dimana pengemudi tidak perlu memegang kunci (kunci tetap di saku) pengemudi tinggal menekan tombol start maka mesin sudah bisa hidup.
Pada bagian lingkar kemudi juga sudah dibenami steering wheel untuk mengendalikan sistem audio/ video yang melekat pada dashboard, pada kursi belakang juga disediakan arm rest untuk menunjang kenyamanan penumpang.
Mesin
Mesin Suzuki Ciaz bensin menggunakan mesin 1373 cc, 4 silinder segaris 16 katup. Mesin mobil ini menghasilkan tenaga sebesar 92 Bhp (tenaga murni yang dihasilkan oleh mesin), jika sudah masuk ke roda dan ke aspal kemungkinan bisa lebih kecil lagi. ya sekitar 88 Ps masih bisa (setara honda brio). Konsumsi BBM mobil ini termasuk irit yakni 20,7 km untuk 1 liter pertamax (1:20) tentunya untuk jalan bebas hambatan, untuk jalan kota kemungkinan 1:12.
Transmisi Suzuki Ciaz ini terbagi menjadi 2 yakni yang bertransmisi manual menggunakan 5 kecepatan, sedangkan transmisi matic 4 kecepatan.
Keselamatan/ Safety
Berbagai teknologi yang mendukung keselamatan penumpang antara lain:
* Dibenamkannya sensor parkir dan kamera parkir sekaligus sehingga memudahkan pengemudi dalam mengendalikan mobil terutama saat berjalan mundur/ parkir
* Rem ABS dan EBD yang memastikan mobil tidak selip saat di rem secara spontan
* Dual airbags pada bagian depan
* Sabuk pengaman dengan tensioner
* Struktur rangka baja yang memperkuat bodi mobil, meratakan benturan.
Harga
untuk harga Suzuki Ciaz akan kami update saat mobil ini sudah masuk Indonesia dan diumumkan oleh pihak suzuki Indonesia.
Sampai saat ini (Agustus 2015) pihak Suzuki Indomobil Sales masih belum mengumumkan harga jualnya, mobil ini baru bisa ditentukan harganya mendekati bulan November 2015, "sekarang kami masih menghitung harganya" ujar manager marketing Suzuki Indomobil Sales di IIMS kemarin.
meskipun belum dipatok harganya akan tetapi pihak suzuki berjanji kalau harganya bakal sesuai dengan daya beli masyarakat indonesia (murah), sedangkan saat ini suzuki Ciaz sudah bisa dipesan dengan menyetorkan uang 5 juta rupiah sebagai tanda jadi yang pengirimannya dilakukan bulan November 2015.
Update Harga Suzuki Ciaz Bulan November 2015
Nag sesuai janji kami bahwa pada bulan November 2015 kami akan mengupdate harga suzuki ciaz setelah diumumkan oleh pihak Suzuki. Suzuki Ciaz ternyata hanya ada 2 varian saja yakni Suzuki Ciaz Matic dan Suzuki Ciaz Manual. Suzuki Ciaz transmisi otomatis (matic) dijual dengan harga Rp. 285 Juta Rupiah sedangkan Suzuki Ciaz transmisi manual dijual dengan harga 275 juta Rupiah. Harga ini cukup murah untuk mobil kelas sedan dengan kualitas yang dibawanya :-)
Kelebihan dan kekurangan
Suzuki Ciaz memiliki kelebihan pada:
* Handling yang stabil dan nyaman
* Konsumsi BBM yang irit
* Ruangan kabin yang nyaman
Sementara kekurangan Suzuki Ciaz:
* Tenaga mobil yang terbilang kecil dibawah 90 Ps
Pesaing ketat Suzuki Ciaz adalah Honda City

8 komentar:

  1. Suzuki ciaz dari interior luar dan dalam jiplak plek Mobil Toyota vios th 2012 an keatas. Parah

    BalasHapus
  2. Suzuki ciaz interior dalam dan luar sama persis sama Toyota vios thun 2010 s.d. 2014

    BalasHapus
  3. Njuk ngopo tong? Emang kalo ga njiplak, ente mampu beli??

    BalasHapus
  4. desain eksteriornya sangat berbeda bila dibandingin dengan baleno dan interior ny mewah

    BalasHapus
  5. Apik men ki, baleno tuo ku di ijolke jek kurang akeh, tombok katok yo ra nutup blasss....
    Kere hore wae lah...haha

    BalasHapus
  6. udah coba pegang2 dan raba2 bikin pengen naikin

    BalasHapus
  7. Terang aja Imam Setiadi baru 17 Tahun Pak. Boten ngertos sing njelimete wong urip.

    BalasHapus