Tips Menghilangkan Karat pada Mobil

Menghilangkan karat pada mobil prinsipnya sama dengan menghilangkan karat pada logam/ benda-benda di rumah kita. Berbagai cara bisa digunakan seperti digosok menggunakan cuka, menggunakan air soda (seperti coca cola), menggunakan air jeruk nipis, gunakan soda kue, thinner, sampai perontok karat yang bisa dibeli di toserba atau bengkel car care mobil.
Bedanya jika membersihkan karat pada alat-alat rumah tangga seperti gunting atau pisau kita banyak menggunakan bahan-bahan rumah tangga pula seperti jeruk nipis/ soda kue/ asam klorida/ coca cola / detergen / yang lain, akan tetapi untuk mobil banyak bengkel membersihkan karat dengan cara pengikisan mekanis yakni menggosok dengan kertas gosok halus ukuran 150 ataupun memakai bahan kimia penghilang karat yang aman digunakan pada cat mobil.
Karat pada Eksterior Mobil
Prinsip pembersihan karat ini adalah menggosok dengan menggunakan asam sebagai pelarut/ perontok karat seperti yang disebutkan di atas, pada mobil lebih banyak dilakukan abrasi mekanik yakni dengan menggosok karat sampai habis kemudian bisa di cat atau diberi pelindung anti karat (cairan anti karat)
Berikut ini adalah cara menghilangkan karat pada mobil dengan alat-alat yang sederhana:
* Siapkan alat dan bahan: Kertas gosok halus ukuran 150 dan kertas gosok kasar ukuran 400, sikat, lap, cairan pembersih karat (dibeli di bengkel mobil), air, detergen, pelindung karat
1. Bersihkan dengan air dan detergen, gosok bagian yang berkarat dengan kertas gosok kasar sampai terlihat bersih (logam mengkilat) menggunakan air dengan campuran detergen lalu bilas
2. gosok dengan kertas gosok halus agar pekerjaan semakin detail dan seksama (benar-benar bersih)
3. gunakan air yang asam untuk membersihkan karat seperti Jeruk nipis, cuka, HCL. Jika memiliki pembersih karat juga bisa digunakan pada tahap ke 3 ini. kemudian bilas dan keringkan
4. Memberikan perlindungan dari karat yakni dengan cara: melakukan pengecatan (pada bodi mobil), dilumuri cairan pelindung karat (banyak di bengkel) yang biasanya digunakan untuk melindungi bagian kolong mobil/ spakbor mobil/ engsel pintu mobil/ lain-lain.
Karat pada interior
biasanya terjadi pada baut-baut atau mur atau logam lain yang terdapat di dalam mobil, cara menghilangkannya cukup mudah yakni menggosok karat dengan bahan asam (cuka/ jeruk nipis) dan alat kain. Jika yang berkarat cukup kecil maka bisa pecinta otomotif merendam barang yang akan dibersihkan pada cairan-cairan di atas selama 10 menit atau lebih,setelah direndam bisa digosok dengan zatzat asam tersebut, jika yang berkarat besar maka bisa digosok dengan kain dan sikat gigi.

Oke selamat mencoba, dan jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu. 

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini