GPS Navigasi Vs Smartphone Android

GPS Navigasi sempat menjadi fitur unggulan pada mobil beberapa tahun lalu dimana orang beramai-ramai memasang GPS navigasi pada mobilnya, sampai-sampai rela mengeluarkan dana bulanan untuk langganan/ mengupdate peta. Maraknya GPS Navigasi pada mobil rupanya tidak berlangsung lama dimana selang 3 tahun saja fungsi GPS navigasi sudah bisa digantikan oleh Ponsel/ Smartphone dengan harga yang hampir sama dengan membeli GPS.
Tren penurunan minat konsumen terhadap GPS navigasi dan lebih menggantinya dengan smartphone adalah pada pertengahan 2013 "ujar salah satu manager pemasaran GPS navigasi di Indonesia", penurunan ini disebabkan fitur yang hampir sama akan tetapi lebih praktis dan multifungsi karena selain berfungsi sebagai GPS juga bisa berfungsi sebagai telepon atau akses internet.
Smartphone yang bisa digunakan tentunya smartphone yang memiliki fitur GPS atau AGPS (direkomendasikan yang GPS karena tidak memotong pulsa). Untuk HP nokia sebenarnya fitur GPS telah ada sejak jaman aplikasi simbian akan tetapi kualitasnya tidak begitu baik, akan tetapi sejak nokia meluncurna Nokia Lumia fitur GPSnya sudah sangat baik yang berkemampuan setara dengan GPS Navigasi asli.
Kebanyakan Smartphone yang digunakan sekarang adalah yang menggunakan sistem operasi android (berbasis android), pabrikan smartphone yang menggunakan android juga beragam mulai brand terkenal seperti samsung, sony, nokia sampai brand yang kurang populer seperti cross, mito atau yang lain. Hampir semua smartphone ini sekarang bisa dijadikan GPS navigasi dengan hanya mendownload peta yang disediakan oleh playstore/ apstore secara gratis.
Sementara GPS navigasi mengalami penurunan jumlah pengguna, GPS Tracker mulai banyak yang meminati (penjual GPS sekarang banyak yang beralih ke GPS Tracker). GPS tracker banyak diminati oleh perusahaan seperti armada taksi, rental, distributor barang, bahkan perseorangan.
GPS tracker ini juga beragam tujuannya misalnya:
* rental mobil : untuk mengecek keberadaan mobilnya dan mencarinya jika mobil dicuri
* taksi : mencari posisi mobil terdekat
* distributor barang: untuk mengetahui posisi sales
* perseorangan: untuk mengetahui keberadaan mobil jika dicuri
Pada intinya GPS tracker memang digunakan untuk melacak posisi mobil, dan GPS tipe inilah yang masih belum bisa digantikan oleh smartphone yang otomatis menjadi pasar tersendiri untuk penyedia GPS mobil.
baca juga tentang:
1. Cara penggunaan fitur GPS pada mobil
2. Tentang GPS Tracker atau GPS Pelacak

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini