Spesifikasi Suzuki Hustler SUV Mini

Suzuki Hustler merupakan mobil berjenis SUV (mini SUV) yang kemungkinan bakal keluar tahun 2015 di Indonesia, mengingat mobil ini sudah dipamerkan di IIMS 2014 dan telah menjadi pertimbangan pihak Suzuki Indonesia untuk menghadirkan mobil ini di pasar tanah air tahun depan.
Suzuki Hustler juga sering digolongkan dalam jenis Crossover yakni perpaduan 2 jenis mobil atau lebih,

www.mobilku.org melihat Hustler selain sebagai SUV mini juga bisa dikategorikan sebagai Crossover antara mobil microbus dengan mobil SUV mini. Penggabungan dua karakter mobil ini terlihat dari desain kabin yang dimaksimalkan untuk membawa barang atau penumpang (karakter mobil microbus seperti Suzuki Carry) yang digabungkan dengan mobil jenis SUV (terlihat dari ketangguhan kaki-kaki mobil mulai dari ban sampai desain spakbor).
Desain Eksterior
Desain Suzuki Hustler termasuk unik untuk mobil jaman sekarang, membawa konsep mobil klasik pada bagian depan dan belakang mobil mulai kap, headlamp, body samping, atap sampai bagian belakang. Praktis yang terlihat modern pada mobil ini adalah bagian kaki-kaki (ban dan velg), kemudian desain spakbor dan bumper depan belakang mengambil karakter mobil SUV (sehingga terlihat cukup gagah saat kita melihat bagian kaki-kaki mobil). 80-90 % desain eksterior mobil ini mengadopsi gaya klasik, sedangkan sisanya mencoba membenamkan desain SUV untuk memperkuat karakter mobil ini sebagai mobil crossover Microbus dan SUV.
menurut www.mobilku.org desain seperti ini (klasik) kurang efektif untuk mendukung handling mobil terutama saat mobil melaju pada kecepatan yang cukup tinggi, akan tetapi memiliki keunggulan pada kemampuan daya muat barang (bisa memuat banyak barang dalam kabin). Jadi mungkin nanti ketika mencoba mobil ini agak kurang nyaman dalam handling itu wajar karena mobil ini memang lebih ditujukan untuk membawa banyak barang bawaan (bukan cepat-cepatan) dengan medan yang cukup bervariasi sampai offroad ringan (jalan tanah).
Pada bagian depan meskipun headlamp tidak tampil garang akan tetapi ketika kita sedikit menurunkan mata maka akan terlihat 2 foglam (lampu pemecah kabut) mungil yang disematkan pada bumper (di bawah headlamp), jadi jangan khawatir kurang cahaya sinar karena 2 lampu kabut kecil itu cukup bisa menerangi pada keadaan cuaca ekstrim seperti hujan lebat dan turunnya kabut.
Mobil berdimensi panjang 3395 mm, lebar 1475 mm dan tinggi 1665 mm pertama kali dijual di Jepang bulan januari 2014 (tahun ini) dan telah menjadi yang terlaris untuk segmen mobil mini di negara sakura tersebut, sayangnya di Indonesia segmen mobil mini masih belum terbentuk.
Desain Interior
Dari jumlah seat (4 kursi) yang ada dalam kabin maka dapat diasumsikan bahwa mobil ini memang berkapasitas penumpang 4 orang dewasa, akan tetapi mungkin jika ingin berdesak-desakan bisa untuk 5 orang (3 orang pada kursi baris ke dua), sebagai catatan bahwa hustler hanya memiliki 2 baris kursi saja yang masing-masing baris terdiri dari dua kursi. Kelebihan desain kabin Suzuki Hustler adalah pada tingginya atap kabin sehingga ruang kosong di kepala cukup besar dan lebih nyaman dikendarai untuk waktu yang relatif lama.
Pada dashboard Suzuki Hustler cukup menarik karena mengusung konsep futuristik minimalis, sedikit ornamen tapi ornamen yang ada ini futuristik (untuk mobil dalam kelas yang sama), sebut saja mobil ini sudah dilengkapi dengan MID LED untuk mengontrol aktifitas di dalam mobil seperti menyalakan musik dan AC.
Layar LED yang diletakkan persis di tengan dashboad akan memudahkan penumpang untuk menikmati fasilitas layar monitor ini seperti MP4 atai gambar digital lain).
Desain futuristik juga terlihat pada lubang AC yang membulat sehingga akan memudahkan bagi orang yang belum masuk mobil ini dalam pengoperasiannya. Nah pada tuas transmisi juga cukup unik terutama untuk Hustler yang memakai transmisi matic (CVT) dimana tuas transmisi seperti ditanamkan pada dashboard. Posisi Tuas transmisi seperti ini biasanya digunakan untuk mengakali ruang kabin yang sempit, tujuan yang kedua adalah untuk memudahkan driver dalam memindah posisikan sistem transmisi.
Pada bagian belakang mobil ini juga unik dimana pintu belakang bisa dibuka dengan cara menarik ke atas sehingga membentuk seperti atap, dan jika perlu pecinta otomotif bisa menambahkan tenda untuk melindungi bagian mobil yang tidak tercover pintu belakang.
Mesin dan Spesifikasi Hustler
Suzuki Hustler dibekali mesin dengan 3 silinder berkapasitas 658 cc, mesin yang termasuk kecil ini bisa menghasilkan tenaga maksimum sekitar 52 Hp, cukup kecil sebagai mobil SUV apa lagi dibandingkan SUV kebanyakan yang biasanya tenaganya lebih dari 120 Hp. Sedangkan torsi maksimum Suzuki Hustler bisa menyentuh angka 63 Nm pada putaran mesin 4000 Rpm
Jujur kami menganggap mesin seperti ini sangat kurang, apa lagi sebagai mobil SUV/ crossover yang umumnya di Indonesia memakai mesin yang lumayan bertenaga.
Mobil ini ada dibekali penggerak 4x4 sehingga cukup tangguh merayap meskipun mesinnya memang kami rasa kurang (3 silinder dan hanya bertenaga 52 Hp saja), akan tetapi untuk kecepatan dan akselerasi hehehe jangan berharap banyak pada mobil satu ini ya :-)
Kelebihan mobil ini handal di medan perkotaan dan offroad ringan. Sampai saat ini di negara sakura asal mobil ini diproduksi mesin sudah dimodifikasi dengan penambahan turbo yang menambah kemampuan mesin sampai 64 Hp dan dibekali dengan penggerak 4x4.
Harga
Suzuki Hustler dijual dengan harga 120 jutaan di Jepang, untuk di Indonesia kita masih belum mengetahuinya bisa lebih mahal atau sama atau bahkan bisa lebih murah mengingat pajak mobil di jepang juga tergolong tinggi. kami perkirakan harganya sekitar 120 jutaan sama dengan yang di jepang
Pasar Mobil
Di negara asalnya Suzuki Hustler banyak dibeli oleh kaum muda perkotaan yang menginginkan mobil irit bisa masuk jalanan kecil tapi mampu memuat barang yang cukup terutama ketika dibutuhkan untuk membawa peralatan olahraga maupun peralatan outdoor seperti tenda, mobil ini telah memberi warna baru sebagai gaya hidup perkotaan yang dinamis di kota maupun saat melakukan travelling.

2 komentar:

  1. mohon kepada dealer suzuki di tanah air, supaya menghadirkan mobil suzuku HUSTLER ya,,so sy naksir tu

    BalasHapus
  2. Kpd dialer mobil suzuki di tanah air,,supaya hadizuki Hustler ya,so aye pengen tu punya..

    BalasHapus