Ford All New Eco Sport Review dan Spesifikasi

All New Ecosport adalah mobil jenis SUV yang tangguh akan tetapi memiliki desain yang kompak (kecil) jika dibandingkan dengan SUV kebanyakan, mobil ini memang didesain untuk keluarga kecil yang tinggal di perkotaan atau pinggiran kota.
Desain body yang tidak terlalu besar ini memudahkan pengemudi untuk memasuki jalan-jalan sempit perkotaan, desain ground clearance tinggi membuat pecinta otomotif leluasa melewati jalanan yang berkontur kurang rata ataupun jalanan rusak (diklaim menggunakan desain city car).
Selain itu pada desain ekterior All New Ford Eco Sport ini diklaim telah diperhitungkan sampai sedetail mungkin sehingga sangat minim hambatan (terutama gesekan dengan angin saat melaju), detail desain mobil ini (dari atas sampai bawah) memudahkan aliran udara dari depan ke belakang, teknologi low friction ini lebih dimaksudkan untuk menghemat bahan bakar (karena lebih mudah menerobos hambatan berupa angin)
Posisi Duduk Tinggi
Ford All New Eco Sport memiliki posisi duduk yang tinggi dimana hal ini disebabkan pula karena ground clearance mobil yang lumayan tinggi sekitar 20 cm, posisi duduk tinggi ini selain menyenangkan penumpang karena bisa melihat pemandangan lebih leluasa juga bisa memudahkan pengemudi dalam melihat kondisi jalan (lebih leluasa) sehingga lebih mudah mengendalikan mobil.
Sunroof
All New Ford Ecosport ini juga dilengkapi sunroof (untuk tipe tertinggi) yang berfungsi untuk menikmati pemandangan dari atap mobil, sunroof ini juga berfungsi untuk memasukkan udara dari atap mobil jika diperlukan dan biasanya anak-anak biasa mengeluarkan anggota badannya seperti tangan bahkan kepala untuk merasakan udara di luar mobil.
Peredam Suara Kabin
Peredam suara All New Eco sport ini di klaim paling senyap di kelasnya (mobil dengan harga 200 jutaan), hal ini sangat penting bagi Ford Ecosport karena mobil ini nantinya bisa banyak digunakan untuk beraktifitas di perkotaan yang sangat bising meskipun mobil ini sangat mumpuni untuk dipacu pada jalanan pedesaan. Kabin yang senyap akan sangat mendukung kenyamanan dalam berkendara
Fitur Hill Launch Assist
Fitur ini berfungsi sebagai anti mundur saat mobil berada di tanjakan, hal ini sangat penting misalnya mobil tiba-tiba mogok atau mobil berada pada jalan tanjakan yang kebetulan macet seperti di puncak. Fitur Hill Launch Assist ini bekerja dengan menahan rem (beberapa detik) saat kaki pengemudi memindahkan dari pedal rem ke pedal gas (memberikan waktu pada pengemudi), fitur ini bisa bekerja pada tanjakan atau turunan. Hill Launch Assist ini termasuk kelebihan dari Ecosport karena fitur ini tidak terdapat pada mobil lain yang sekelas (terutama di Indonesia)
Sistem Audio dan Telepon
Sistem audio Ford All New Ecosport ini terbilang canggih karena selain bisa dikoneksikan dengan smartphone, untuk mengganti lagu bisa dilakukan dengan suara ataupun memencet tombol pada lingkar kemudi (audio switch).
Untuk menjawab telepon saat sistem audio dikoneksikan dengan smartphone All New Eco Sport ini juga sangat nyaman yakni tinggal memencet tombol pada lingkar kemudi atau menggunakan suara maka panggilan telepon bisa terjawab
Keyless Entry
Fitur ini sebagai perangkat keamanan dan kenyamanan dimana untuk membuka atau menutup pintu mobil harus menggunakan kunci asli yang memancarkan gelombang/ sinyal (radio) tertentu, saat pengemudi mendekat pada mobil maka secara otomatis mobil akan terbuka kuncinya dan pintu bisa dibuka. Begitu pula saat menghidupkan mesin karena hanya pemegang kunci asli yang bisa menghidupkan mesin, mesin bisa hidup jika ada sinyal yang dipancarkan oleh kontak mobil asli.
All New Eco Sport ini juga dilengkapi dengan fitur push button start yakni tombol untuk menghidupkan mesin, jadi misalnya kunci pecinta otomotif terselip dalam tas maka tidak perlu mengambilnya, cukup tekan tombol push button start maka mesin mobil bisa hidup
Cooled GloveBox
Merupakan lemari pendingin mini (bukan freezer), dengan menempatkan softdrink pada cooled glovebox maka minuman bisa menjadi dingin dan segar. Cooled glove box ini sangat cocok untuk softdrink dalam kaleng atau dalam botol, selain itu cooled glovebox ini juga bisa digunakan untuk mendinginkan makanan.
Traction Control dan ESP
All New Ford Eco Sport ini dibekali dengan teknologi kontrol traksi yang bisa mencengkeram aspal dengan sangat baik (anti selip), TC (traction control) ini sangat mumpuni saat digunakan pada tikungan. Cara kerjanya adalah saat menikung dan melakukan pengereman maka salah satu ban belakang akan mengerem (ban sebelah dalam tikungan) sehingga mobil akan jauh lebih mudah berbelok (kebanyakan mobil tidak bisa mengerem pada salah satu sisi ban saja).
ESP (Electronic Stability Program) sebuah program komputer yang mendeteksi adanya selip pada ban, jika terjadi selim dalam sepersekian detik maka rem akan dilepaskan dan setelah tidak selip akan di rem lagi. Melepaskan rem ini berlangsung dalam waktu yang sangat cepat dan berulang-ulang sampai-sampai kita sebagai pengemudi tidak merasa jika ada lepas gigit rem ini.
Dual Airbags
Mobil ini dilengkapi dengan 2 airbag, yakni 1 arbag pada bagian pengemudi sedangkan 1 lagi pada penumpang yang di depan. Lumayan
Rem ABS dan EBD
Teknologi rem mobbil ini sudah menggunakan ABS, yakni sistem rem yang menjamin rem tidak akan terkunci meskipun pengemudi menginjak pedal rem secara mendadak (tiba-tiba) dengan injakan yang dalam (spontan). Nah aman bukan :-) sistem komputer akan mendeteksi adanya selip pada ban dan melepaskan cengkraman kampas rem pada cakram sehingga mobil tidak akan tergelincir apa lagi rem terkunci.
Sementara teknologi rem EBD adalah pembagian beban rem yang proporsional pada ke 4 rodanya (tidak sama antar masing-masing rodanya)
Mesin dan Performa
All New Eco Sport dibekali dengan mesin berkapasitas silinder 1500 cc dengan jumlah silinder 4 dan katup 16 (16 valve), mampu mengeluarkan tenaga 110 Ps pada putaran mesin 6050 Rpm, mampu memberikan torsi maksimum 142 Nm pada putaran mesin 4500 Rpm.
Untuk mesin mobil ini kami rasa bisa saja, karena jika dibandingkan dengan power honda jazz masih kalah. Jika All New Eco Sport dapat menyemburkan tenaga sampai 110 Ps maka Honda Jazz bisa mengeluarkan tenaga sampai 120 Ps.
Mesin menggunakan bahan bakar bensin tanpa timbal dengan sistem pasokan bahan bakar berteknologi EFI (Electric Fuel Injection) atau sering disebut injeksi, tenaga yang dihasilkan akan disalurkan ke kedua roda depan, sementara sistem transmisi mobil ini ada yang manual dan ada yang matic
Harga All New Eco Sport
Harga varian termurah All New Eco Sport ini tidak sampai 200 juta rupiah, yakni 197,9 juta rupiah, sementara harga varian termahal adalah 249 juta rupiah. Berikut ini adalah varian ecosport dan harganya:

sumber: www.mobilku.org

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini