Tips Merawat Sunroof Mobil Tetap Nyaman

Sunroof mobil merupakan fitur diatas kabin mobil yang digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar dari atas mobil. Sunroof ini biasanya terbuat dari kaca hitam/ tembus pandang yang bisa di buka atau tutup untuk memasukkan udara ke dalam mobil atau untuk sekedar melihat alam sekitar dengan sedikit mengeluarkan kepala (harus hati-hati). Fitur sunroof ini sekarang semakin digemari dan banyak dijumpai pada mobil-mobil kelas menengah atas, meskipun pada mobil-mobil low end juga kadang tersedia fitur ini.
Sunroof pada dasarnya didesain tahan lama sesuai umur mobil sehingga cukup awet, akan tetapi perlakuan yang kurang tepat oleh pemilik mobil kadang-kadang dapat mengganggu fungsi sunroof seperti kurang rapat dalam menutup, karet menjadi keras, sulit untuk membuka tutup, adanya kebocoran terutama saat hujan, dan lain-lain. Istilahnya Sunroof yang didesain free maintenance bukan berarti tidak butuh perawatan sama sekali, untuk menjaga fungsi sunroof mobil tetap baik maka harus dilakukan perawatan secara rutin paling tidak sebulan sekali.
Berikut adalah cara merawat Sunroof
* Buka tutup sunroof minimal sebulan sekali, paling tidak pecinta otomotif harus melakukan buka tutup sunroof dengan menekan tombol buka tutup sunroof sebulan sekali untuk menggerakkan gigi serta part-part lain agar tetap terjaga. Sama dengan mobil jika tidak dipanasi/ digunakan dalam waktu yang cukup lama maka bisa terjadi kerusakan.
* Membersihkan karet-karet, bisa dilakukan dengan lap basah untuk menyeka debu dan kotoran (kerak yang melekat pada karet-karet) terutama pada ujung-ujung karet. Yang menjadi masalah biasanya dedaunan yang getahnya menempel pada karet sehingga mengeras dan merusak elastisitas karet, bersihkan paling tidak sebulan sekali
* Periksa Rel dan Jalur Air, pastikan rel bersih dari debu dan kotoran yang bisa menghambat proses buka-tutup sunroof ini (bersihkan rel dengan lap/ sikat halus/ kuas dan air). Jalur air juga harus diperiksa jangan sampai ada kotoran yang menyumbat jalur air karena jika ada air tergenang maka bisa menimbulkan lumpur (penumpukan debu) dan karat.
* Gunakan Silikon Spray untuk menyemprot karet-karet, silikon semprot ini bisa menjaga elastisitas karet agar tidak mudah getas (keras/ rusak). Terutama jika pecinta otomotif sering menjemur mobil atau berada pada suhu yang panas seperti Jakarta atau Surabaya maka penyemprotan silikon spray ini menjadi lebih penting.
Sedangkan untuk menjaga agar kondisi sunroof tetap terjaga, letakkan mobil pada tempat yang baik yakni:
1. memarkir mobil di tempat yang teduh
2. menghindari tempat-tempat yang banyak debu
3. menghindari parkir di bawah pohon yang daunnya sedang rontok (banyak getah bersama daun)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini