Cara mengatasi kunci elektrik mobil macet

www.mobilku.org - Kunci elektrik mobil atau lebih dikenal dengan Smart Key adalah fitur keamanan pada mobil-mobil baru yang mampu mencegah pencurian mobil, untuk membuka pintu mobil pecinta otomotif tidak perlu lagi menggunakan kunci konvensional akan tetapi cukup mendekatkan remote pada mobil dan menekan handle door maka pintu mobil bisa terbuka.
Begitu pula saat menyalakan mesin, smart key bertugas sebagai remote dimana mesin hanya bisa dihidupkan oleh orang yang membawa remote ini dan menekan tombol start/stop pada dashboard mobil, sehingga meskipun seseorang sudah berada di dalam mobil akan tetapi tanpa memegang remote tersebut maka mesin mobil tidak akan bisa hidup.
Sampai saat ini kunci elektrik ini tidak bisa diduplikasikan, karena untuk membuatnya harus membawa mobil ke bengkel resmi produsen mobil tersebut dan setiap remote memiliki kode yang unik berbeda dengan mobil lain.
Kunci Elekrik Macet
Fakta dilapangan smart key kadang-kadang tidak berfungsi atau macet, hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab misalnya pancaran dari gelombang lain yang mengganggu frekwensi dari kunci elektrik, baterai smart key habis, rusaknya rolling code ataupun mungkin kerusakan remote tersebut misalnya akibat terjatuh atau yang lain-lain dimana berakibat pada tidak dapat digunakannya fitur kunci elektris ini.
Kasus paling sering terjadi adalah 3 hal di atas yakni: gelombang terganggu, baterai habis dan rusaknya rolling code.
Gelombang BTS Mengganggu Kunci Elektrik
Kunci elektrik memancarkan/ memiliki gelombang tertentu untuk memerintahkan membuka pintu atau menghidupkan mesin, pada kasus-kasus tertentu gelombang smart key memiliki frekwensi yang sama dengan gelombang dari BTS atau tower.
Memarkir mobil disekitar tower atau BTS bisa memicu macetnya kunci elektrik ini, jika pecinta otomotif mengalami kejadian ini maka tidak perlu khawatir karena pecinta otomotif bisa mendekatkan remote (smart key) pada penerima sinyal (dalam mobil), lokasi penerima sinya ini tidak sama untuk berbagai model/ produk mobil akan tetapi kebanyakan diletakkan di pilar sebelah kanan belakang (dekatkan remote pada pilar ini). Untuk mengetahui lokasi persis penerima sinyal remote ini pecinta otomotif bisa melihat buku manual mobil atau menanyakan pada teknisi service resmi.
Setelah pecinta otomotif bisa memasuki mobil, kadang-kadang masih mengalami kesulitan dalam menghidupkan mesin (saat menekan tombol start/ stop), hal ini masih terkait dengan gangguan sinya tadi. Solusinya adalah mendekatkan remote smart key pada tombol start stop dan menekan tombol start stop. Tombol start stop yang mengidentifikasi sinyal remote akan menunjukkan warna hijau yang siap ditekan untuk menghidupkan mesin, tombol ini lokasinya biasanya di dashboard mobil.
Baterai Kunci Elektrik Habis
Seperti halnya remote pada umumnya yang menggunakan tenaga baterai untuk memancarkan sinyal/ gelombang maka smart key juga menggunakan baterai untuk memancarkan gelombang, kebanyakan baterai smart key mobil tidak bisa bertahan lebih dari 3 tahun akan tetapi juga tergantung pengguna juga seberapa sering menggunakan fitur ini (semakin sering buka tutup mobil) maka semakin cepat baterai habis.
Tidak jarang dalam waktu 1 tahun baterai sudah menunjukkan tanda-tanda habis/ minta diganti, baterai yang habis ini biasanya ditandai dengan:
- melambatnya respon ketika kita membuka pintu mobil/ menghidupkan mesin
- lampu pada remote (smart key) semakin lemah.
Penggantian baterai ini cukup mudah karena pecinta otomotif tinggal mengganti baterainya saja, ambil baterainya dan belikan di toko elektronik (bentuknya seperti baterai jam tangan), pilihnya baterai yang benar-benar berkualitas (mahal gak papa) karena pengalaman admin mengganti dengan baterai yang murahan cuman bertahan 3 hari sudah habis lagi.
Rolling Code Rusak
Rolling code merupakan piranti pengirim sinyal (gelombang) yang ada pada remote smart key, Rolling code ini biasanya bertahan selama 5 tahun (rata-rata) dan harus diganti jika rusak. Penggantian rolling code ini bisa dilakukan di bengkel resmi mobil tersebut, biaya penggantian rolling code ini sekitar 1 juta rupiah (saat artikel ini ditulis tahun 2014) kemungkinan semakin tahun juga akan semakin mahal.
Manfaatkan Kunci Darurat
Di dalam smart key biasanya terdapat kunci darurat yang bisa dilepas dan digunakan untuk menggantikan smart key, di dalam kunci darurat tersebut terdapat chip yang berfungsi untuk mengaktifkan immobilizer. Sebelum menggunakan kunci darurat ini lepaskanlah kabel klakson karena menggunakan kunci darurat bisa memicu berbunyinya alarm. Kunci darurat ini bisa digunakan misalnya jika terjadi kerusakan fisik pada remote misalnya terndam air atau remuk terlindas mobil atau yang lain-lain.

1 komentar:

  1. Kemungkinan macetnya remote key salah satunya, ausnya penyambung arus dibawah karet tekan remote tsb. Ada semacam plastik cekung yg tengahnya dilapis semacam karbon utk penyambung arus, yg umurnya 5th an.ini pernah terjadi di mobil saya.buka alat remote ambil plastik ug ada cekungannya yg karbonya aus, saya akali diganti tempelan kertas aluminium yg biasa utk tambal panci, sy bentuk pakai sedotan aqua gelas kmd digunting dan dilem dgn lem fox. Ternyata ternyata berhasil, selamat mencoba bila itu masalahnya. Salam.

    BalasHapus