Toyota Fortuner 2.5G 4x4 Diesel Spesifikasi Harga dan Keunggulan

Toyota Fortuner 4x4 Diesel merupakan varian terbaru Fortuner tahun 2014, mobil fortuner 4x4 ini memakai mesin berkapasitas 2500 cc dengan bahan bakar diesel dan sistem penggerak 4 roda. Harga Toyota Fortuner Diesel 4x4 ini termasuk murah karena masih berada di bawah Fortuner 2700 cc bensin yang dibandrol 515 juta rupiah, varian Fortuner Diesel 4wd ini hanya dijual 480.000.000 rupiah :-) murah bukan :-) mari kita bahas spesifikasi dan keunggulan toyota fortuner 4x4 diesel ini lebih lengkap (nanti pembaca komen ya).
Eksterior
Toyota fortuner diesel 4x4 ini eksteriornya tidak berbeda dengan toyota fortuner varian yang lain (sama persis) baik dari segi dimensinya (panjang x lebar x tinggi), berikut dimensi mobil berpenggerak 4 roda ini:
Panjang : 4705 mm
Lebar : 1840 mm
Tinggi 1850 mm
Jarak sumbu roda : 2750 mm
Radius putar mobil : 5900 mm
Tampilan luar mobil ini terlihat kokoh dengan velg aloy sewarna dengan body dan ban dengan grip yang cukup kasar siapapun yang melihat dengan mudah menebak mobil ini digunakan untuk meda-medan offroad, pada bagian atas kap depan masih mempertahankan lubang angin pendingin mesin yang semakin menambah garang mobil ini (secara fungsi dan secara tampilan).
Pada bagian depan yang terlihat mencolok adalah headlamp dan foglamp, rupanya toyota fortuner 4x4 diesel ini benar-benar menginginkan mobil yang mumpuni (berkemampuan hebat) dalam melintasi alam, lampu utama yang tidak biasa (headlamp berdesain 4x4) ini dibuat menyerupai lampu mobil offroad yang mampu menerangi jalan dengan maksimal, sedangkan lampu kabut yang cukup besar dengan aksen chrome menambah penerangan luar biasa pada Fortuner 4x4 ini saat melintasi alam pada malam hari (outbond dan pegunungan)
Warna dominan mobil ini adalah abu-abu (gray) dan warna chrome (logam), kedua karakter warna kuat ini digabungkan sehingga mengesankan mobil offroad yang tangguh, bertenaga dan kuat (seperti warna logam).
Hampir keseluruhan ornamen dibuat sewarna dengan warna pada body mobil mulai dari bumper, rumah lampu, ban, spion, velg, grill, handle door. Praktis hanya lampu yang berbeda warna yakni bening, warna ornamen yang sama ini dapat mengesankan mobil lebih solid (lebih kekar/ gagah)
Sebagai mobil SUV yang banyak digunakan untuk medan-medan cukup berat pada bagian atap mobil dipasang roof rail untuk membawa barang yang besar/ berat, bagi pecinta otomotif yang hoby adventure bisa mengganti roof rail tersebut dengan roof rack yang lebih kuat, karena biasanya pada mobil yang secara built in sudah dibenami roof di atap mobil sudah diperhitungkan kekuatan atapnya.
Interior
Saat masuk pada kabin mobil www.mobilku.org langsung memandang warna dominan pada bagian dalam kabin fortuner 4x4 diesel ini, warna bagian dashboard dan ornamen interior adalah hitam akan tetapi warna karpet, jok sampai plafon adalah coklat, cukup solid warna kabinnya (tidak banyak warna).
Kesan mewah sangat terasa ketika melihat bagian setir yang terdapat tombol audio switch dan jika diteliti ternyata mobil ini juga dibenami srs airbags pada setirnya :-). Pada bagian tengah dashboard tertanam layar touchscreen untuk mengontrol sistem audio, melakukan dan menerima panggilan telepon, melihat peta navigasi (GPS) dan melihat kondisi belakang mobil melalui kamera yang terhubung dengan layar monitor di tengah dashboard tersebut.
Untuk lubang AC ditempatkan pada dashboard mobil dan juga pada atap kabin secara merata sampai baris ke 3 sehingga udara dingin dipastikan bisa sampai belakang mobil. Untuk jumlah kursi Toyota fortuner 4x4 diesel ini adalah 6 buah kursi yang tersebar pada 3 baris (masing-masing baris 2 kursi), semua kursi menghadap depan.
Mesin dan Performa
Toyota Fortuner 2.5G 4x4 Diesel ini memakai mesin diesel 2500 cc (2494 cc dibulatkan jadi 2500 cc) tipe mesinnya adalah: IL, 4 Cylinder, 16 V DOHC, D4D, DOHC, VN Turbo Intercooler.
Dari spesifikasi mesinnya dapat diketahui bahwa mobil ini memakai mesin Diesel dengan bahan bakar solar, ruang bakar/ silinder mesin 2500 cc, jumlah silinder 4 buah dengan 16 katup. Toyota Fortuner Solar ini menggunakan teknologi mesin D4D, DOHC dan VNT dengan sistem pendingin intercooler.
Tenaga yang dihasilkan mesin Toyota Fortuner Diesel ini adalah 144 HP (Horse Power) pada putaran mesin 3400 Rpm, sedangkan torsi yang dihasilkan oleh mesin ini adalah 35 Kgm pada putaran mesin 1600 sampai 2800 Rpm. Mobil Fortuner diesel 4x4 ini memakai sistem Common Rail (teknologi terbaru mesin diesel).
Toyota Fortuner 4x4 solar 2500 cc ini menggunakan sistem transmisi matic atau otomatis (automatic) sehingga cukup mudah digunakan meskipun dengan resiko lebih boros dan tenaga tidak sekuat transmisi manual, menggunakan penggerak 4 roda "namanya saja sudah 4x4 :-)"
Uniknya sistem penggerak 4 roda ini bisa disetel otomatis, yakni ketika salah satu ban kehilangan daya pijaknya pada jalan maka secara otomatis fungsi penggerak 4 roda ini akan aktif :-) wah keren bukan :-) jadi pecinta otomotif tidak perlu pusing-pusing mematikan atau menghidupkan sistem penggerak pada fortuner 4x4 ini.
Safety
Sistem keamanan mobil ini antara lain:
1. memakai dual srs airbags (kantung udara darudat)
2. sistem head impact protection (melindungi kepala saat benturan)
3. GOA body, desain rangka body yang lebih aman terutama saat benturan
4. Rem ABS (rem anti terkunci/ selip)
5. Sensor parkir dan kamera parkir
6. Sabuk pengaman pada tiap kursi
Harga
Harga Toyota Fortuner 2.5G 4x4 diesel On the road adalah 480.000.000 rupiah (Rp. 480 juta)
lumayan mahal, sementara rivel terdekatnya harganya lebih mahal sedikit tapi kemampuan mesin lebih banyak :-) lebih bertenaga
Kelebihan dan Kekurangan
* Kelebihan Fortuner 4x4 diesel ini memiliki dimensi yang lebih besar daripada sang rival Pajero 4x4, bisa dikatakan lebih bongsor
* Kekurangan Toyota Fortuner 4x4 diesel ini terasa pada sistem safety yang kurang, misalnya rem yang hanya menggunakan teknologi ABS, padahal mobil-mobil keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi ABS-EBD-BA
* Kekurangan lain adalah pada tenaga mobil yang kecil Fortuner hanya 144 PS, sementara pajero sport dakar sebesar 178 PS (jauh)
 mungkin masalah harga saja ya di atas 400 juta, coba kalau dibawah 300 juta :-)
Rival
Pesaing mobil fortuner ini adalah
Mitsubishi Pajero Sport Dakar 

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini