Spesifikasi Datsun Go Panca Kelebihan dan Kekurangan Harga

Setelah memasuki pasar otomotif Indonesia dengan mobil jenis MPV 7 penumpang (5 dewasa dan 2 anak-anak) yang diberi nama Datsun Go+ panca, Datsun Motor Indonesia kembali memperkenalkan mobil dengan jenis city car atau hatchback yang akan diperkenalkan di IIMS 2014 bulan September ini di JI Expo kemayoran (pameran terbesar otomotif penuup tahun 2014).
Sekedar informasi bahwa dalam setahun datsun go+ panca (MPV murah dibawah 100 juta) sampai saat ini sudah terjual lebih dari 9 ribu unit, "hal ini
menunjukkan sinyal positif oleh pasar Indonesia" ujar Direktur Datsun Motor Indonesia, kita akan mencoba merambah pasar mobil hatchback setelah ini 2015 (imbuhnya).
Sekilas tentang Datsun Go Panca
Datsun Go Panca adalah mobil berjenis city car (mobil perkotaan) yang diproduksi oleh datsun bekerja sama dengan Nissan, proses produksi (perakitan) Datsun Go Panca ini juga dilakukan di pabrik (perakitan) mobil Nissan di Purwokerjo.
Dimensi Eksterior Datsun Go Panca adalah memiliki panjang 3785 mm, lebar 1635 mm, tinggi 1485 mm, jarak sumbu roda 2450 mm dan ground clearance yang cukup tinggi yakni 17 cm. Wah agak aneh juga mobil city car memiliki jarak terendah 17 cm (seperti mobil MPV yang mengarah ke SUV), tapi keunggulan mobil yang memiliki jarak terendah dengan tanah tinggi adalah bisa melewati jalanan yang ekstrim seperti jalanan berair, berbatu, berlumpur, berpasir dan lain-lain jika dibandingkan dengan mobil yang memiliki ground clearance rendah.
Datsun Go Panca menggunakan mesin yang sama dengan pendahulunya yang berjenis MPV (Go + Panca) yakni mesin 3 silinder berkapasitas 1200 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 68 Hp (cukup kecil memang) sementara untuk sistem transmisinya masih menggunakan sistem transmisi manual 5 kecepatan sehingga lebih pas digunakan di jalan-jalan tanjakan yang membutuhkan tenaga lebih (meskipun tenaga mobil ini juga tidak terlalu besar jika untuk melibas track tanjakan).
Untuk suspensi mobil ini terbilang lumayan karena sudah memakai Mc Pherson (depan) dan belakang (torsion beam) yakni suspensi yang banyak digunakan pada mobil-mobil di Indonesia seperti avanza dan xenia. Sistem rem tidak terlalu jelek yakni bagian depan menggunakan cakram sedangkan bagian belakang menggunakan drum (standart lah).
Dari spesifikasi mobil ini memang bisa dikatakan bahwa mobil ini dihususkan untuk pangsa pasar kelas menengah bawah, dengan harga 96 juta rupiah untuk varian termurah dengan kualitas mesin yang biasa-biasa saja dan brand (merk) yang masih tidak terlalu mapan www.mobilku.org memprediksi mobil ini kurang dapat diterima pasar tanah air jika kita melihat pesaingnya seperti Brio Satya, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Karimun Dilago, dll. Para pesaing tersebut memberikan harga yang lebih murah dengan kualitas mesin yang lebih baik, akan tetapi kita belum bisa memastikan bagaimana respons pasar terhadap mobil hatchback besutan datsun ini kedepannya.
Kelebihan Datsun Go Panca
Desain yang cukup unik membuat mobil ini memiliki daya tawar tersendiri misalnya pada eksterior yang menawarkan lekuku-lekuk di sekujur bodi mobil, lekuk-lekuk ini terlihat cukup kekar dan menarik perhatian bagi orang yang melihat mobil ini.
Kelebihan kedua ada pada desain interior yang menempatkan tuas transmisi pada dashboard, selain unik desain tuas transmisi pada dashboard (seperti menempel) juga diklaim menghemat tempat atau membuat kabin lebih lega jika dibandingkan meletakkan tuas transmisi di samping kursi pengemudi, posisi tuas di dashboard juga di klaim memudahkan pengemudi memindahkan gigi (transmisi) sehingga mengemudi menjadi tidak cepat lelah.
Kelebihan lain adalah cukup banyaknya fitur-fitur yang dibenamkan pada mobil ini antara lain fitur keamanan dilengkapi dengan immobilizer, central door lock, keyless entry alarm. Sistem keselamatan mobil ini juga terbilang lumayan dimana untuk berjalan mundur Datsun Go Panca dibekali dengan teknologi sensor (sensor parkir/ sensor mundur), pada lampu utama juga menggunakan bohlamp halogen (lebih bisa menerangi jalanan).
Kekurangan Datsun Go Panca Hatchback
Kekurangan mobil ini secara umum adalah pada kualitas mesin seperti mesin yang hanya memakai 3 silinder saja, seperti kita ketahui bahwa mobil yang menggunakan mesin dengan 3 silinder relatif memiliki getaran lebih tinggi dan tidak memiliki tenaga yang stabil karena silindernya ganjil. Jika dua silinder bergerak ke atas maka hanya ada satu silinder yang bergerak ke bawah begitu sebaliknya, hal ini berbeda dengan mobil 4 silinder yang seimbang ketika 2 silinder bergerak ke atas maka ada 2 silinder lagi yang bergerak kebawah (sebagai penyeimbang), akan tetapi teknologi 3 silinder saat ini sudah lebih baik yang bisa mengurangi efek ketidakseimbangan tersebut.
www.mobilku.org merasa bahwa mesin 1200 cc harusnya bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar dari 68 Hp, sebagai perbandingan jika mesin suzuki 1000 cc (seperti celerio dan karimun) sudah bisa menghasilkan tenaga sampai 68 Hp dan mesin daihatsu ayla 1000 cc mampu menghasilkan tenaga 65 Hp, sementara mesin honda brio yang berkapasitas 1200 cc bahkan mampu menghasilkan tenaga sampai 100 Hp. Berikut ini adalah perbandingan mesin Datsun Go Panca, Honda Brio dan Toyota Agya
Harga Datsun Go Panca Hatchback
Datsun Go Panca Hatchback bakal meluncur di pagelaran IIMS 2014 tanggal 18 September 2014 ini, akan tetapi bagi pembaca yang sudah membaca artikel ini sudah bisa memesan Datsun Go Panca di dealer-dealer Datsun/ Nissan, karena saat artikel ini dibuat pihat marketing datsun menyatakan bahwa mobil ini sudah bisa dipesan mulai sekarang meskipun nanti mobilnya baru bisa dikirim akhir september.
Berikut adalah harga datsun go panca hatchback on the road Jakarta:
* Datsun Go Panca T Standart : 96 Juta Rupiah
* Datsun Go Panca T Standart : 98 Juta Rupiah
* Datsun Go Panca T Active : 101 Juta Rupiah

3 komentar:

  1. Balasan
    1. 96 juta rupiah yang termurah, yang termahal 101 juta rupiah

      Hapus
  2. Bikin artikel Komparasi Datsun Go banding Karimun Wagon R donk Gan..

    BalasHapus