Isuzu Mu-x Spesifikasi Keunggulan Kelemahan dan Fitur

Isuzu Mu-x adalah mobil jenis SUV dengan kapasitas penumpang 7 orang, menggunakan kombinasi mesin yang irit dengan fitur yang luar biasa sebagai mobil segala medan seperti dibenamkannya fitur auto cruise control, traction control yang kesemuanya menjadikan mobil ini sangat stabil ketika melewati medan aspal yang panjang maupun jalanan bukan aspal (off road). Auto cruise control bermanfaat saat mobil melibas jalan aspal bebas hambatan, dengan fitur ini mobil akan stabil pada kecepatan tertentu yang dikehendaki pengemudi, sedangkan traction control akan sangat bermanfaat menghindari mobil selip saat mobil menikung tajam ataupun menikung pada jalan yang licin.
Tidak hanya ke dua fitur di atas yang menjadi keunggulan dari SUV terbaru Isuzu ini, akan kita bahas satu-persatu spesifikasi mobil mulai dari eksterior, interior, safety, konsumsi bahan bakar, kemampuan mesin, safety, harga sampai kekurangan Isuzu Mu-x
Eksterior
Dimensi Isuzu Mu-x adalah memiliki panjang total 4825 mm, lebar 1860 mm, tinggi 1840 mm dan jarak terendah dengan tanah adalah 230 mm. Kelebihan dari dimensi Mu-x ini adalah pada jarak terendah dengan tanah setinggi 230 mm yang membuat mobil mampu melewati jalanan yang cukup ekstrim seperti jalan berbatu, jalanan tanah yang tidak rata dan juga bahkan genangan air, pihak isuzu mengatakan bahwa Mu-x mampu menerjang genangan air setinggi 600 mm. Sebagai perbandingan jika jarak terendah dengan tanah strada triton adalah 200 mm, mitsubishi pajero memiliki ground clearance 215 mm, semakin tinggi jarak pijak dengan tanah maka kemampuan mobil melibas jalanan offroad semakin bagus.
Meskipun Isuzu Mu-x cukup panjang dimensinya akan tetapi mobil ini mampu menikung dengan cukup tajam dimana radius putar minimum SUV ini hanya 6,50, jadi jika tersedia ruang selebar 6,5 meter mobil ini bisa memutar.
Tampilan eksterior Isuzu Mu-x boleh dikatakan futuristik (modern) dengan tetap menyediakan ruang yang lega untuk 7 orang penumpang, berbeda dengan desain nissan juke yang futuristik tapi kapasitas penumpang kurang diperhatikan.
Pada bagian depan perpaduan posisi grill yang tinggi dengan headlamp proyektor yang menyipit bersatu dengan bumper yang ditanami foglamp menjadikan mobil ini terlihat sebagai mobil adventure yang modern tampak depan. Pada bagian kaki-kaki mobil ini menggunakan velg alloy dengan ukuran ban yang cukup besar membuat mobil ini tampak gagah, pada bagian samping dilekatkan side body molding yang bermanfaat melindungi sisi mobil dari goresan.
Pada bagian atas ditelah dijejali roof rail dimana pecinta otomotif bisa menempatkan barang di atas atap kabin mobil dengan membeli kapsul/ roof box yang bisa ditempatkan atau dikaitkan ke roof rail tersebut. Pada bagian belakang mobil sudah dibenami kamera parkir dan spoiler.
Interior
Pada bagian interior Isuzu Mu-x terdapat 7 seat atau 7 kursi penumpang dan terbagi dalam 3 baris yang mana baris pertama 2 kursi, baris ke dua bisa di isi 3 kursi sedangkan baris ke 3 berisi 2 kursi. ke 7 kursi ini dilapisi dengan kulit sehingga kesan adventure juga terasa di dalam kabin mobil, kelebihan pada kursi penumpang baris ke dua dan ketiga bisa dilipat mendatar sehingga bisa dimanfaatkan sebagai bagasi saat diperlukan. Pada kursi pengemudi pengaturan maju mundur dan tinggi rendah dilakukan secara elektrik, termasuk kemiringan sandaran pengemudi juga bisa diatur secara elektrik yang sangat membantu kenyamanan dalam mengemudi.
Push button start stop juga dibenamkan pada dashboard mobil ini sehingga pengemudi cukup menekan tombol start/ stop untuk menghidupkan atau mematikan mesin mobil, sistem start stop ini mulai menjadi trend pada mobil-mobil keluaran baru padahal dulunya hanya digunakan pada mobil-mobil dengan daya mesin yang besar seperti mobil sport atau super car.
Pada bagian driver, lingkar kemudi dibenami dengan panel kontrol audio (audio switch steering) dan panel kendali cruise control sehingga memudahkan pengemudi dalam mengoperasikan sistem audio dan mengaktifkan fitur cruise control (pengatur kecepatan mobil) dengan menekan panel pada setir.
Di bagian dashboard juga dibenamkan monitor LED yang bisa diintegrasikan dengan gadget seperti android dan i phone, akan tetapi fungsi utamanya tetap sebagai kontrol terhadap fitur apa saja yang sedang aktif pada mobil dan tentunya untuk memonitor bagian belakang mobil saat mundur (terhubung dengan kamera parkir).
Sistem AC Isuzu Mu-x menggunakan AC outlet yang mampu menyebarkan udara dingin secara merata dengan display AC digital.
Spesifikasi Mesin dan Performa
Isuzu Mu-x menggunakan mesin diesel common rail yang berkapasitas 2499 cc, berbahan bakar solar, memakai 4 silinder 16 katup dengan teknologi DOHC. SUV 2500 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 tenaga kuda pada putaran mesin 3600 Rpm, memiliki torsi maksimum 319 Nm pada putaran mesin 1800 sampai 2800 Rpm.
Untuk urusan konsumsi bahan bakar Isuzu Mu-x ini terbilang irit dimana pada rute kombinasi mampu mencatatkan konsumsi BBM 1:12,2 yakni 1 liter solar untuk 12,2 kilometer.
Sistem transmisi Isuzu Mu-x ini menggunakan transmisi triptonic, yakni transmisi matic akan tetapi pengemudi masih memiliki pilihan untuk memindahkan gigi dengan tuas transmisi jika diperlukan.
Kemampuan atau tenaga mobil Mu-x ini memang tidak terlalu istimewa jika dibandingkan pesaingnya seperti pajero sport dakar yang memiliki tenaga sampai 178 tenaga kuda, akan tetapi fitur-fitur lainnya bisa dibilang Mu-x sangat bersaing.
Safety
Safety atau sistem keselamatan/ keamanan mobil Mu-x ini cukup baik, fitur keamanan dalam berkendara antara lain:
* Rem depan belakang menggunakan dick atau cakram dengan teknologi terlengkap yakni: ABS, EBD, BA dan ASC. ke 4 teknologi ini menjamin meskipun rem di injak dengan sangat dalam/ keras mobil gak bakal selip dan kampas rem gak bakal terkunci
* Stabilizer pada poros roda depan  dan belakang yang mencegah mobil ini limbung saat menikung
* Teknologi Adaptive Gradient Logic control disematkan pada Mu-x dimana fitur ini bermanfaat menganalisa dan membantu pengemudi menyesuaikan sistem transmisi saat mobil melewati tanjakan curam, alhasil pengemudi tidak terlalu sering mengganti gigi.
* Dual SRS Airbags yang dibenamkan pada kursi baris pertama
Sementara untuk keamanan mobil dari pencurian, Isuzu Mu-x menerapkan kunci otomatis, dimana kunci cukup dibawa dan saat pecinta otomotif meninggalkan mobil dalam waktu 30 detik secara otomatis mobil akan mengunci, pecinta otomotif tidak perlu takut lupa mengunci pintu :-)
Harga Isuzu Mu-x
Untuk harga Isuzu Mu-x termasuk dalam kategori mobil kelas menegah yakni 425 juta rupiah on the road, sementara pesaingnya Pajero sport harganya juga di kisaran 380 juta sampai 500 juta tergantung tipe.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan Isuzu Mu-x antara lain:
* Stabilitas dalam mengemudi
* Sistem keamanan dan keselamatan mobil
* Konsumsi BBM irit
Sementara kekurangan Mu-x ada pada:
* Sistem penggerak masih 2 roda saja, yang 4x4 masih belum masuk indonesia
* Tenaga mobil yang bisa dibilang tidak terlalu besar
Rival
* Mitsubishi Pajero Sport
* Toyota Fortuner
* Mitsubishi Strada
* Toyota Hilux

Untuk pecinta otomotif yang ingin memiliki mobil baru, sangat disarankan untuk test drive sebelum membeli, kalau bisa coba mobil berjalan pada track yang cukup berat agar kualitas mesin benar-benar dirasakan, selain itu fitur-fitur pada mobil juga tidak lupa di coba

3 komentar:

  1. Gan blog otomotifnya keren, lengkap ulasan ttg mobilnya. Daily visitor dah brp Gan? Sy msh 200 belum naik-naik nih. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar bro,,, yg penting nulis yang baik dan banyak... nanti klo pengunjung suka google juga suka bro :-) trims

      Hapus
  2. Untuk orang indonesia pilihan terbaik seharusnya isuzu dengan pertimbangan kuat
    Irit mudah perawatan spartpart terjamin dan purna jual relatip stabil.

    BalasHapus