All New Mazda2 Kelebihan dan Kekurangan

All New Mazda 2 adalah mobil jenis City Car atau Hatchback yang dikeluarkan oleh mazda tahun 2015 untuk pasar otomotif tanah air, All New Mazda 2 sendiri merupakan generasi ke 3 dari Mazda2 yang mengalami perubahan pada fitur-fitur eksterior dan interior mobil dari generasi ke dua sebelumnya (sebelum tahun 2015). All New Mazda 2 dibuat lebih besar, lebih nyaman dan lebih banyak pilihan dalam mengendarai mobil dengan 3 mode pengendaraan (manual, matic dan sport)
Eksterior All New Mazda 2
Perubahan tampak mulai dari eksterior yang tampil lebih solid dengan lekuk-lekuk yang halus namun solid, dimensi mobil yang lebih besar menjadikan mobil ini lebih lega jika semua kursi ditempati, lubang udara yang besar memberikan pasokan udara untuk mendinginkan mesin juga lebih banyak sehingga kinerja mesin menjadi lebih baik (tahan lama).
Kestabilan berkendara All New Mazda 2 didukung dengan desain eksterior yang low friction (meminimalisir gesekan dengan udara) serta kaki-kaki mobil yang mantap mulai dari diameter roda yang cukup besar dan velg alloy yang ringan tapi kuat.
Jika dilihat dari depan mobil ini mengesankan mobil berkecepatan tinggi, akan tetapi jika dilihat dari belakang mobil ini terlihat seperti mobil adventure (SUV)
Interior All New Mazda2
Pada bagian interior ruangan kabin dibuat lebih lapang (lega) sehingga penumpang bisa lebih nyaman dalam kabin (tidak mudah lelah saat perjalanan jauh), pada bagian dashboard mobil juga telah dibenamkan fasilitas berselancar di dunia maya (internet) melalui sambungan kartu seluler. Praktis pada bagian interior Mazda 2 memberikan fitur-fitur untuk mobil kelas menengah atas.
Pada dashboard tengah dibenamkan layar monitor LED yang multi fungsi, bisa untuk alat navigasi (gps) dan rear camera, alat komunikasi (telepon dan internet), alat monitor kontrol MID misalnya untuk memonitor AC dan fitur-fitur lain yang sedang diaktifkan.
Mobil berkapasitas penumpang 5 orang ini dilapisi jok kulit yang diklaim dapat meningkatkan kenyamanan penumpang saat melakukan perjalanan jauh misalnya antar kota.
Mesin All New Mazda2
Pada bagian mesin all new mazda2 masih memakai mesin generasi sebelumnya (tidak mengalami perubahan) yakni dengan mesin berkapasitas silinder 1500 cc, kelebihannya ada pada sistem transmisi padle shift yang bisa otomatis dan bisa manual (tuas padle shift ada di belakang lingkar kemudi). Transmisi padle shift ini memberikan kenyamanan mengemudi yang sangat baik dan sangat jarang mobil di indonesia memakai sistem transmisi ini (hanya untuk mobil-mobil kelas atas dengan harga diatas 1 M yang memakainya).
All New Mazda 2 mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm memang masih kalah dengan tenaga mesin honda Jazz yang bertenaga 120 Hp, akan tetapi melihat sistem transmisinya (padle shift) rasanya sangat bisa membuat pecinta otomotif jatuh hati sementara honda Jazz terbaru 2015 masih memakai sistem transmisi CVT. Mazda2 memiliki torsi 148 nm pada 4000 rpm, nah untuk membandingkan mesin pecinta otomotif bisa melihat spesifikasi/ kemampuan mesin honda jazz di sini.
New Mazda2 memiliki 3 mode dalam mengendarai mobil yakni mode matic, mode sport dan mode manual. Jika pecinta otomotif melakukan perjalanan santai bisa menggunakan mode aotomatic (normal), jika ingin berkendara lebih agresif maka pecinta otomotif bisa merubah mode pengendaraan ke sport (tinggal menekan tombol sport), jika pecinta otomotif ingin memiliki kendali penuh pada sistem transmisi maka bisa memakai mode manual dan menggunakan tuas padle di belakang setir untuk mengendalikannya (cukup menyenangkan bukan :-) ....
Kelebihan dan Kekurangan Mazda2
All New Mazda2 memiliki banyak kelebihan terutama dari sisi fitur seperti fasilitas internet, fasilitas telepon, sistem transmisi padle shift, 3 mode pengendalian, kontrol terhadap kondisi mobil hanya melalui 1 layar monitor LED, dan berbagai fitur yang lain.
Sementara kelemahan All New Mazda 2 hanya pada mesin yang masih memakai mesin generasi terdahulu, mesin ini tidak bisa dikatakan buruk akan tetapi tidak bisa pula dikatakan paling baik dikelasnya karena masih kalah tenaga 5 Horse Power dari mesin Honda Jazz, yang mana tenaga mesin memang menjadi keunggulan Honda Jazz.
Untuk kualitas mesin All New Mazda 2 masih seperti generasi 2 yakni memiliki akselerasi kecepatan 0 km/jam sampai 100 km/jam adalah 11,5 detik, memiliki konsumsi BBM 15 km untuk 1 liter bbmnya (rute jalan bebas hambatan), memiliki tenaga 115 Hp baca di sini
Harga All New Mazda2
mobil ini bakal diperkenalkan pada IIMS 2014 yang kemungkinan pada bulan September - Oktober 2014 sekaligus memberikan kisaran harga mobilnya, untuk sementara ini www.mobilku.org belum bisa memberikan info seputar harga, akan tetapi perkiraan harga mobil ini adalah 250 juta rupiah

Update;
All New Mazda2 sudah bisa dipesan mulai tanggal 18 september 2014 di IIMS 2014 yang bertempat di JI Expo Kemayoran Jakarta Utara, atau bisa dipesan di dealer-dealer mazda setelah tanggal 18 september 2014. Sementara pengiriman mobil akan mulai dilakukan bulan Januari 2015

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini