Warna Mobil Pengaruhi Resiko Kecelakaan

Kecelakaan pada mobil banyak sekali faktornya mulai dari melanggar rambu lalu lintas, melaju terlalu kencang, kehilangan konsentrasi, sampai karena gagalnya fungsi komponen mobil (misalnya rem blong) juga dapat menyebabkan kecelakaan. Akan
tetapi dari penelitian yang telah dilakukan beberapa tahun lalu di eropa ternyata ada kaitan antara warna mobil dan tingkat kecelakaan yang dialami, semakin terang warna mobil maka resiko kecelakaan semakin kecil dan semakin gelap warna mobil maka resiko kecelakaan semakin besar.
Warna mobil yang memiliki resiko kecelakaan tertinggi adalah warna hitam sedangkan warna mobil dengan resiko kecelakaan paling kecil adalah mobil yang berwarna putih, pada dasarnya warna terbagi atas spektrum atau panjang gelombang tertentu antara 340 nm sampai 760 nm dimana semakin tinggi panjang gelombang maka semakin kecil resiko mobil mengalami kecelakaan. Warna hitam tidak memiliki panjang gelombang tertentu karena pada dasarnya warna hitam adalah tidak adanya cahaya yang dipancarkan oleh benda tersebut (menyerap cahaya) sedangkan warna putih merupakan gabungan kombinasi dari warna-warna yang ada.
warna putih adalah warna yang paling mudah dilihat dan diikuti gerakannya dan warna hitam adalah warna paling sulit dilihat oleh mata, kesulitan melihat warna hitam ini meningkat ketika malam hari. warna-warna yang memiliki panjang gelombang rendah relatif sulit ditangkap mata dan semakin tinggi panjang gelombang semakin mudah ditangkap.
Berikut adalah warna mobil dan panjang gelombang yang disertai resiko kecelakaan, dimulai dari yang tertinggi resikonya:
1. warna hitam
2. warna ungu : panjang gelombang 340 sampai 430 nm
3. nila : 430 nm - 470 nm
4. biru : 470 nm - 500 nm
5. hijau : 500 nm - 560 nm
6. kuning : 560 nm - 600 nm
7. jingga : 600 nm sampai 650 nm
8. merah : 650 nm - 760 nm
9. putih
Untuk mobil-mobil supercar kebanyakan memakai warna yang memiliki panjang gelombang tinggi seperti merah atau kuning, hal ini selain mengurangi resiko kecelakaan warna merah juga mudah dilihat dan menarik perhatian.
Untuk pecinta otomotif ada baiknya memperhitungkan hal ini ketika menentukan/ memilih mobil yang akan dimiliki, kalau admin sendiri lebih menyukai warna kuning karena disamping resikonya kecil warna mobil kuning juga tidak pasaran dan unik :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini