Ulasan Honda Mobilio Diesel

Honda Mobilio Diesel ternyata sudah tersedia di India, yah siapa tahu nantinya mobil ini juga akan di impor masuk ke indonesia juga, cukup menarik untuk diulas.
Honda Mobilio Diesel hampir sama dengan mobilio bensin secara konsep yakni memberikan mobil yang mampu mengangkut orang banyak (MPV) dengan harga yang semurah mungkin akan tetapi tidak mengabaikan kualitas mobil sebisa mungkin mobil memiliki kualitas yang bagus terutama pada kemampuan mesinnya.
Eksterior
Honda Mobilio Diesel dari segi tampilan luar sama persis dengan versi bensin (tidak ada perbedaan sama sekali), baik panjang mobil, lebar, tinggi ketebalan body, fitur, dan lain sebagainya. Perbedaan hanya pada tambahan logo I-dtec pada bagian belakang mobil, penambahan logo ini lebih menekankan untuk membedakan Honda mobilio bermesin bensin dengan diesel dimana I-DTEC adalah nama teknologi diesel mobilio.
Interior
Interior Honda mobilio Diesel berbeda dengan mobilio versi bensin dimana ada penambahan aksen kayu pada dashboard mobil, panel kendali di pintu pengemudi (door trim) dan meter cluster mobil juga beraksen kayu yang mana aksen kayu ini menimbulkan kesan mewah pada mobil.
Fitur
Fitur honda mobilio diesel varian tertinggi antara lain: memiliki dual airbags, rearwiper/ rearwasher, Rem menggunakan ABS dan EBD, foglamp, sistem navigasi, AC double blower dan kamera belakang untuk parkir atau mundur.
Fitur-fitur honda mobilio diesel varian yang lebih rendah baru akan diumumkan ketika mobil ini launcing di India (sebantar lagi),
Mesin
Honda mobilio Diesel memakai mesin 1500 cc memakai bahan bakar solar dengan teknologi I-Dtec, mampu menghasilkan tenaga maksimum sampai 98,6 Hp (tenaga kuda) pada putaran mesin 3600 Rpm dan memiliki torsi 200 Nm/ 1750 Rpm. Mesin diesel 1500 cc honda mobilio diesel ini bisa dibilang sangat bagus karena dengan mesin yang kecil tapi mampu menghasilkan tenaga yang besar 98,6 Hp dan torsi 200 Nm pada 1750 Rpm.
Sebagai perbandingan Isuzu panther terbaru Grand Touring memakai mesin diesel 2300 cc akan tetapi hanya memiliki tenaga 80 Ps (Hp) dan torsinya 191 Nm, karakter mesin diesel dibandingkan mesin bensin adalah bertenaga kecil akan tetapi memiliki torsi yang besar.
Tenaga mobil atau dalam satuan Hp digunakan mobil untuk berakselerasi (menambah percepatan) semakin besar tenaganya maka mobil semakin cepat melesat, sedangkan torsi untuk kemampuan membawa beban semakin besar torsi maka mesin memiliki kemampuan menanjak/ membawa beban semakin berat.
Jadi untuk mesin bisa dikatakan honda mobilio diesel cukup mumpuni meskipun dengan mesin yang kecil karena kemampuannya tidak kalah dengan mesin 2300 cc nya isuzu panther.
Harga
untuk harga mobil ini www.mobilku.org belum mendapatkan informasi yang akurat, akan tetapi perkiraan harga di india adalah 9 lakh. sebagai perbandingan harga honda mobilio bensin varian tertinggi di india adalah 6,5 lakh.
Harga di indonesia honda mobilio bensin varian tertinggi adalah Rp 217 juta, seandainya honda mobilio diesel masuk ke indonesia maka perkiraan harganya adalah sekitar 300 juta rupiah....
yah ternyata perkiraan harganya lebih mahal dari panther terbaru nih harga Isuzu Panther GTR masih 284 juta rupiah, :-) itu kalau benar-benar masuk ya, tentunya pihak honda juga akan mempertimbangkan harga dan persaingan dengan kompetitor seperti isuzu panther dan jika tidak kompetitif maka honda tidak akan memasukkan mobilio diesel ke Indonesia, kita tunggu saja.
baca spek honda mobilio bensin di indonesia

1 komentar:

  1. Aduh terimakasih banyak deh pak sudah review Mobilio, versi dieselnya kayanya belum masuk Indonesia

    BalasHapus