Membersihkan Kaca Film untuk Menjaga Kesejukan Mobil

Fungsi kaca film mobil adalah salah satunya untuk menyaring cahaya matahari yang masuk ke dalam mobil (kabin), suhu pada mobil selain dipengaruhi oleh sistem pendingin (AC) juga sangat dipengaruhi oleh banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam kabin mobil (semakin banyak semakin panas). Penggunaan kaca film yang baik (berkualitas) dapat menjaga kesejukan kabin mobil baca; tips memilih kaca film, sedangkan perawatan kaca film dapat menjaga kualitas penyaring sinar matahari agar berfungsi dengan baik.
* Perawatan pada kaca film sangat mudah yakni dengan membersihkannya, saat mencuci mobil jangan lupa membersihkan kaca film menggunakan lap mikrofiber dan cairan pembersihnya menggunakan shampo bayi, jangan membersihkan dengan cairan yang mengandung alkohol dan amonia kemudian juga hindari detergen yang keras seperti shampo orang dewasa ataupun sabun biasa "gunakan shampo bayi" ujar salah satu teknisi bengkel perawatan kaca film.
* Kerusakan lapisan film biasanya juga disebabkan oleh kotoran atau debu yang menempel pada karet kaca mobil, kotoran pada karet kaca mobil tersebut bisa menggores film kaca saat kaca mobil naik turun, selalu bersihkan karet pada kaca mobil. Bersihkan karet kaca mobil dengan kain halus atau sikat yang halus (sikat gigi) agar debu atau kotoran tidak tersangkut di sini.
* Perawatan kaca film yang lain adalah dengan menghindari mobil terlalu lama diparkir di bawah terik matahari, sinar matahari langsung sebenarnya dapat mengurangi umur pakai lapisan film, usahakan jika memarkir mobil ditempat yang sejuk misalnya dibawah pohon atau tempat parkir yang ada atapnya. Usia lapisan film pada kaca mobil tersebut jika dirawat dengan baik bisa mencapai 5-7 tahun.
Perawatan kaca film saat baru dipasang
Jika pecinta otomotif baru memasang kaca film hal yang harus diperhatikan adalah:
1. Jangan merubah posisi kaca mobil yang dilapisi film (membuka kaca jendela) selama kurang lebih 4 hari, biarkan lem mobil menempel secara sempurna dalam 4 hari tersebut, jangan menaik turunkan kaca mobil.
2. Jangan mengoperasionalkan anti kabut (defogger) dalam 1 bulan
3. Mencuci kaca film dilakukan minimal 7 hari setelah pemasangan
4. Pada beberapa tempat terdapat beberapa gelembung air, biarkan gelembung ini karena akan hilang dalam waktu 1-3 bulan, jika lebih dari 3 bulan belum hilang bisa dibawa ke tempat pemasangan kaca film tersebut.
5. Jangan menempel stiker atau benda lain (seperti dudukan gps) pada kaca film yang baru dipasang.
Jaga kesejukan kabin pecinta otomotif dengan menjaga kaca film :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini