Kamera Parkir sangat bermanfaat saat Hujan dan Malam Hari

Teknologi safety mobil semakin hari semakin maju, setelah beberapa tahun lalu mobil banyak memakai sensor parkir yang mengeluarkan bunyi ketika mendeteksi adanya obyek di belakang mobil saat mobil berjalan mundur kini mulai digantikan dengan teknologi kamera. Kamera mundur atau kamera parkir adalah kamera kecil yang ditempatkan pada bagian belakang mobil yang berfungsi untuk menggantikan mata saat mobil berjalan mundur, kamera parkir ini secara otomatis menyala saat mobil mundur, kamera mundur ini disambungkan dengan layar monitor yang ada pada bagian depan mobil (dashboard).

Pemasangan kamera parkir ini bisa langsung dihubungkan dengan mobil-mobil yang sudah memiliki layar monitor LED atau TV (Head unit Double din), sedangkan untuk mobil-mobil yang belum memiliki fasilitas head unit double din (camera in) maka pecinta otomotif harus membeli monitor sebagai aoutput dari kamera. Harga kamera parkir ini bervariasi mulai yang termurah 300 ribu rupiah, semakin bagus kualitas kamera maka harganyapun juga semakin mahal yang mana untuk harga kamera parkir 800 ribuan sudah cukup bagus. Sedangkan harga moniltor LED juga beragam mulai dari 400 ribuan sampai yang mahal juga ada :-) tergantung spesifikasi monitor tersebut. Jadi untuk pemasangan kamera parkir plus layar monitor LED kira-kira sedia budget 800 ribuan.
Di negara eropa dan amerika saat ini produsen otomotif wajib menyertakan kamera parkir pada mobil barunya karena kamera parkir ini jauh lebih safety daripada sensor parkir saat mobil berjalan mundur.
Kualitas Kamera Parkir
Kamera parkir beberapa tahun lalu hanya menggunakan teknologi inframerah yang menghasilkan gambar sangat terbatas, akan tetapi sejalan dengan kemajuan teknologi kamera saat ini kamera mundur/ parkir mobil sudah mengarah pada teknologi CMOS dan CCD.
Kelebihan teknologi CMOS adalah menghasilkan gambar yang real (pada siang hari), akan tetapi pada malam hari (kekurangan cahaya) maka gambar yang dihasilkan berkurang jauh banyak bintik-bintik hitam. Sedangkan untuk kamera mundur dengan teknologi CCD gambar sedikit lebih pucat dibanding obyek sebenarnya, akan tetapi pada siang ataupun malam gambar relatif sama (tidak berkurang jauh kualitasnya).

Harga kedua teknolgi kamera ini sama hanya tergantung pemilik mobil saja lebih menyukai yang mana
Kebanyakan mobil menggunakan 1 kamera parkir yang diletakkan pada bagian belakang mobil, bisa dibawah plat nomor ataupun pada logo mobil. Akan tetapi pada beberapa mobil menengah atas biasanya menggunakan 4 kamera parkir, selain mampu melihat bagian belakang mobil juga bisa melihat bagian samping mobil biasa disebut around camera (kamera yang memantau keseluruhan sisi mobil).
Kamera parkir ini juga bervariasi karakternya selain dari kejernihan gambarnya, lebar sudut pandang juga sangat berpengaruh terhadap harga (kualitas kamera). Semakin lebar atau luas jangkauan kamera parkir maka harganya semakin mahal, semakin tahan kamera terhadap cuaca yang ekstrim (hujan dan kabut) maka harga kamera juga makin mahal :-)
Pecinta otomotif juga bisa menggabungkan teknologi kamera parkir ini dengan sensor parkir, sehingga ketika berjalan mundur dalam cuaca hujan lebat ataupun malam hari akan lebih aman :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini