Perlengkapan yang Harus Dibawa pada Mobil Saat Perjalanan

Perjalanan menggunakan mobil harus dipersiapkan dengan matang, sesuatu mungkin saja terjadi diperjalanan misalnya ban bocor mesin mati, atau penumpang terluka ringan. Beberapa perlengkapan dan kunci-kunci mobil yang harus dibawa saat melakukan perjalanan akan membantu mengatasi hal-hal yang mungkin terjadi saat perjalanan, berikut ini adalah kunci dan peralatan yang harus ada atau harus dibawa di mobil saat perjalanan:

1. Tool Kit Standar, atau kunci-kunci standar meliputi: kunci pas ukuran 8 sampai 23, 1 set kunci sok, kunci roda (berbentuk L), kunci inggris, obeng plus minus, kunci L. Kunci-kunci ini menjadi hal paling penting yang harus anda punyai ketika membenahi sesuatu kerusakan misalnya mengganti ban (baca; cara mengganti ban mobil)

2. Dongkrak, dongkrak tipe botol adalah yang paling direkomendasikan karena memiliki dimensi yang kecil tapi memiliki kemampuan yang cukup, selain itu bawalah jack stand yang berfungsi menahan mobil ketika terangkat oleh dongkrak (baca; tips mendongkrak mobil dengan benar).
Dongkrak yang kemampuannya terbaik adalah dongkrak tipe buaya, akan tetapi kurang praktis dibawa untuk perjalanan (baca; jenis-jenis dongkrak mobil)
3. Peralatan cadangan dan tambahan: Busi cadangan, sekring, ban serep, lampu bohlamp, segi tiga pengaman, pisau lipat multifungsi, charger HP, kain lap, jas hujan, selotip, kabel jumper, buku manual mobil, kompas, tali tambang/ tampar secukupnya, 1 liter oli cadangan, GPS
4. Perlengkapan P3K, kotak P3K ini berisi obat-obatan ringan akan sangat bermanfaat jika pengemudi/ salah satu penumpang mengalami gangguan kesehatan misalnya mual, muntah, pusing, masuk angin, dan luka ringan. Sediakan obat-obatan seperti antangin, antimo, minyak kayu putih, plester, perban, kapas, anti septik, betadine dan gunting.
5. Senter, selain digunakan untuk perbaikan mesin juga dapat digunakan untuk mencari barang-barang yang terjatuh atau terselip pada mobil. Senter ini akan terasa sekali manfaatnya ketika malam hari.
6. Makanan dan minuman juga dianjurkan dibawa untuk perjalanan jauh terutama minuman air putih. akan terasa manfaatnya ketika pegemudi terasa kelelahan atau penumpang dehidrasi.
7. Untuk perjalanan yang sangat jauh misalnya diatas 200 kilometer maka dianjurkan untuk mempersiapkan performa mobil dengan baik, persiapkan kondisi fisik pengemudi, baca tips perjalanan jauh menggunakan mobil.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini