Cara Aki Mobil Tidak Cepat Habis

Tips perawatan aki - mobilku.org
Aki mobil yang tidak dirawat dengan baik sering tekor atau soak atau cepat habis sedangkan aki mobil sangat urgen fungsinya seperti untuk menghidupkan mesin, menyalakan AC, dan kontrol elektronik lain pada mobil.

Peranan aki pada mobil-mobil modern (terutama mobil matic) sangat penting yakni untuk mensirkulasikan oli sebelum mobil dijalankan. Aki yang mati pada mobil matic akan menyebabkan oli transmisi tidak bekerja melumasi sistem transmisi, sehingga akan terjadi kerusakan sistem transmisi jika mobil dipaksa berjalan misalnya melewati turunan atau diderek secara konvensional, oleh karena peranan yang sangat penting aki ini maka www.mobilku.org menyajikan tips bagaimana menjaga atau merawat aki mobil agar awet atau tidak cepat tekor:
1. Menjaga air pada aki agar tidak kekurangan air aki, usahakan cek ketinggian aki mobilini tiap 2 bulan sekali dan pastikan jika air tidak kurang dari ketinggian minimum. Jika air aki berkurang danmendekati ketinggian minimum (batas kekurangan air) maka pecinta otomotif bisa menambahkan air sampai tanda garis maksimum.
2. Menjaga kebersihan terminal aki, biasanya akibat hasil oksidasi terdapat kotoran seperti sebuk putih pada kutub negatif dan positif (kotoran). Bersihkanlah kotoran tersebut jika mulai terlihat, caranya dengan menyiram air panas dan menyikatnya. Kotoran ini akan menyebabkan aki cepat soak atau cepat rusak
3. Jangan menggunakan peralatan tambahan yang terlalu besar misalnya memasang sistem audio yang membutuhkan banyak listrik, memasang banyak lampu tambahan dan lain-lain. Aki standar telah disesuaikan dengan kebutuhan mobil standar, jika melakukan modifikasi pada ornamen mobil maka tanyakanlah lebih lanjut dampaknya pada aki mobil, biasanya jika menambah komponen kelistrikan bisa mengganti AKI dengan kemampuan yang lebih besar dengan modifikasi pada sekring mobil.
4. Jika perlu AKI bisa dibungkus dengan plastik anti panas seperti alumunium foil yang melindungi aki dari panas mesin mobil, panas yang berlebihan dapat mempercepat tekornya aki (usia aki cepat habis)
5. Lakukan pengecekan secara berkala apakah Voltase / strum/ kualitas listrik yang keluar dari aki masih bagus, jika voltase masih berkisar antara 12 sampai 13 volt maka aki masih dalam keadaan bagus. Jika voltase cepat berkurang maka ada kesalahan pada sistem kelistrikan mobil.
Berikut tambahan mengenai Tips perawatan aki mobil agar tidak cepat tekor

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini