Tips Menghilangkan Noda Ringan pada Cat Mobil

Memiliki mobil yang sering digunakan di alam terbuka kerap kali menimbulkan noda yang melekat pada cat mobil, noda ringan pada cat mobil bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain: karena debu, karena lumpur yang menempel, kotoran binatang atau serangga, karena air hujan, karena aspal, getah pohon dan lain-lain.
Ketika mobil terkena kotoran misalnya terciprat lumpur atau getah pohon atau kotoran serangga dan tidak segera dibersihkan lama-kelamaan kotoran tersebut akan mengeras dan mengendap kemudian menjadi noda yang mengurangi estetika mobil, meskipun kotoran sudah kita cuci akan tetapi kurang bersih lama-kelamaan akan menimbulkan noda, jika sudah terlanjut menjadi noda maka yang harus dilakukan adalah menghilangkannya dengan cara yang khusus yang cukup sederhana.
Tips Menghilangkan Noda pada Mobil
Cara menghilangkan noda ringan pada cat mobil akibat lumpur/ air hujan/ kotoran serangga/ debu, berikut adalah langkah-langkahnya :
1. Cuci mobil menggunakan shampo mobil, hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran yang mudah tersapu shampo sehingga memudahkan prose pembersihan, lebih utamanya adalah untuk mengetahui persis lokasi noda dan noda terlihat lebih jelas.
2. Identifikasi noda, jika noda disebabkan oleh kotoran burung atau serangga maka bisa dibersihkan dengan bug remover, jika noda disebabkan oleh debu atau lumpur atau getah pohon bisa memakai tar remover

3. Cara menggunakan pembersih bug remover dan tar remover ini cukup sederhana yakni dengan menyemprotkan bug remover/ ter remover pada bagian yang terkena noda kemudian diamkan selama 30 sampai 40 detik, lalu gunakan lap microfiber untuk membersihkannya (leap dengan cara memutar)
4. Hal ini bisa dilakukan sampai beberapa kali untuk kotoran yang tidak bisa hilang sekali pembersihan (bisa 2 sampai 3 kali).
Mencegah noda ringan pada cat mobil
Jika cat mobil telah bersih dari noda ringan tersebut pecinta otomotif juga bisa menambahkan pelindung untuk mencegah noda ringan menempel pada mobil, cairan pelindung ini biasa disebut polish wax atau soft wax yang banyak terdapat di bengkel-bengkel mobil atau car care mobil.
 Untuk cara menggunakan polish wax cukup sederhana yakni tuangkan polish wax pada kain kemudian usapkan pada cat mobil, lalu seka bersihkan agar cat benar-benar terlihat bersih seperti sebelum diberi polish wax (tidak ada warna putih atau berkabut). Pelindung cat mobil ini biasanya akan hilang dalam waktu 1 bulan (kondisi normal tidak musim hujan), pecinta otomotif bisa melakukan perlindungan dengan cara ini tiap  sebulan sekali.
Semua peralatan diatas bisa pecinta otomotif beli di bengkel-bengkel perawatan mobil misalnya soft wax, lap microfiber, tr remover, bug remover, shampo mobil, dll.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini