Kia Morning Varian Termurah Picanto

Kia Morning atau juga dikenal dengan Kia Picanto Morning merupakan varian dari Kia Picanto terbaru yang keluar bulan mei 2014, dengan desain mobil mirip kia picanto tetapi lebih sederhana dan kompak menjadikan mobil Kia Morning merupakan varian picanto dengan harga termurah yang nantinya akan berperang dengan mobil-mobil murah indonesia yang lain seperti Brio Satya, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Suzuki Wagon R, dan lain-lain.
Perbedaan Kia Morning dengan Kia Picanto secara signifikan adalah pada mesin yang digunakan, jika Kia Picanto mengusung mesin yang cukup besar yakni 1200 cc maka Kia Morning dibekali dengan mesin 1000 cc yang lebih lebih kecil untuk efisiensi bahan bakar yang lebih baik dengan resiko tenaga mobil juga berkurang. Kia morning ini juga hanya memakai 3 silinder sebagai penggerak, tentunya berbeda dengan Picanto yang lebih perkasa dengan 4 silinder mesinnya.
Eksterior Kia Morning
Kia Morning memiliki ukuran (dimensi) panjang 3595 mm, lebar 1595 mm, tinggi 1480 mm dan ground clearance 152 mm. Kia Morning masih mengandalkan lekuk-lekuk pada body mobil untuk menarik minat konsumen mobil city car tanah air terutama kaum hawa yang sangat menyukai mobil2 jenis picanto.
Fitur Kia Morning
Meskipun Kia Morning hanya memakai mesin yang terbatas, akan tetapi dari segi interior dan eksterior Kia Morning terlihat mewah, tidak mengesankan mobil murah. Beberapa fitur unggulan kia morning antara lain:
* Dibekali dengan 6 airbags
* Dibenamkan fitur HAC (Hill Assist Control)
* Dilengkap teknologi ESC (anti selip)
* Lampu depan dibenami LED untuk lampu siang hemat energi
* AC Climate Control
* Sunroof pada bagian atap mobil layaknya mobil mewah.
Dengan Fitur yang banyak dan mengadopsi fitur-fitur mobil mewah maka sangat layak mobil ini untuk dimiliki, meskipun mesin tidak terlalu handal akan tetapi mengendarai mobil dengan berbagai fitur mobil kelas atas terasa sangat menyenangkan.
Keunggulan dan Kekurangan Kia Morning
Kelebihan Kia Morning adalah banyaknya fitur dapat menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang dalam mobil, 6 airbags akan sangat bermanfaat jika mobil mengalami kecelakaan, Fitur HAC dan ESC akan sangat memudahkan pengemudi melakukan handling/ kontrol saat mengemudi pada jalan yang ekstrim seperti pegunungan dengan jalan naik turun.
AC Climate Control dan Sunroof benar-benar memanjakan penumpang dengan suhu yang sangat terkontrol dan pemandangan luar mobil yang bisa dilihat dari atas atap mobil.
Kelemahan Kia Morning hanyalah pada mesin yang kecil 1000 cc dengan jumlah silinder hanya 3, mesin 3 silinder ini kurang stabil dan memiliki getaran mesin yang lebih tinggi jika dibanding mesin 4 silinder. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin 3 silinder juga tentunya berbeda dengan mobil yang menggunakan mesin genap 4 silinder yang lebih stabil dan mantap.
Mesin dan Performa Kia Morning
Kia Morning memakai mesin dengan kapasitas silinder 1000 cc dan jumlah silinder adalah 3 buah, Kia Morning memiliki tenaga yang cukup besar untuk ukuran mobil 1000cc 3 silinder sejenis yakni 69 Hp sebagai perbandingan mobil dengan mesin yang sama (100 cc 3 silinder) Toyota Agya hanya memiliki tenaga 65 Hp.
Sistem transmisi Kia Morning ada yang memakai manual 5 kecepatan dan ada yang tersedia Kia Morning versi matic (otomatis) 4 kecepatan.
Harga dan Spesifikasi Kia Morning di indonesia
Kia Morning belum resmi keluar, kira-kira pertengahan tahun 2014 mobil ini baru keluar.
Untuk harga mobil ini dipastikan akan berada dibawah 132 juta rupiah karena merupakan varian termurah dari picanto (varian termurah sekarang adalah 132 juta rupiah), akan tetapi di atas 110 juta rupiah karena mobil ini bukanlah mobil LCGC dan masih dibebani pajak. Jadi harga Kia Morning diperkirakan antara 110 juta sampai 130 juta rupiah
Spesifikasi dan Fitur-fitur Kia Morning di atas adalah Spek yang sudah beredar di luar indonesia, sementara spesifikasi resmi kia morning akan kita beritaukan begitu mobil ini keluar di indonesia, karena kemungkinan juga masih mengalami down grade dari kia morning yang telah beredar di luar negri

Update 21 Mei 2014 
Kia Morning telah resmi keluar tanggal 20 mei kemarin dengan harga 128 juta rupiah, mirip kia picanto akan tetapi mengalami banyak downgrade tertutama fitur-fitur nya.. ketahui lebih detail tentang Kia Morning pada artikel berikut:      Spesifikasi Kia Morning 1.0 

2 komentar:

  1. Saya mengklaim asuransi untuk spion sebelah kanan pecah tersambar mobil lain di jalan sejak Juli 2017 sampai sekarang belum juga ada. apakah memang sulit mendapatkannya tidak ada di keluarkan lagi atau pihak asuransi dan Toko penyedia yang yang tidak bekerja KIA Morning BK 1257 IF

    BalasHapus
  2. Tolong saya bila ada jalan keluar agar kaca spion mobil ku terganti

    BalasHapus