Datsun Go Plus + MPV Murah dibawah 100 juta

MPV murah dibawah 100 juta
Datsun Go Plus (+) merupakan mobil jenis MPV 7 kursi penumpang (5 orang dewasa dan 2 anak-anak) yang dikeluarkan oleh pabrikan mobil datsun pertengahan tahun 2014, Datsun Go plus dijual dengan harga yang sangat murah untuk kategori mobil MPV yakni dibawah 100 juta rupiah (varian termurah Datsun Go+ adalah datsun Go plus Panca yang dijual dengan harga 85 juta rupiah), sedangkan untuk varian tertinggi mobil datsun go plus juga berkisar antara 102 juta sampai 105 juta (masih terjangkau bukan).
Datsun Go Plus mengusung mesin 1200 cc dan memakai sistem transmisi manual (belum memiliki varian yang bertransmisi matic atau otomatis), datsun Go Plus juga termasuk mobil dalam kategori LCGC dimana 80 % komponennya adalah buatan dalam negeri  dan memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang sangat irit yakni 20 km untuk 1 liter pertamax (bisa lebih irit lagi), konsumsi BBM yang sangat efisien tersebut adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi sebagai mobil LCGC syarat lainnya untuk mobil LCGC bisa dilihat pada artikel tentang mobil LCGC berikut ini.
kita akan membahas mengenai spesifikasi, kelebihan dan kekurangan datsun Go plus ini mulai dari bentuk mobil, tenaga mesin, sistem kemudi mobil, keamanan penumpang dan lain-lain
Dimensi Eksterior Datsun Go Plus (+)
Datsun Go plus (+) memiliki bentuk layaknya mobil MPV lainnya mirip dengan avanza, spin, ertiga dan MPV kecil lain. Dimensi datsun Go plus: panjang 3995 mm, lebar 1635 mm, tinggi 1485 mm, dengan jarak sumbu roda 2450 mm. yang menonjol adalah adanya lekuk-lekuk pada hampir keseluruhan eksterior mobil (terutama pada sisi-sisi mobil) yang berfungsi sebagai sistem aerodinamik mobil selain juga berfungsi memperindah mobil, lekuk ini diklaim mampu menjaga mobil tetap stabil meskipun dalam kecepatan tinggi karena gesekan dengan udara bisa dipermudah oleh lekuk-lekuk aerodinamis mobil ini.
Fitur lainnya adalah wiper otomatis, wiper akan menyala saat ada rintik hujan menetes pada kaca depan mobil kemudian wiper (kipas penyapu air) akan bergerak untuk menyeka rintik air tersebut (wah lumayan keren ya fitur mobil ini....)
Pada bagian belakang mobil ini juga sudah dilengkapi sensor parkir yang akan menyala ketika mobil berjalan mundur mendekati benda di belakang mobil (makin dekat bunyi alaram parkir makin keras), di bagian belakang atas juga memiliki spoiler dan high mount stop lamp yang memperindah tampilan mobil dan menambah sinyal keselamatan saat mobil melakukan pengereman. Untuk bagian spion masih digerakkan secara manual (dengan tangan), sementara untuk velg mobil Datsun Go Plus sudah memakai alloy (alumunium) pada semua variannya.
Pada bagian depan www.mobilku.org tidak menjumpai adanya foglamp atau lampu kabut padahal fitur ini sangat penting ketika mobil melintas pada cuaca yang cukup ekstrim seperti hujan deras dan kabut tebal, jika benar tidak ada lampu kabut maka pecinta otomotif bisa menambahkan foglamp sendiri sehingga safety mobil makin terjamin.
Interior Datsun Go Plus
Datsun Go Plus memiliki interior yang dirancang lega, artinya meskipun volume kabin mobil tidak terlalu besar akan tetapi penataan ornamen/ fasilitas dirancang agar penumpang memiliki ruang yang cukup misalnya pada tuas kopling yang diletakkan pada dashboard (dashboar bawah) sehingga ruang penumpang depan menjadi lebih lebar, letak tuas kopling pada dashboar ini di klaim juga memudahkan pengemudi untuk mengganti posisi tuas kopling (transmisi) karena terlihat dengan jelas dan mudah dijangkau.
Datsun Go plus juga sudah dilengkapi dengan sistem audio dan AC (kecuali varian terendah yang tidak memiliki AC), sedangkan untuk 2 varian teratas datsun go plus ini telah dilengkapi dengan power window, power steering, keyless entry, alaram, immobilizer, sendor parkir, side body moulding.
Untuk bagian kabin Datsun Go Plus memiliki 7 kursi penumpang (5 kursi dewasa dan 2 kursi anak-anak), pada 2 kursi untuk anak-anak ini memang dirancang untuk memuat anak dengan tinggi badan kurang dari 150 cm sehingga kurang nyaman jika digunakan oleh orang dewasa, kursi untuk anak-anak ini bisa dilipat sehingga akan menambah volume muat bagasi mobil.
Fitur yang menarik pada datsun go plus selain wiper otomatis adalah lampu utama yang menyala otomatis (sekitar 2 detik) saat pengemudi atau penumpang keluar dari mobil meskipun mobil dalam keadaan mati...unik bukan :-)
Mesin dan Performa Mobil Datsun Go Plus
Datsun Go Plus memakai mesin bensin dengan kapasitas ruang bakar (silinder) 1198 cc atau lebih mudah disebut 1200 cc dengan jumlah silinder 3, mobil ini memiliki daya maksimum 68 Hp (cukup kecil untuk mobil MPV di indonesia, tapi bisa dibilang lumayan untuk mobil LCGC).
yang patut disayangkan adalah datsun go plus hanya memakai 3 silinder sementara kekurangan mesin 3 silinder adalah ketidakstabilan mesin misalnya ada 2 silinder bergerak naik maka hanya 1 silnder lain yang bergerak turun (tidak seimbang), lain jika memakai 4 silinder misal 2 lisinder naik maka yang 2 silinder lain turun (lebih seimbang), akan tetapi kabarnya teknologi terbaru mesin 3 silinder sudah mampu mengeliminasi kekurangan tersebut akan tetapi teknologi 3 silinder yang stabil memang belum dibenamkan pada datsun go plus ini.
Untuk sistem transmisi semua varian Datsun Go plus baik yang tertinggi maupun yang terendah masih menggunakan sistem manual, sistem transmisi manual ini akan membuat mobil lebih bertenaga dan lebih hemat jika pengemudi mahir, akan tetapi memiliki kekurangan kurang nyaman apa lagi jika pengemudi baru belajar atau pengemudinya perempuan yang lebih menyukai sistem transmisi otomatis atau matic.
Sistem kemudi Datsun Go Plus telah menggunakan Power Steering Elektronik (EPS) yang meringankan putaran setir, sistem kerja EPS ini adalah pengemudi memutar setir kemudian setir meneruskan pada power steering dan power steering yang akan bekerja memutar ban, power steering yang digunakan pada datsun Go plus adalah yang berjeis elektronik yang lebih aman dibandingkan power steering yang semi elektronik atau power steering pompa (seperti dongkrak), EPS adalah teknologi terbagu dari power steering mobil.
Harga Datsun Go Plus +
 Datsun Go plus + memiliki rentang harga yang amat terjangkau untuk kalangan masyarakat indonesia, datsun go plus yang memiliki 5 varian ini dijual dengan harga 85 juta rupiah untuk varian datsun go plus Panca (varian terndah dan 103 juta rupiah untuk datsun go plus T Options sebagai varian tertinggi dari Datsun Go Plus, berikut adalah harga resmi datsun go plus lengkap:
* Harga Datsun Go Plus Panca D = 85 juta rupiah
* Harga Datsun Go Plus Panca A = 92,5 juta
* Harga Datsun Go Plus Panca A Option = 93 juta
* Harga Datsun Go Plus Panca T = 99,9 juta rupiah atau 100 juta
* Harga Datsun Go Plus Panca T option = 103 juta rupiah

Pecinta otomotif bisa berpendapat dan menambahkan tentang datsun Go Plus agar informasi menjadi lebih lengkap untuk dibaca pembaca yang lain :-)

12 komentar:

  1. Untuk tipe A sudah dilengkapi power steering ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tipe a belum power steeering, sekedar tipe d yg ditambah ac..

      Hapus
  2. Apakah mobil ini nyaman apabila digunakan di daerah pegunungan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mobil kategori small MPV ini untuk perkotaan bro,,, kalau pegunungan coba cari mobil-mobil jenis SUV yang lebih handal kemampuan mesinnya dan lebih mampu melewati jalan-jalan off road

      Hapus
  3. Tape mobilnya bgmn? Tape biasa atau sdh cd dsb

    BalasHapus
  4. Alamah kodooong type d nya kok gini yooo Type A juga blom lengkap inyong harua beli type yang TERATAS NIH#alamaaaaa

    BalasHapus
  5. Type d nya ko jelek ya ,beli yang type t option aje laah

    BalasHapus
  6. Twitter,fb,instagram,line,dll ada gak?

    BalasHapus
  7. Mobil Datsun go+ panca tahan dan kuat gak? Jika di bawa pulkam dr Jkt ke Medan? Karna dlm waktu sy mau pulkam, tlg beri saran terbaik nya. Thanks

    BalasHapus
  8. Dlm waktu dekat sy akan pulkam dr Jkt ke kota Medan, rencana sy mau pake Datsun go+ panca, mengingat cc hny 1200cc sy sdkt ragu, tlg beri saran terbaik nya. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuat aja mas bro... cm ya gak senyaman mobil-mobil dengan spec yang lebih tinggi,,, mengingat tenaga mobil juga rendah 68 hp setara daihatsu ayla dan teknologi rem juga tidak sebagus mobil-mobil di atas 200 jt... kuat aja

      Hapus