6S Sebagai Prinsip Keselamatan Mengemudi Mobil

Lembaga yang memperhatikan tingkat keamanan/ keselamatan mengemudi mobil di Inggris mengumumkan prinsip mengemudi yang aman dengan 6M yakni: Slow, Secure, Silent, Sharp, Sustainable dan Sober. Ke 6 prinsip mengemudi ini dikembangkan berdasarkan banyak kecelakaan yang banyak terjadi beserta penyebabnya, berikut ini penjelasan dari ke 6 prinsip mengemudi aman tersebut:
1. Slow/ pelan : Pada prinsipnya semakin pelan maka resiko kecelakaan semakin kecil, prinsip slow ini menganjurkan agar pengemudi memacu mobil dibawah kecepatan maksimum jalan yang dianjurkan misalnya kecepatan maksimum jalan adalah 60 km/ jam maka pengemudi memacu mobil pada kecepatan 50 km/ jam. Prinsip slow ini juga menganjurkan pengemudi mengurangi kecepatan saat memasuki area pemukiman dan kondisi jalan yang berubah baik karena cuaca buruk maupun jalanan yang rusak.
2. Secure/ aman : mengemudi dengan tingkat keamanan yang maksimal, jika mobil kita dilengkapi dengan sabuk pengaman maka pakailah sabuk pengaman, jika membawa anak kecil tempatkan pada kursi tambahan khusus untuk anak, jika mengendarai motor gunakan helm, jika mengendarai sepeda gowes gunakan helm sepeda - rompi phospor (menyala) dan aktifkan signal sepeda.
3. Silent/ senyap : matikan seluruh ponsel/ gadget yang dapat memecah konsentrasi saat mengemudi, jangan ada suara yang dapat mengganggu konsentrasi pengemudi seperti penumpang yang mengajak berbicara.
4. Sharp/ waspada : menjaga kondisi tubuh sebelum mengemudi mobil, jangan mengemudi setelah minum obat, beristirahat ketika lelah, tidur berkualitas (setengah jam) saat kondisi mengantuk, hindari keadaan psikologis semacam panik - sedih - lelah - stres dan lain sebagainya. Mengemudi saat kondisi tubuh fit dan pikiran tenang (enjoy) bermanfaat untuk keselamatan seluruh penumpang
5. Sustainable/ menjaga lingkungan : mencoba menggunakan alat transportasi lain selain mobil misalnya sepeda gowes, jalan kaki, angkutan umum sehingga selain lebih aman juga menjaga menjaga lingkungan
6. Sober/ sadar : mengemudi dalam keadaan sadar, tidak terpengaruh alkohol maupun obat, penumpang juga disarankan agar menghindari mobil (terutama angkutan publik) dengan pengemudi yang terpengaruh alkohol maupun obat.

* Prinsip lain untuk keamanan mengemudi adalah:
1. menjaga jarak aman yakni 3 detik pada percepatan yang sama dengan mobil di depan
2. menghindari makan dan minum saat mengemudi
3. silahkan ditambahkan bagi pembaca yang mengetahui pada komentar,,,,

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini