Ulasan Suzuki Katana Kelebihan dan Kekurangan

Suzuki Katana adalah mobil jenis SUV (bisa dikatakan mini SUV) yang dikeluarkan Suzuki tahun 1987. sampai tahun 2006, Suzuki katana sebenarnya adalah varian teratas suzuki Suzuki Jimny (Jimny Katana). Dimensi Suzuki katana terbilang cukup mungil yakni memiliki panjang 3.040 mm, lebar 1.460 mm, tinggi 1.825 mm (untuk kabin memang lumayan tinggi).
Ekterior Suzuki Katana
Desain mungil dan sederhana ini karena Suzuki Katana di desain sangat minimalis dan bisa digunakan untuk berbagai kalangan usia baik anak
muda ataupun orang tua, mobil ini penggemarnya juga sangat banyak dari berbagai lapisan masyarakat dan berbagai usia (mungkin ini yang menyebabkan harga mobil ini termasuk sangat stabil tinggi).
Suzuki Katana memiliki body kaleng dengan dimensi panjang 3.430 mm, lebar 1.460 mm, tinggi 1.825 mm, jarak roda 2.030 mm dan radius belok 4,9 m. Suzuki katana memiliki 3 pintu yakni 2 di sisi samping kabin depan dan satu pintu di bagian belakang mobil.
Interior Suzuki Katana
Ukuran yang mungil membuat kabin mobil ini tidak lega dan hanya mampu menampung sekitar 4-5 orang saja, karenannya mobil ini memang di konsep sangat minimalis dan untuk keluarga kecil diperkotaan.
Suzuki Katana dilengkapi dengan beberapa fitur seperti AC, audio/tape, dan power steering sementara untuk fitur-fitur modern lainnya memang belum disematkan pada mobil yang sudah cukup lama beredar ini (misalnya kamera parkir, sensor parkir, alarm, kaca jendela elektrik, dll belum ada pada waktu itu).
Mobil ini memiliki desain kursi yang berbeda (tergantung tahun keluaran), yakni pada tahun awal keluar mobil ini adalah memiliki 3 baris seat yakni 2 seat di bagian depan dan 4 kursi di bagian belakang (menghadap samping dan berhadap-hadapan, daya muat mobil ini bisa 6 orang), sedangkan untuk suzuki katana yang baru hanya memiliki 2 baris kursi saja yang kesemuanya menghadap depan dan memiliki kapasitas penumpang maksimal 5 orang saja.
Mesin dan Performa Suzuki Katana
Suzuki Katana menggunakan mesin tipe F 10 A SOHC, 4 silinder segaris, 8 katup dengan kapasitas mesin 1000 cc. Perbandingan kompresi mobil ini 1:8,8. Daya maksimum yang dimiliki 50 ps/5.500 rpm dengan torsi maksimum 7,5 kgm/3.500 rpm.
Transimi yang digunakan adalah transmisi manual dengan kecepata 5-speed. Katana menggunakan steering ball nut. Supensi depan dan belakang mobil Katana menggunakan leaf spring.
Untuk sistem penggerak, awalnya Suzuki Katana memiliki 2 pilihan penggerak yakni yang 4 roda dan 4 roda, akan tetapi karena perkembangan yang berpenggerak 2 roda lebih banyak terjual maka makin lama suzuki hanya mengeluarkan yang berpenggerak 2 roda belakang saja.
Bahan bakar memang irit karena kapasitas mesin yang sedikit, tapi ini malah membuat tenaga mobil ini terbatas. Mobil katana ini kurang bisa dipacu untuk kecepatan tinggi akan tetapi handal untuk melewati tanjakan karena gear rasio mobil ini yang mendukung.
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Katana
Kelebihan mobil katana ini adalah:
Katana adalah mobil mini yang mungil dan sederhana yang tidak membutuhkan lahan parkir yang luas.
Kapasitas 1000 cc yang dimiliki Katana membuat mobil ini irit bahan bakar. Desain mobil yang sangat fleksibel dan juga minimalis, bisa digunakan untuk semua kalangan. Bentuk yang tidak kaku menjadikan mobil ini bisa dimodifikasi sesuai selera pemilik.
Sedangkan kelemahan mobil Katana sendiri ada pada suspensinya yang keras, tidak adanya booster rem dan interiornya yang sempit. Kapasitas yang terlalu kecil membuat tenaga mobil ini terbatas dan overheat saat kondisi macet.
Harga Suzuki Katana
Harga baru Suzuki Katana sudah tidak ada di pasaran karena mobil ini sudah tidak di produksi sejak tahun 2006, akan tetapi mobil ini masih memiliki harga bekas yang cukup tinggi, berikut adalah harga pasaran Suzuki Katana:
Harga bekas Suzuki Katana Tahun 2000 adalah Rp. 60.000.000
Suzuki Katana Tahun 2001 : Harga Rp. 63.000.000
Suzuki Katana Tahun 2002 Harga Rp. 66.000.000
Suzuki Katana Tahun 2003 Harga Rp. 69.000.000
Suzuki Katana Tahun 2004 Harga Rp. 72.000.000
Suzuki Katana Tahun 2005 Harga Rp. 75.000.000
Suzuki Katana Tahun 2006 Harga Rp. 78.000.000
Untuk tahun-tahun sebelumnya bisa dilihat di Harga Pasaran Suzuki Katana Bekas
Harga ini adalah harga rata-rata yang diambil dari tokobagus dan berniaga, sedangkan tiap kota memiliki standar harga yang mungkin berbeda, misalnya untuk mobil dengan plat N (kota malang) akan lebih mahal dari mobil Plat L (kota surabaya). Penyebabnya cukup banyak, salah satunya mobil dari kota malang memiliki kadar garam yang rendah dan lebih terawat, hal ini mungkin berbeda-beda dengan kota lain.
Pertimbangkan pula kondisi mobil yang akan dibeli, karena harga mobil bekas juga tergantung pada kelengkapan surat, kondisi interior, eksterior, mesin dan lain sebagainya.
Rival Suzuki Katana
Jaman tahun Suzuki Katana dikeluarkan, tidak banyak mobil jenis ini yang keluar (bisa dihitung dengan jari), paling tidak ada beberapa mobil SUV yang satu kelas dengan Suzuki katana antara lain
Daihatsu Feroza
Chevrolet Trooper
Daihatsu Taft

16 komentar:

  1. saya senang mengendarai suzuki katana. ringan dan irit.

    BalasHapus
  2. mobil saya katana tahun 1990...pride to drive

    BalasHapus
  3. apakah katana jg memproduksi model kanvas/bak terbuka atau hrs modif sendiri ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada suzuki siera, harganya lumayan mahal di atas 80jt untuk tahun 84

      Hapus
  4. katana memang irit di tol masih bisa 100km -110km.tanjakan manap

    BalasHapus
  5. KATANAKU HIJAU 2000, TARIKANNYA JOSS DI JALAN MENANJAK.... HEHE.

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Ada neh gan ..katana ane mw dijual..minat hub ane di 08568012946 cek lagsg z ke rmh..

      Hapus
  7. Mw dijual neh gan katana kesayangan ane th.92 mesin kering..ac dingin..jarang pake nongkrong z dgarasi..jok sdh hadap depan kulitnya motif jarum super...kl minat cek lhsg z krmh atau hub ane di no 08568012946.. lokasi tangerang..

    BalasHapus
  8. Punya ane gan ada drmh katana th92 mesin ok jok sdh hadap depan motif jarum super minat lgsg z cek krmh atau hub saya dl di 08568011946

    BalasHapus
  9. benar benar mantaf di pakai mudik kekampung jalan jelek dan banyak tanjakan katana memang ok,sy pernah bawa mobil muda th 2014 ngeden......sip buat pengemar katana irit bbm ,irit spare part.

    BalasHapus
  10. lagi nyari power steering katana, dimana yah, berapa harganya

    BalasHapus