Test Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power

Bulan ke tiga tahun 2014 ini Mitsubishi kembali mengeluarkan varian terbaru dari mobil off road double cab 4x4 Strada Triton VGT Hi-Power, di test di beberapa kota besar seperti jakarta dan medan mobil Strada Triton Hi-Power ini mampu melibas jalan tanah dengan kecepatan 120 Km/jam. Mobil dengan mesin 2500 cc ini mampu menghasilkan tenaga 178 Hp (cukup untuk garuk tanah yang bandel), torsi mobil ini juga cukup besar yakni 35,7 Kgm. Untuk mesin Strada Triton VGT Hi-Power ini jauh lebih besar dibandingkan Strada Triton Exeed varian sebelumnya (baca ulasan strada triton varian sebelumnya)
Mitsubishi Strada Triton bisa dikatakan mobil yang multi fungsi dan memiliki banyak kelebihan antara lain:
1. Kabin yang d cab (double cabin), 2 baris kabin depan dan kabin belakang berupa bak terbuka. Double Cabin ini sangat cocok untuk adventure misalnya membawa trail atau sepeda gunung pada cabin belakang sedang kabin depan membawa penumpang
2. Ban besar dan grid besar membuat mobil ini mampu menaklukkan medan-medan yang cukup berat berat (jalan berbatu, jalan tanah, jalan berpasir, jalan berair, jalan licin, jalan lumpur, semak-semak dan lain-lain)
3. Mesin yang penuh tenaga, meskipun hanya dibekali mesin 2500 cc akan tetapi mampu menghasilkan jantung pacu mobil 178 Hp, mesin diesel yang digunakan adalah mesin diesel generasi terbaru biasa disebut Diesel Common Rail (rendah polusi udara, suara, getaran tapi tenaga lebih besar dan hemat bahan bakar).
4. Mobil ini memiliki kenyamanan yang sangat baik setara mobil sedan, banyak pecinta otomotif mengatakan jika ingin mengendarai mobil senyaman sedan tapi mampu melibas track-track berat maka Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power adalah pilihan yang tepat.
5. Harga Mitsubishi Strada Triton VGT Hi Power juga tergolong murah sekitar 300 jutaan akan tetapi memperoleh mobil dengan kualitas sangat baik
Eksterior Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power
Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power ini secara keseluruhan memiliki ukurang yang besar, cocok untuk adventure. Berikut adalah dimensi eksterior (ukuran) mobil:
* Panjang : 5115 mm (5,12 meter)
* Lebar : 1800 mm (1,8 meter)
* Tinggi : 1810 mm (1,81 meter)
* Ground Clearance : 235 mm (23,5 cm). Semakin tinggi ground clearance mobil maka semakin meningkat pula kemampuan melewati jalan offroad atau jalan tidak rata misalnya naik turun dan berbatu.
* Berat : 1895 Kg (hampir 2 ton), menurut www.mobilku.org untuk mobil kelas adventure seperti ini memiliki bobot dibawah 2 ton adalah sangat ringan.
Pada bagian depan yang paling mencolok adalah lubang udara dan head lamp yang ditempatkan cukup tinggi, Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power Selain memiliki ground clearance yang cukup tinggi 23,5 cm juga memiliki lubang udara yang cukup tinggi sehingga mobil ini sangat tangguh dalam melibas track-track yang memiliki genangan air. Desain bumper juga kokoh yang membuat mobil ini tampil tangguh
Pada bagian sisi samping Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power ini dilindungi dengan side body moulding yang menambah kesan keren juga melindungi mobil dari benturan ringan atau goresan yang mungkin terjadi, pada sisi samping juga masih dibenamkan lampu sein sehingga pengemudi untuk memberi sinyal pada pengendara lain saat akan berbelok. Penambahan lampu sein pada spin mobil ini juga memudahkan pengemudi saat ingin berbelok untuk mendukung lampu sein utama di bagian depan dan belakang (bumper depan dan cabin kedua).
Bagian Belakang dilengkapi dengan pijakan kaki yang memudahkan penumpang untuk menaiki cabin belakang terutama untuk menata barang bawaan, pada bagian belakang juga high mount stop lamp persis di atas handle door kabin belakang. Untuk velg Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power memakai velg alloy (alumunium) dengan ukuran roda 265/70/R16
Interior Mitsubishi Strada Triton Hi-Power
Pada bagian interior mobil Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power memiliki 2 baris kursi yang memiliki kapasitas penumpang 5 orang (2 baris depan dan 3 baris belakang), jadi pecinta otomotif tidak perlu resah jika dikatakan mobil ini tidak bisa membawa penumpang banyak karena untuk kabin depan saja mobil ini mampu membawa 5 penumpang layaknya mobil sedan. Pada kursinya Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power VGT dibalut dengan jok kulit yang mendukung kenyamanan saat di medan on road maupun offroad.
Bagian dashboard Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan sistem kontrol audio digital, kontrol pengatur suhu udara AC, kontrol mirror door lock, kontrol kecepatan mobil, cadangan BBM dalam tangki, kontrol Rpm (putaran mesin), suhu mesin, dan lain-lain.
Secara umum interior mobil ini menyuguhkan kenyamanan yang sangat memadai dengan empuknya kursi, lembutnya jok, dinginnya AC, sistem audio, kapasitas penumpang, sabuk pengaman pada tiap kursi dan banyak lagi.
Sementara untuk kabin belakang (pick up) juga ditata sangat rapi dengan penambahan karet pada lantai cabin, sehingga sangat memudahkan dalam membawa barang karena cukup terlindung. Pada kabin terbuka ini juga disediakan 4 buah kait yang bisa dipergunakan jika pengemudi ingin menutup kabin belakang misalnya dengan plastik atau dengan penutup dari mitsubishi
Mesin Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power
Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power memakai mesin diesel dengan teknologi common rail intercooler dan turbo charger, intercooler ini sebagai pendingin sehingga mesin bisa tetap dingin saat bekerja dan mampu bekerja optimal dalam waktu yang lebih lama, sedangkan turbo charger berfungsi memudahkan mobil di starter pada suhu yang dingin dimana pecinta otomotif mungkin banyak mengeluhkan bahwa mobil mobil diesel sulit dihidupkan saat kedinginan (hal ini tidak berlaku pada Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power), mesin ini juga memakai teknologi DOHC 16 katub 4 silinder, teknologi mesin yang stabil.
Berikut Spesifikasi mesin Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power:
* Tipe mesin : Diesel Common Rail DOHC 4 Silinder (4D56) High Power
* Kapasitas mesin (volume ruang bakar) : 2477 cc
* Tenaga Maksimum : 178 Ps pada putaran mesin 4000 Rpm
* Torsi : 35,7 Kgm atau 350 Nm pada putaran mesin 1800 - 3500 rpm
* Jenis bahan bakar : Solar
* Pasokan bahan bakar : Commonrail (low pressure) Dirrect Injection
* Sisterm penggerak : 4x4 atau 4 roda (depan dan belakang)
* Sistem transmisi : Otomatis / matic
Safety

Sistem keamanan baik pengemudi maupun penumpang Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power sudah sangat baik, antara lain :
* Dual airbags, Strada Triton VGT ini dibekali dual airbags pada bagian depan yakni 1 pada bagian pengemudi dan satu lagi pada penumpang depan
* Sabuk pengaman pada seluruh kursi (pengemudi dan penumpang), ke 5 kursi pada baris depan dan belakang memiliki sabuk pengaman
* Rem ABS dan EBD, yang membuat mobil ini anti selip saat direm meskipun diinjak sangat keras
Harga
Untuk harga secara resmi belum dapat kami informasikan, tapi perkiraan kami mobil ini masih dalam kisaran harga 300 jutaan (tidak diatas 400 juta), cukup murah jika melihat spesifikasi mesin dan kemampuan mobil.
Jika sudah keluar kami informasikan secepat mungkin
Kelebihan dan Kekurangan
Yang kami sukai pada mobil ini adalah:
- Desain eksterior yang bagus dan tangguh
- Tenaga mesin (tarikan untuk offroad)
- Interior dan sistem kemudi yang nyaman
Yang kami rasa kurang dan perlu ditambahkan pada mobil ini:
- Fitur entertaiment seperti internet browser
- Fitur navigasi seperti GPS built in
Rival
Rival/ pesaing strada vgt ini adalah:
* Toyota Hilux
* Isuzu D Max
* Ford Ranger

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini