Spesifikasi Mitsubishi Delica D-5 Indonesia

www.mobilku.org - Kabar yang cukup menggembirakan untuk penggemar mobil MPV berkualitas karena akhir tahun 2014 ini Mitsubishi akan mengeluarkan MPV dengan penggerak 4 roda 4x4 yakni Mitsubishi Delica D-5 (agar mudah dalam penulisan maka ditulis "Mitsubishi Delica D5" saja). Mobil MPV premium ini akan bersaing ketat dengan mobil-mobil MPV premium dari produsen otomotif
lain seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Mazda Biante, Honda Odyssey.
Secara pasti harga Mitsubishi Delica ini belum diumumkan, akan tetapi jika melihat spek delica d-5 yang menggunakan sistem penggerak 4 roda dan tenaga sampai 170 Hp nampaknya harga mobil ini masih di atas 500 juta.
Mitsubishi Delica D5 sebenarnya sudah pernah diperkenalkan di IIMS 2010 di Jakarta sebagai mobil konsep, akan tetapi baru tahun 2014 pihak KTB (ATPM Mitsubishi di Indonesia) memiliki rencana melepas ke pasar otomotif tanah air. Secara konsep sebenarnya Mitsubishi Delica D-5 bukanlah pure MPV melaincan Crossover MPV, yakni penggabungan antara MPV dengan konsep mobil lain (dalam hal ini SUV).
Mobil jenis Crossover memang akhir-akhir ini marak di Indonesia sebut saja Suzuki SX4 (SUV dan City Car), Honda CRV (MPV dan SUV), Suzuki Splash (MPV dan City Car). Kelebihan mobil-mobil Crossover adalah fungsinya yang lebih banyak dan mengambil keunggulan dari masing-masing jenis yang digabungkan, misalnya Suzuki Splash (Crossover City Car dan MPV) mobil ini panjang dan lebarnya mirip city car sehingga mudah dalam hal parkir dan melewati jalan perkotaan, akan tetapi suzuki splash juga memiliki kemampuan layaknya MPV yakni mampu mengangkut barang yang lebih banyak dengan cara meninggikan kabin sehingga volume ruangan kabin menjadi besar dan mampu memuat banyak barang bawaan :-) he he he... smart bukan :-)
Kembali ke Crossover Mitsubishi Delica D5 yang merupakan penggabungan MPV dan SUV, mobil ini memiliki keunggulan pada kekuatan mesin layaknya mobil SUV dengan 4x4 nya dan tenaga 170 Hp, dan juga memiliki keunggulan pada kemampuan membawa penumpang layaknya mobil MPV dengan kapasitas penumpang sampai 7 orang.
Mobil Delica ini sebenarnya adalah mobil jenis MPV, akan tetapi memiliki cita rasa SUV yakni mesin yang kuat dengan kemampuan jelajah medan-medan offroad. Ground Clearance mobil ini sebesar 19 cm memingkinkan pengemudi mampu melewati jalan berair/ berbatu/ berlumpur dengan lebih baik dibanding MPV kebanyakan. Sedangkan daya muat yang besar membuat mobil ini cukup bisa diandalkan untuk membawa penumpang + barang lebih dari SUV kebanyakan.
Bisa dikatakan Delica D5 adalah perpaduan MPV dan SUV atau sering disebut crossover yakni memadukan kemampuan membawa penumpang mobil MPV dan kemampuan melewati jalan ekstrim mobil SUV
Mesin Mitsubishi Delica D5
Mobil ini adalah mobil pertama yang dikeluarkan oleh Mitsubishi dengan konsep cocoshi, dibangun dengan 3 aspek, yakni bersih, bebas stress, aman dan nyaman.
Mitsubishi Delica D5 ini dibekali dengan mesin MIVEC 2,4 liter mesin bensin, menggunakan bahan bakar pertamax/ premium/ bensin. Mobil ini mampu menghasilkan tenaga 167 hp pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi mencapai 226 Nm pada putaran mesin 4100 rpm. Mitsubishi Delica D5 ini memakai sistem transmisi otomatis CVT INVECS 5-speed yang disalurkan pada 4 rodanya (sistem penggerak 4x4).
Ornamen/ Fitur Mitsubishi Delica D5
Mitsubishi Delica D5 memiliki banyak fitur keamanan antara lain 3x Dual Mode SRS Airbag pada bagian pengemudi, lutut pengemudi dan penumpang depan. Mobil ini juga dilengkapi dengan fitur lainnya seperti Dual zone aircon (AC), UV cut glass (yakni kaca yang mampu menolak sinar ultra violet), rem ABS dan EBD, lampu utama menggunakan Xenon HID Headlights dan lain sebagainya.
Pemberian Headrest dan Arm Rest pada tiap baris kursi memberikan kenyamanan yang ekstra untuk para penumpang, sementara keleluasaan pergerakan kursi (baris ketiga yang bisa dilipat) dan baris ke dua (yang bisa dimaju-mundurkan) membuat mobil ini sangat fleksibel terutama saat dibutuhkan membawa barang bawaan yang cukup banyak. Kabin yang luas juga menjadi pertimbangan yang cukup baik ketika memilih mobil ini, sehingga mobil yang mampu memuat sampai 7 orang penumpang ini terasa cukup lega meskipun seluruh seat (kursi) di isi penumpang :-)
Kelebihan dan Kelemahan
Mitsubishi Delica D5 memiliki banyak kelebihan antara lain:
* Tenaga mesin yang besar 170 Hp
* Kapasitas penumpang yang banyak, sampai 7 orang
* Sistem penggerak 4x4
* Kenyamanan dan keselamatan yang sangat diperhatikan
* Kabin yang lapang, selain membuat nyaman juga lebih bisa membawa barang bawaan
Sementara kelemahan Mitsubishi Delica D5 adalah pada:
* Desain Eksterior yang kami rasa kurang menarik
* Mesin memakai bensin, sedangkan umumnya jika penggerak adalah 4 roda (4x4) banyak memakai mesin diesel, karena torsi lebih besar dan kinerja mesin diesel lebih handal.
Harga Mitsubishi Delica D5
Harga Mitsubishi Delica di negara asalnya sekitar 350 juta rupiah, dan diperkirakan ketika masuk Indonesia harga mobil ini bisa mencapai 600 juta rupiah karena kebijakan pajak mobil (PPnBM) yang cukup tinggi sampai 2x lipat dari harga jual pabrik.
Update harga di pameran IIMS
Harga mitsubishi delica on the road DKI Jakarta adalah 409 juta rupiah :-) cukup bersaing jika melihat kemampuan mesin dan kemampuan membawa beban mobil ini
Rival Mitsubishi Delica D5
Pesaing mobil ini dengan harga yang relatif hampir sama adalah:
* Toyota Alphard
* Mazda Biante
* Honda Odyssey
* Nissan Elgrand

14 komentar:

  1. sekedar info mitsubishi l300 juga merupakan pendahulu mobil in.. i

    BalasHapus
  2. Kalau bisa dibuat Mitsubishi Delica D:5 harga di bawah 200 juta !

    BalasHapus
    Balasan
    1. gila kali mobil dibawah 200jt udh naik angkot aja sana miskin HAHAHAHA

      Hapus
  3. di down spek aja ga bisa ya? seperti penggerak hanya 2 roda kemudian mesinnya diesel krena penggerak 4 roda ditambah mesin bensin sepertinya akan boros sekali dijalanan jakarta yang seringnya injek rem daripada pedal gas.

    BalasHapus
  4. mobil Delica ini berjenis MPV tapi berkarakter SUV, croosover yang istimewa

    BalasHapus
  5. bulan depan harga turun jadi 100jt wkkkk

    BalasHapus
  6. jika harganya antara rp 250 juta sd 300jt.....mantab nih

    BalasHapus
  7. resminya akan keluar dengan range harga 400-450 juta
    kalo di situs resmi 409.000 jadi diliat dari kelas akan head to head vs toyota h1 nissan serena and mazda biante
    kalo sparing ama alphard ato odissey lewat lah ..kelasnya beda

    BalasHapus
  8. delica jadi pilihan tambahan buat masyarakat indonesia,

    BalasHapus
  9. mitsubishi delica jadi pilihan tambahan masyarakat indonesia. fleksibilitas kabin bisa jadi daya tarik utamanya

    BalasHapus
  10. Masih kalah sama proton mobnas...

    BalasHapus
  11. menurut saya, sulit laku, karena design yang kurang menarik dan 4x4 nya pasti boros.....

    BalasHapus
  12. upgrade fitur dan aktifasi auto door lock by vehicle speed 20 km/jam di mitsubishi delica.
    087710413829

    BalasHapus