Keunggulan dan Kelemahan Hyundai Getz

Hyundai Getz
Hyundai Getz adalah mobil keluaran Korea Selatan yang diproduksi oleh Hyundai Motor Company, mobil ini diluncurkan di Indonesia pada bulan Juli 2003 dan berhenti dipasarkan di tanah air pada tahun 2009 karena mobil ini sudah digantikan dengan Hyundai I20.
Hyundai Getz ini memiliki body yang mungil sehingga mobil ini lebih dikenal sebagai mobil city car, meskipun sebenarnya mobil ini lebih cocok dengan sebutan mini MPV. Mobil Getz ini menggunakan mesin berkapasitas 1.300 cc dengan 12 katup dan ternyata mobil mampu menghasikan tenaga yang cukup gesit di jalan raya. Mobil ini menggunakan 2 jenis transmisi yakni transmisi otomatis dengan 4-speed da manual dengan 5-speed.
Hyundai Getz memilliki pilihan varian warna yang cukup banyak yakni passion red, noble white, blue onyx, bright silver, dynasty red, ebony black, midnight grey, real earth, sky blue, dan spacy silver.
Eksterior Hyundai Getz
Hyundai Getz memiliki dimensi panjang 3810 mm, lebar 1665 mm, tinggi 1495 mm, jarak sumbu roda 2455 mm dengan jarak pijak depan dan pijak belakang 1450 mm. Radius putar mobil Hyundai Getz yakni 4,95 m dengan berat kosong mobil 1022 kg.
Desain bumper Hyundai Getz yang lebar dan menonjol kedepan memberikan kesan sporty pada mobil dan dapat mencegah terjadi goresan eksternal serta mudah untuk diganti. Bentuk headlamp yang memanjang dan selaras dengan garis kap memberikan penerangan yang lebih optimal dan foglamp bulat pada bumper yang membantu penerangan saat cuaca buruk.
Hyundai Getz memiliki 4 lampu kombinasi belakang yang memberikan tampilan segar pada mobil dan menambah keindahan bak belakang, sementara untuk kaki-kaki Hyundai Getz menggunakan velg jenis alloy berdiameter 14 inch, dengan ukuran ban 175/65 R14.
Sistem suspensi depan Hyundai Getz memakai independent Mac Pherson Srtut dengan Coil Spring dan Anti Roll Stabilizer Bar, sementara suspensi belakang mobil ini memakai Dual Link Type (Coupled Torsion Beam Axle/CTBA) dengan Coil Spring dan Gas Shock Absober, Anti-Roll Stabillizer Bar.
Interior Hyundai Getz
Hyundai Getz memiliki desain interior yang mewah dengan bentuk bulat panel meter yang berwarna biru menyala,  warna biru menyala pada panel meter ini bertujuan untuk memudahkan saat membaca tachometer, speedometer, dan indikator bahan bakar mobil.
Konsol tengah mobil Hyundai Getz disediakan guna meletakkan barang seperti kaset CD/DVD, pena, ponsel, artikel, dan lain sebagainya. Hyundai Getz dilengkapi dengan jam digital yang terletak dibagian konsol tengah, jam ini bertujuan untuk melihat waktu.
Hyunda Getz menyediakan armrest yang dapat dilipat di bagian pengemudi, yang bertujuan untuk mengistirahatkan tangan pengemudi ketika kelelahan dalam mengemudikan mobil.
Ruag kabin bawah kemudi yang cukup leluasa, ruang ini dapat memudahkan gerakan kaki pengemudi saat mengoperasikan mobil yang bertransmisi manual.
Mesin dan Performa Hyundai Getz
Hyundai Getz mengusung mesin jenis Epsilon Engine 1.3 M/T dengan 4 silinder, tipe SOHC, 12 katup dengan kapasitas mesin 1.341 cc, bahan bakar jenis gasoline yang dihasilkan lebih irit dengan perbandingan kompresi 9,5:1 dan dengan kapasitas tangki 45 liter. Hyundai Getz memiliki tenaga maksimum hingga 82 Ps pada putaran mein 5800 Rpm, mobil ini memiliki torsi sebesar 11,8 Kgm pada putaran mesin 3200 Rpm.
Mobil ini memakai sistem pasokan bahan bakar memakai sistem Multi Point Injection, sehingga lebih efisien dalam pemakaian bahan bakarnya.
Safety Hyundai Getz
Hyundai Getz dilengkapi dengan beberapa sistem keamanan seperti 2 Clutch Lock (kunci kopling), kunci kopling ini sebagai pengaman ganda selain alarm standart mobil. Rem cakram roda depan mobil Hyundai Gezt menggunakan sistem ABS, sistem ABS ini bertujuan untuk menambah traksi dan control mobil.
Hyundai getz dilengkapi dengan Nozzle Washer Jet, nozzle washer jet ini bertujuan untuk membersihkan cipratan air secara efektis sehingga pandangan pengemudi terhadap jalan lebih jelas.
Kelebihan dan Kekurangan Hyundai Getz
Kelebihan mobil ini yakni ruang kabin bawah pengemudi yang cukup leluasa untuk menggerakan kaki saat mengoperasikan mobil dengan transmisi manual ini, penggunaan bahan bakar yang cukup irit dengan perbandingan kompresi 9,5:1, panel meter pada dasbor yang mudah dibaca dengan bantuan warna biru menyalanya.
Kekurangan mobil ini ada pada harga jual yang kembali rendah, membuat orang yang ingin menjual mobil ini merasa sangat rugi besar. Kekurangan lainnya juga ada pada suku cadang yang sulit dicari dan harganya pun cukup mahal.
Harga Getz Hyundai Getz
Harga bekas Hyundai Getz ini terbilang cukup murah misalnya untuk Hyundai Getz keluaran 2003 harga berkisar 60 juta sampai 70 juta rupiah.

3 komentar: