Tips Membersihkan Mobil dari Abu Letusan Gunung

Membersihkan mobil dari letusan abu vulkanik gunung berapi menjadi tips kita akhir pekan ini, sehubungan dengan meletusnya beberapa gunung di Indonesia, letusan gunung kerap terjadi mulai merapi, sinabung dan terakhir gunung kelud menyemburkan hujan abu bahkan sampai jawa tengah. Menurut peramalan gunung meletus ini akan
terjadi pada banyak gunung berapi di Indonesia karena ternyata gunung api satu dengan yang lain saling berhubungan aliran magmanya, diprediksi ada 25 gunung api di indonesia yang diwaspadai karena sedang menunjukkan peningkatan aktifitas.
Akibat Abu Vulkanik di Mobil
Debu vulkanik atau abu letusan gunung api ternyata cukup berbahaya karena abu ini mengandung asam yang tinggi, asam abu vulkanik ini bisa menyebabkan kerusakan pada benda-benda yang disentuhnya (kita masih ingat kasus abu gunung merapi yang sampai candi borobudur, secepat mungkin pengelola candi membersihkan abu itu karena bisa merusak warna dari batuan candi).
Abu vulkanik juga memiliki bentuk yang berbeda dari abu biasa makera abu letusan gunung api memiliki tekstur yang kasar, agak keras dan lebih runcing. Kandungan asam dan tekstur abu ini membuat abu vulkanik berbahaya pada mobil, berikutnya adalah bagaimana kita membersihkan abu letusan gunung tersebut.
Prinsip mencegah daripada mengobati sangat berlaku saat terjadi gunung meletus, jika mobil anda belum terkena abu maka cegahlah dengan cara:
1. Sebisa mungkin menghindari menjalankan mobil saat hujan abu, kecuali terdesak dan mengancam keselamatan dan kita harus memakai mobil maka tidak apa-apa
2. Menempatkan mobil pada tempat tertutup seperti garasi, kemudian mobil ditutup dengan cover mobil (plastik pembungkus mobil).
Membersihkan Mobil dari Abu Letusan Gunung
Jika mobil terkena bahkan tertutup abu/ debu maka yang harus dilakukan adalah:
1. Semprot mobil dengan air bersih secara perlahan-lahan, usahakan abu/ debu vulkanik larut dalam air kemudian jatuh ke bawah mobil. Setelah debu terlihat bersih dari mobil maka gunakan campuran air dan shampo untuk membersihkan sisa-sisa debu yang tidak terlihat, siramkan air sampai merata kemudian semprot lagi dengan air bersih. Lakukan kembali penyiraman dengan air+shampo disertapi pengelapan menggunakan spon halus kemudian semprot kembali dengan air bersih, lap lalu keringkan pada tempat yang aman dari debu (Hindari mengelap mobil sebelum abu benar-benar hilang oleh air karena menyebabkan cat menjadi baret dan buram)
2. Bersihkan filter udara, ini cukup penting untuk mencegah debu masuk pada ruang bakar dan dikhawatirkan merusak ruang bakar (silinder), lebih aman jika filter diganti
3. Bersihkan radiator, consensor AC dan Steam mobil. (ingat debu mengandung asam yg mempercepat logam berkarat, jadi jika ada debu yg masih menempel pada logam jangan ragu untuk menghilangkannya)
4. Bersihkan bagian rem terutama untuk mobil yang habis melewati jalanan berdebu (ganti karet wiper lebih disarankan untuk wiper yang terpaksa digunakan menyeka abu vulkanik saat mobil di perjalanan)
5. Vacuum cleaner juga bisa digunakan jika memang diperlukan :-)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini