Mobil Terlaris Tahun 2013 2014

www.mobilku.org - Selama tahun 2013 beberapa mobil yang  paling banyak diminati masih dipegang oleh mobil-mobil jenis MPV (mobil keluarga) yang dipimpin oleh Toyota avanza, kemudian diikuti dengan mobil SUV atau Crossover yang dipimpin oleh Toyota Rush, kemudian kelas city car yang masih dipegang oleh honda Jazz.
Menurut data yang diperoleh www.mobilku.org terdapat sekitar 1,2 juta mobil terjual di Indonesia pada tahun 2013 kemarin dengan dominasi masih pada pabrikan toyota, Daihatsu, Suzuki dan Honda. Berikut ini merupakan peringkat mobil terlaris tahun 2013:
1. Toyota Avanza, terjual sebanyak  213,5 ribu unit
2. Daihatsu Xenia, terjual 64,6 ribu unit
3. Toyota Kijang Innova, terjual 64,5 ribu unit
4. Suzuki Ertiga, terjual sebanyak 63,3 ribu unit
5. Nissan Grand Livina, terjual 35,4 ribu unit
6. Toyota Rush, 35 ribu unit
7. Honda Jazz, terjual 27,8 ribu unit
8. Daihatsu Terios, terjual sebanyak 25,7 ribu unit
9. Toyota Agya, terjual 22,4 ribu unit
10. Honda CRV, terjual 20,4 ribu unit.
* untuk review mobil-mobil bisa langsung dilihat pada artikel yang telah mengulas tentang-mobil-mobil tersebut di atas
Dari mobil-mobil paling laris di atas, ada 2 mobil yang cukup menarik perhatian yakni kemampuan suzuki ertiga masuk dalam jajaran mobil terlaris dengan angka yang cukup bagus (selisih 300 unit dari daihatsu xenia), menurut pakar otomotif Ertiga merupakan salah satu mobil MPV yang bakal merubah market share Low MPV nasional dan memberikan iklim kompetisi yang sehat pada produsen otomotif di Indonesia.
Satu lagi yakni Toyota Agya, yang mana mobil ini baru saja di jual tahun 2013 dan langsung menempati urutan ke 9 mobil paling laris di Indonesia.Tahun 2013 memang tahun yang sangat unik dimana banyak sekali mobil-mobil baru bermunculan terutama dari jenis mpv seperti chevrolet spin, ertiga matic, Toyota Nav1, Mazda8 dan lain sebagainya. Pada tahun ini pula mobil LCGC mulai keluar seperti daihatsu ayla, toyota agya, suzuki wagon R, Brio satya dan lain sebagainya. Kemunculan mobil-mobil baru ini memang belum signifikan mendongkrak penjualan mobil tahun 2013, akan tetapi tahun 2014 mobil-mobil ini diprediksi bakal merubah pasar otomotif nasional terutama dengan mobil-mobil murah (LCGC dan MPV Low End).
Tahun 2014 diperkirakan persaingan pasar otomotif akan sangat bagus terutama untuk mobil jenis MPV dimana ada Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Chevrolet Spin, dan pendatang baru MPV dari Honda yakni Honda Mobilio. Sementara untuk pasar mobil jenis City Car yang akan bersaing yakni Honda Jazz, Toyota Yaris, Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio, Honda Brio Satya, Mitsubishi Mirage, Suzuki Karimun Wagon, Etios Valco dan banyak lagi.
Persaingan yang sehat adalah konsumen memiliki banyak pilihan sehingga produsen akan berlomba memberikan mobil paling baik dan mobil paling murah, semoga tahun 2014 mobil bisa terjangkau oleh banyak kalangan di Indonesia terutama dengan mobil-mobil termurah yang harganya berkisar 80 jutaan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini