Membersihkan Bagian Bawah Mobil

Membersihkan kolong mobil atau bagian bawah dari mobil saat musim hujan menjadi hal yang wajib dilakukan. Banyaknya genangan air yang membawa lumpur ataupun kerap menempel pada kolong mobil yang jika dibiarkan dapat menyebabkan karat ataupun getas.
Sebenarnya jika ingin praktis, pecinta otomotif bisa membawa ke tempat cuci mobil yang ada fasilitas hodroliknya sehingga mobil bisa diangkat dan disemprot sampai bagian bawahnya, akan tetapi jika pecinta otomotif pecinta otomotif tetap bisa membersihkan kolong mobil di rumah jika tidak sempat ke tempat cuci mobil.
Berikut ini adalah bagian-bagian bawah mobil yang seharusnya dibersihkan dan cara membersihkannya
Pada bagian bawah mobil (kolong mobil) paling tidak ada 4 bagian yang bisa dibersihkan antara lain:
1. Bumper depan dan belakang: pada bumper biasanya terdapat dedaunan dan endapan pasir/ lumpur yang tersangkut, terlebih jika mobil melalui jalan tanah atau jalanan yang sedang hujang. Cara membersihkannya: bersihkan terlebih dahulu bumper dari ranting dan dedaunan yang mungkin tersangkut, setelah itu seprot dengan air kemudian bersihkan menggunakan sikat halus dan deterjen untuk mengangkat kerak yang mungkin terjadi, lalu keringkan
2. Sepatbor: sepatbor sebenarnya cukup mudah dijangkau akan tetapi kita sering lupa membersihkannya, cara membersihkannya cukup semprot dengan air dan gunakan sikat halus untuk mengangkat kerak
3. Bagian As Roda, lengan ayun serta suspensi: pada bagian ini harus dilakukan dengan hati-hati terutama ada karet-karet pada as roda dan kemudi, jangan sampai karet tersebut robek. Bersihkan oli yang menempel dengan cairan pembersih, untuk sokbreker bersihkan dari atas ke bawah.
4. Radiator dan Kondensor AC: terletak dibalik grill dan bumper, biasanya terdapat daun kering dan hewan-hewan kecil yang tersangkut pada dua bagian ini. Cara membersihkan: semprot dengan air dan jangan disikat, hal ini untuk menghindari kerusakan karena terdapat bagian-bagian yang cukup lunak di sini.
Untuk sikat yang digunakan, gunakanlah sikat yang memiliki pegangan cukup panjang kira-kira 30 cm, atau pecinta otomotif bisa membeli di toko aksesoris mobil (sikat untuk kolong mobil).

2 komentar:

  1. saya punya corola greet 1996, kalu akan memulai maju dengan igi satu, mobil terasa bergetar tersendat jadi tidak mulus berangkatnya ini sampai terasa kalau perpindahan gigi dari satu kedua, apakah ada keausan dalam kopling saya, terus kalau mau ganti kira kira berapa cost nya bang, makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek ke bengkel aja mas, montirnya suruh nyoba..
      sepertinya itu bukan kampas kopling habis, klo kampas kopling habis digas seperti gak maju (mesin meraung tapi mobil gak jalan).
      Kalo bergetar kemungkinan masalah pada ruang bakarnya... bengkel biasanya sangat paham akan hal ini.
      Biaya ganti kampas kopling kira2 1,5 jutaan mas

      Hapus