Keunggulan Daihatsu Terios Facelift Adventure

Jika pecinta otomotif menginginkan sebuah mobil adventure akan tetapi dana terbatas pecinta otomotif bisa mempertimbangkan mobil SUV besutan daihatsu ini, mobil dengan varian tertinggi Daihatsu Terios TX AT Facelift ini dijual dengan harga 220 juta. Cukup murah bukan untuk harga mobil SUV,
ingin lebih murah lagi bisa melihat varian terios yang lebih rendah seperti terios TS ataupun TX non facelift yang dijual seharga 170 jutaan on the road.
Daihatsu Terios TX AT Facelift ini memiliki banyak keunggulan, antara lain:
1. Harga yang hemat pastinya
2. Kapasitas penumpang sampai 7 orang
3. Konsumsi BBM Hemat
4. Dilengkapi dengan GPS Built in, kamera parkir dan LED monitor
5. Sistem safety yang ditingkatkan dari varian sebelumnya
6. Desain Eksterior yang gagah dari terios sebelumnya
7. Jaringan service yang luas dan suku cadang yang murah adalah keunggulan mobil daihatsu.
Kita akan bahas satu per satu keunggulan Terios Facelift ini, sedangkan jika pecinta otomotif ingin mengetahui ulasan terios varian di bawahnya bisa dilihat Terios TS dan TX Non Facelift.
Harga Murah
Mobil SUV di Indonesia biasanya di jual dengan harga lebih dari 350 juta rupiah bahkan bisa di atas 400 juta rupiah seperti Toyota Fortuner TRD, Mitsubishi Pajero Sport Dakar, Mitsubishi Strada, Toyota Hilux, dan lain-lain.
Daihatsu Terios TX AT Facelift memang tidak setangguh SUV besar yang lain, mesin mobil ini hanya berkekuatan 109 dk (daya kuda), akan tetapi mobil ini memiliki akselerasi yang cukup cepat yakni sekitar 12 detik (hal ini lebih dikarenakan bobot mobil yang cukup ringan, sekitar 1,1 ton yang berbeda dari kebanyakan SUV)
Kapasitas Penumpang 7 Orang
Mobil SUV kebanyakan di indonesia hanya memiliki daya angkut sekitar 5 orang saja, selebihnya digunakan sebagai bagasi atau tempat barang bawaan seperti SUV dobel kabin sebut saja Strada, Hilux, dan lain sebagainya. Sebagai catatan SUV dari toyota Toyota Rush juga hanya berkapasitas 5 orang penumpang.
Dalam hal ini jika pecinta otomotif menginginkan mobil SUV ringan yang masih bisa diajak jalan-jalan pada jalanan offroad ringan dengan membawa penumpang yang cukup banyak, maka terios bisa melakukannya. Mesin tidak terlalu tangguh dan tidak bisa bekerja keras (pertambangan/ perkebunan) layaknya SUV besar yang diberi tenaga sampai 160  tenaga kuda, tapi cukup lah membawa keluarga jalan-jalan ke pegunungan atau pedesaan yang memiliki jalan kurang rata dan naik turun.
Konsumsi BBM Irit
Daihatsu terios jika dibandingkan dengan mobil SUV lain memiliki konsumsi BBM yang sangat irit, dimana pemakaian bahan bakarnya 1:13 atau 1 liter bisa digunakan untuk 13 kilometer (rute kombinasi), irit bukan :-) tentu saja karena mesin mobil ini tidak sebesar SUV yang lain, terios hanya dibekali mesin 1500 cc setara mesin mobil avanza atau daihatsu xenia sementara SUV kebanyakan dibekali mesin sampai 3000 cc.
Mobil ini sangat cocok untuk petualangan ringan memang, jempolan banget
GPS dan Safety
Daihatsu Terios Facelift ini jika dibandingkan dengan varian terios yang lain memiliki keunggulan pada sistem safetynya, antara lain perubahan seatbelt yang lebih berkualitas, penambahan dual airbags, penambahan kamera mundur, penggunaan teknologi ABS dalam pengereman, layar mobiltor LED dan penambahan GPS built in (asli bawaan mobil).
Desain Eksterior
Secara umum desain eksterior Terios Facelift ini lebih baik dari terios yang yang lain, desain lebih gagah dan memberikan fungsi-fungsi aerodinamis yang lebih baik. Seperti penambahan lekuk-lekuk body mobil, spion elektrik, velg alloy yang lebih baik, roof rail, perubahan grill dan lubang udara yang lebih fungsional. Secara umum desain eksterior lebih baik dari segi tampilan dan fungsinya.
Safety dan Jaringan Service
Daihatsu Terios Facelift memiliki sistem safety yang lumayan baik di kelasnya mobil SUV 200 jutaan, dibekali dengan dual airbags pada bagian depan, kamera mundur pada bagian belakang, rem ABS pada bagian kaki-kaki mobil, dikontrol oleh monitor LED pada bagian interiornya membuat mobil terios facelift ini seperti sangat menonjolkan sistem safetynya (paling tidak, dibandingkan mobil sekelasnya).
Jaringan service dan ketersediaan sparepart (harga suku cadang yang murah) menjadi andalan daihatsu terios, hampir di semua kota besar memiliki jaringan service daihatsu. Harga suku cadang daihatsu juga tergolong murah dibandingkan pabrikan lain, sehingga pemilik mobil ini jadi merasa hemat :-)
Mesin dan Ornamen Terios
untuk kapasitas mesin daihatsu terios facelift tidak berbeda dengan verian terios dibawahnya (tidak ada perubahan pada mesin), memakai mesin 1500 cc dengan tenaga maksimum 109 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm, torsi 145 Nm pada putaran mesin 4400 Rpm, transmisi otomatis, memakai bahan bakar premium dengan konsumsi bahan bakar 12,2 km untuk 1 liter BBM. selengkapnya tentang mesin dan interior daihatsu terios dapat dilihat pada artikel sebelumnya

1 komentar:

  1. mobil ini sampai sekarang masih sangat digemari pecinta offroad ringan cross country

    BalasHapus