Hyundai Santa FE CRDI 4x4 SUV

Gambar Hyundai Santa FE CRDI 4x4 Indonesia
www.mobilku.org - Satu lagi mobil SUV yang bakal ngetrend di Indonesia yakni Hyundai Santa FE CRDI 4x4, mobil SUV yang akan keluar tahun 2013 (pada IIMS 2013) ini mengusung penggerak 4 roda atau 4x4 atau 4wd. Hyundai memang belum seperti merk-merk mobil terkenal seperti Honda/ Suzuki/ Toyota yang telah lama menjual mobilnya di Indonesia dan Hyundai baru masuk Indonesia pada tahun 1995 akan tetapi untuk ukuran kualitas
produsen mobil ini adalah yang terbaik dan terbesar di korea selatan dan pabrikan mobil ini adalah pemilik pabrikan mobil KIA. Untuk jaringan service dan pemasaran mobil ini sudah tersedia showroom-showroom di kota-kota besar indonesia meskipun tidak sebanyak produsen merk-merk jepang.
Hyundai Santa FE CRDI di Indonesia
Hyundai Santa FE CRDI sebenarnya telah ada di Indonesia tahun 2012 mengusung mesin diesel commonrail berkapasitas silinder 2.200 cc dengan memakai 4 silinder 16 katup, memakai sistem transmisi matic (otomatis) Shifttronic 6 kecepatan dan menggunakan sistem penggerak roda depan dan dijual dengan harga 461 juta rupiah.
Sebagai mobil SUV jika menggunakan penggerak 2 roda saja memang dirasa belum cukup apa lagi Santa FE CRDI ini memakai penggerak roda depan, menjadi pertanyaan adalah SUV dengan tujuan apakah yang memakai penggerak roda depan :-), mobilku.org menyimpulkan bahwa Santa FE CRDI 4x2 ini memang sengaja dibuat berpenggerak roda depan untuk meningkatkan kecepatan+kestabilan+akselerasi mobil pada jalan onroad (SUV tapi untuk medan aspal) hal ini mirip dengan produk dari BMW yakni BMW X5 (baca ulasannya) dengan klaim bukan SUV tapi SAV (Sports Activity Vehicle) yang tangguh dalam medan onroad.
Karakter konsumen mobil di Indonesia memang masih belum belum akrab dengan jenis mobil baru ini sehingga meskipun konsepnya cukup bagus tapi masih sulit diterima masyarakat yang lebih menganggap mobil SUV berarti mobil yang tangguh di segala medan terutama untuk off road
Hyundai Santa FE CRDI 4x4
Mobil ini secara resmi akan diperkenalkan pada IIMS 2013 mendatang yang biasanya diselenggarakan akhir tahun 2013 (september-desember) akan tetapi pada situs resmi hyundai indonesia mobil ini sudah dijual dengan harga 635 juta rupiah, mobil ini sekaligus menjadi varian Santa FE CRDI sebagai alternatif dari yang berpenggerak 4x2 roda depan saja. Harga yang 4x4 dengan 4x2 terpaut sekitar 170 juta cukup lumayan ya seharga mobil avanza baru :-), ok kita akan bahas spesidikasi mobil 4wd ini
Eksterior Santa FE CRDI 4WD
Eksterior mobil yang cukup mewah dan sporty, memiliki dimensi ukuran panjang 4690 mm lebar 1880 mm dan tinggi 1690 mm sedikit lebih kecil dari Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang memiliki Panjang x Lebar x Tinggi 4695 x 1815 x 1840 (bandingkan Pajero disini), sangat mencolok saat melihat tinggi mobil yang lebih pendek 150 mm dari Pajero yang artinya mobil ini cukup ceper sebagai mobil SUV. Santa FE CRDI 4x4 ini juga memiliki berat yang lumayan besar yakni 2,5 ton (cukup berat).
desain eksterior Hyundai Santa FE CRDI 4x4
Ok kita menuju pada konsep desain mobil ini, desain mobil ini memadukan antara Kemewahan dan Sports sehingga menyajikan mobil sports yang mewah, mobil ini dikatakan memiliki desain yang sangat apik sehingga dikatakan pula mobil terlihat selalu terlihat bergerak meskipun mobil ini tidak bergerak (Fluidic Sculpture Design), hal ini terkait dengan perpaduan desain lekuk-lekuk bodi mobil dan cat mengkilap istimewa yang memberikan pantulan pergerakan dari sekitar mobil (misalnya pepohonan yang tertiup angin maupun pantulan mobil yang sedang berjalan).
Spion Hyundai Santa FE CRDI 4x4
Mobil ini jika dilihat sepintas memiliki keserasian antara Headlamp - Foglamp -Velg - Kaca Samping yang mana kesemuanya coba diarahkan pada kesan menyipit mulai desain headlamp yang sipit, desain foglamp juga sipit, kaca samping yang menyipit pada depan dan belakang, Velg yang juga didesain mempunyai banyak sudut, bahkan Handle Door luar juga menyipit. Secara keseluruhan desain ornamen-ornamen eksterior mobil dikesankan garang.
Bentuk mobil ini sebenarnya jika dipandang juga cukup comfort artinya meskipun secara detail ornamen menyipit (kesan garang) tapi desain body sendiri ingin menunjukkan bahwa mobil ini comfort untuk dipakai seperti desain kap depan yang tidak terlalu tinggi, desain keseluruhan body yang seperti kapsul, desain bagian belakang terlihat jelas bermanfaat untuk keseimbangan mobil dalam mengalirkan udara dan kemudahan membuka bagasi mobil.
Pada bagian atap mobil juga disematkan Sunroof untuk kenyamanan penumpang jika ingin menikmati keindahan alam. bagus bukan :-)
Interior
Desain interior mobil ini cukup modern seperti lekuk-lekuk pada lingkar kemudi maupun panel-panel kendali mobil, sedangkan dengan bahan (material) yang terlihat cukup baik seperti material plastik pada dashboard, balutan kulit pada jok, peredam pada bagian atas kabin dan lain sebagainya.
Stir, kursi, dashboard, transmisi mobil
Sayangnya meskipun interior terlihat modern akan tetapi mobil ini masih dirasa kurang karena tidak dibenamkan fitur-fitur modern yang biasa dibenamkan pada mobil 600 jutaan seperti fitur entertaiment yang dirasa kurang, tidak adanya fitur internet, dll. Biasanya untuk mobil dengan harga 600 juta keatas sudah dibenamkan GPS canggih, Telepon, Browser, layar LED untuk enternaiment penumpang maupun sebagai pengontrol mobil.
Hyundai Santa FE CRDI 4x4 4wd
Mobil ini dilengkapi dengan cruise control, mobil ini juga memiliki 3 mode pengendaraan yakni mode comfort, mode normal dan mode sports. Santa FE CRDI 4x4 ini memiliki kapasitas penumpang 7 orang dewasa
Mesin
Hyundai Santa FE CRDI 4x4 menggunakan mesin diesel commonrail kapasitas 2200 cc 4 silinder 16 katup, mobil ini memiliki tenaga mesin yang cukup besar yakni 197 PS pada putaran mesin 3800 Rpm, mempunyai torsi 44,5 Kgm pada 2500 rpm, sebagai perbandingan Pajero Sport Dakar 4x4 yang dijual dengan harga 450-500 juta memiliki tenaga 180 PS (untuk perbandingan mobil yang lain silahkan dicari pada pencarian situs)
Akselerasi mobil Hyundai santa FE CRDI 4x2 sekitar 9,8 detik (untuk tipe 4x4 kira-kira sama 9,8 detik), untuk konsumsi bahan bakar hyundai santa fe CRDI 4x2 pada jalur padat adalah 7-8 kilometer per 1 liter BBM sedangkan jika pada kecepatan tinggi dan jalan bebas hambatan bisa mencapai 17 kilometer untuk 1 liter BBM sedangkan untuk tipe 4x4 kemungkinan sama atau sedikit lebih boros.
Safety
Fitur safety berupa airbag pada penumpang bagian depan dan pengemudi, sabuk pengaman pada penumpang baris ke dua dan ke 3, rem menggunakan ABS dan EBD.
Harga
Harga Hyundai Santa FE CRDI 4x4 : Rp. 635.000.000,00
Harga Hyundai Santa FE CRDI 4x2 : Rp. 461.250.000,00
Rival mobil ini yang paling dekat adalah Pajero Port Dakar 4x4, baca juga MPV diesel bekas sebagai alternatif membeli mobil bekas
Kami menyukai: desain eksterior, tenaga
Kami tidak menyukai: fitur interior, safety

5 komentar:

  1. Sangat menarik ulasan Hyundai Santa FE terlebih memang mobil hyundai ini menjadi mobil idaman untuk sebagian orang. Terima kasih atas reviewnya. Salam.

    BalasHapus
  2. emang anehnya kok gak ada dvd player ( monitornya aja juga gak ada ) jadi kalo mau lebih sip yaa modif sendiri. tinggal tambah Head Unit OEM, + roof monitor + gps garmin = PERFECT mobil keluarga dgn daya jelajah tinggi

    BalasHapus